Company Registration at Paul Hype Page Indonesia

Jun 205 mins

Ketika bisnis berkembang dan tanggung jawab mereka menumpuk, cenderung menyebabkan tenaga mereka tersebar tipis. Cara bisnis dapat meringankan sebagian dari beban ini adalah dengan mengalihdayakan beberapa fungsi mereka, seperti untuk akuntansi.

Dengan demikian, ada banyak manfaat yang akan dibahas nanti dalam artikel ini.

Outsourcing untuk Layanan Akuntansi

Seiring pertumbuhan bisnis Anda, risiko salah saji dan kesalahan keuangan menjadi tinggi, terutama jika terlalu banyak detail kecil untuk diperiksa.

Dengan mengalihdayakan fungsi akuntansi Anda, akuntan berpengalaman dapat fokus pada angka-angka kunci yang diperbarui untuk memungkinkan bisnis membuat keputusan yang tepat tanpa kewalahan oleh semua informasi.

Salah satu alasan yang berkontribusi terhadap kemudahan bisnis adalah ketersediaan untuk mengalihdayakan layanan akuntansi mereka. Beberapa layanan tersebut adalah:

  • Penilaian Pajak
  • Layanan Sekretaris

  • Alat Keuangan & memberikan dukungan di berbagai bidang lainnya
  • Nasihat tentang jenis dana, program, dan skema lokal yang tersedia bagi pemilik bisnis

Haruskah Anda Menyewa Akuntan/Kantor Jasa Akuntansi

Ketika memutuskan antara mempekerjakan seorang akuntan atau perusahaan jasa akuntansi, penting untuk mengevaluasi kebutuhan bisnis Anda.

Adalah umum bagi perusahaan kecil untuk memulai dengan penggunaan program perangkat lunak keuangan untuk membantu mereka dalam mengelola fungsi akuntansi mereka seperti mengelola arus kas, laporan keuangan, dan hal-hal terkait lainnya hingga tanggung jawab dan ruang lingkup pekerjaan meluas di luar kemampuan Anda.

Ketika saatnya tiba dan terlalu banyak tanggung jawab menumpuk, bisnis disarankan untuk memberikan tanggung jawab fungsi akuntansi kepada individu atau perusahaan bersertifikat.

Apa Manfaat Mengalihdayakan Fungsi Akuntansi Anda?

Melalui outsourcing, terutama jika akuntan berasal dari negara asalnya, ada manfaat seperti kendala bahasa dan keakraban dengan peraturan setempat.

Konsultan dari perusahaan lokal dapat memberikan saran tentang jenis insentif dan pengecualian pajak terbaik yang ditawarkan, misalnya:

Diskon 

 

Kelayakan 

 

Diskon Perusahaan Publik 

 

Perusahaan publik yang memenuhi syarat berhak atas diskon pajak sebesar 3% dari tarif standar 22% untuk tahun fiskal 2020/21 atau 20% untuk tahun fiskal 2022, sehingga memberikan tarif pajak efektif sebesar 19% untuk tahun fiskal 2020/21 dan 17% untuk tahun fiskal 2022 dan seterusnya. 

 

Diskon Perusahaan Kecil 

 

Usaha kecil yang memenuhi syarat berhak atas potongan pajak 50% dari tarif standar yang dikenakan secara proporsional atas penghasilan kena pajak dari peredaran bruto sampai dengan Rp 4,8 miliar. Untuk perusahaan dengan omset kotor kurang dari itu dikenakan pajak penghasilan final sebesar 0,5% dari omset. 

 

Meskipun dipandang sebagai beban yang tidak perlu pada pengeluaran perusahaan, outsourcing memberi perusahaan keuntungan di atas yang lain karena memungkinkan perusahaan untuk up to date dengan data dan pengetahuan.

Berikut adalah 10 Manfaat outsourcing fungsi akuntansi Anda di Indonesia:

1. Penghematan Biaya

Ketika Anda melakukan outsourcing fungsi akuntansi Anda, Anda menghemat memiliki akuntan internal, menghemat gaji bulanan, cuti tahunan, waktu sebagai pengganti dan cuti sakit yang akan dibutuhkan untuk karyawan tetap.

2. Hemat Waktu

Dengan mempekerjakan firma akuntansi untuk layanan mereka, Anda mempekerjakan ‘karyawan instan’ dan menghemat waktu untuk pelatihan, perekrutan, dan aktivitas terkait karyawan lainnya.

3. Bebas khawatir untuk tenggat waktu dan garis waktu

Dengan bantuan akuntan Anda, Anda tidak perlu khawatir tentang tenggat waktu penyerahan atau pelaporan karena penyedia layanan akan melakukannya untuk Anda. Ini mengurangi beban tenggat waktu dan memungkinkan Anda untuk fokus pada aspek bisnis lainnya.

4. Kualitas kerja yang lebih baik

Penyedia akuntansi outsourcing akan menghormati perjanjian layanan karena mereka membutuhkannya sebagai bagian dari bisnis mereka dibandingkan dengan karyawan tetap yang mungkin hanya khawatir tentang gaji berikutnya.

5. Selalu up-to-date dengan peraturan dan perundang-undangan terbaru

Keuntungan lain memiliki tenaga ahli adalah mereka diperbarui dengan peraturan dan undang-undang terbaru yang berkaitan dengan fungsi akuntansi.

Corporate Secretarial checker

6. Bayar sesuai kebutuhan saja

Mengalihdayakan fungsi akuntansi Anda juga berarti bahwa sebagian besar waktu, Anda hanya akan dikenakan biaya untuk layanan yang Anda gunakan saat dan saat Anda membutuhkannya.

7. Merampingkan bisnis Anda

Layanan akuntansi outsourcing biasanya terbukti memiliki lebih sedikit kesalahan karena perampingan ini dan dengan demikian, Anda harus menghabiskan lebih sedikit waktu untuk memperbaiki kesalahan.

8. Akses ke teknologi akuntansi terbaru

Bersama dengan layanan, Anda juga lebih mungkin mendapatkan teknologi akuntansi terbaru. Dengan outsourcing, Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk meneliti program akuntansi.

9. Mendorong fungsi bisnis inti

Melalui outsourcing akuntansi Anda, memungkinkan bisnis untuk memasukkan uang ke dalam kegiatan yang akan meningkatkan pendapatan dibandingkan dengan mempekerjakan seorang akuntan internal yang belum tentu mendorong pendapatan.

10. Tingkatkan kontrol & Kurangi Penipuan

Di perusahaan kecil, akuntansi biasanya dikelola secara internal di tangan satu atau dua orang, sehingga menimbulkan risiko penipuan yang lebih tinggi. Dengan melakukan outsourcing dan memindahkan tanggung jawab ke pihak ketiga, ini mengurangi risiko penipuan dan memungkinkan kontrol internal yang lebih besar.

Ini semua terutama berlaku untuk perusahaan multinasional karena mereka membutuhkan bantuan dengan peraturan daerah, infrastruktur, dan lanskap bisnis Indonesia. Outsourcing adalah cara untuk memudahkan bisnis dan memperluas ke luar negeri atau bahkan lokal, memungkinkan bisnis untuk mendedikasikan fokus mereka ke area lain.

Memulai Bisnis di Indonesia

Jika Anda memerlukan bantuan dengan perencanaan pajak internasional atau fungsi akuntansi, kami di Paul Hype Page dapat melayani kebutuhan Anda di bidang ini. Akuntan kami akan bekerja sama dengan Anda untuk memastikan bahwa semua langkah yang kami ambil benar-benar legal baik di Indonesia maupun di negara lain yang terlibat.

Berpikir untuk mendirikan perusahaan Anda di Indonesia? Hubungi kami untuk konsultasi gratis tentang pendirian perusahaan dan layanan perusahaan lainnya seperti akuntansi hari ini!

contact us

FAQs

Apakah startup perlu mempekerjakan akuntan profesional?2022-06-03T12:35:04+08:00

Itu tergantung pada latar belakang dan keahlian pemilik. Jika pemilik bisnis tidak tahu harus mulai dari mana dan pengetahuan akuntansi dasar, yang terbaik adalah menyewa satu untuk memastikan perusahaan mematuhi kepatuhan tahunan. 

Bagaimana saya mengevaluasi apakah saya harus mempekerjakan seorang akuntan profesional untuk bisnis saya?2022-06-03T12:35:18+08:00

Anda harus mempertimbangkan untuk mempekerjakan seorang akuntan profesional untuk bisnis Anda jika Anda tidak memahami peraturan pajak perusahaan, persyaratan, dan undang-undang pajak Singapura. Ini juga merupakan tanda untuk menyewa seorang akuntan profesional untuk bisnis Anda jika Anda tidak yakin kapan harus mendaftar GST. 

Haruskah hanya perusahaan besar yang mempertimbangkan untuk mengalihdayakan fungsi akuntansi mereka?2022-06-03T12:35:31+08:00

Tidak, Perusahaan kecil yang baru saja mendirikan perusahaannya harus dan dapat mempekerjakan akuntan outsourcing untuk membantu fungsi akuntansi terutama jika pemiliknya tidak memiliki pengetahuan akuntansi atau bermaksud untuk fokus pada aspek bisnis lainnya. 

Apakah aman untuk melakukan outsourcing fungsi akuntansi?2022-06-03T12:35:47+08:00

Saat memilih penyedia layanan, Anda harus meninjau langkah-langkah keamanan, penyimpanan data, keamanan data, dan kesadaran staf mereka. 

Dengan outsourcing, ini juga mengurangi penipuan karena pihak ketiga akan menangani fungsi akuntansi. 

Share This Story, Choose Your Platform!

Just keep reading...

click here to view our fourm threads

Join the discussions