Paul Hype Page Logo

Jasa Akuntansi dan Audit di Indonesia

3 min read|Last Updated: Juli 26, 2022|
Beranda>Guides / FAQ>Jasa Akuntansi dan Audit di Indonesia
What’s in this article
Can’t find what you’re looking for? Talk to our experts today.
SCHEDULE A CALL >

Di perusahaan mana pun, layanan akuntansi sangat penting dan setiap perusahaan yang gagal memperoleh layanan akuntansi penting akan mengalami banyak masalah.

Meskipun Indonesia belum memiliki undang-undang yang secara khusus mengatur hal-hal yang berkaitan dengan laporan keuangan, namun sistem pembukuan tetap mengacu pada standar jasa akuntansi Indonesia yang terdapat dalam berbagai peraturan perundang-undangan. Setelah mendirikan perusahaan di Indonesia, Anda harus memperhatikan fungsi akuntansi dan audit Anda.

Jasa Akuntansi dan Audit

Informasi keuangan yang tepat waktu dan akurat sangat penting bagi perusahaan untuk mempertahankan keunggulan kompetitif dalam lingkungan bisnis yang dinamis saat ini.

Akuntansi mengacu pada sistem pembukuan yang mengikuti standar akuntansi Indonesia yang termasuk dalam UU Perseroan Terbatas dan UU Perpajakan.

Auditing, di sisi lain, mengacu pada pemeriksaan sistematis dan independen dari pembukuan, rekening, dokumen, dan voucher perusahaan untuk memiliki ukuran kasar seberapa jauh laporan keuangan yang disajikan adalah pandangan yang benar dan wajar.

Auditor profesional menyediakan berbagai layanan audit independen berdasarkan pengetahuan yang kuat tentang prinsip-prinsip akuntansi. Ini dilengkapi dengan pengetahuan yang tepat tentang sistem bisnis, proses, dan kontrol.

Dengan memiliki bisnis yang diaudit, Anda akan mendapatkan kredibilitas dari pemegang saham dan investor.

Keuntungan dari Audit

Manfaat dari audit meliputi:

  • Memuaskan pemangku kepentingan seperti karyawan, pelanggan, pemasok, dan kelompok penekan, serta komunitas investasi, atas kredibilitas informasi yang dipublikasikan
  • Mempermudah pembayaran pajak badan, pajak barang dan jasa, serta pajak lainnya secara tepat waktu dan akurat, sehingga terhindar dari bunga, denda, dan penyidikan
  • Memungkinkan perusahaan untuk mematuhi perjanjian perbankan
  • Membantu mencegah dan mendeteksi penipuan dan kesalahan material
  • Memfasilitasi pembelian dan penjualan bisnis
  • Mengambil keuntungan dari keuntungan spin-off seperti saran tentang struktur dan operasi sistem
  • Menunjukkan tata kelola perusahaan yang baik dan kewarganegaraan

Perpajakan di Indonesia

All types of business entities in Indonesia are required to pay taxes and disclose their financial status on a regular basis. Monthly and annual withholding taxes, monthly and annual income taxes, Value Added Tax (VAT), Luxury Goods Sales Tax (LGST) – if applicable – as well as the firm investment plan are among them. These taxes must be paid at the local tax office where the business is located.

In Indonesia, failing to pay business taxes and individual taxes on time might result in a financial penalty. For late payments, the taxpayer should pay a monthly interest rate of 2%. The maximum amount of interest that taxpayers should pay is 48 percent. Given the amount of money you will have to spend on the fine, it is best to stick to the deadline as closely as possible.

Semua jenis badan usaha di Indonesia wajib membayar pajak dan mengungkapkan status keuangannya secara berkala. Pemotongan pajak bulanan dan tahunan, pajak penghasilan bulanan dan tahunan, Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan Barang Mewah (LGST) – jika berlaku – serta rencana investasi perusahaan termasuk di antaranya. Pajak-pajak ini harus dibayar di kantor pajak setempat tempat bisnis berada.

Di Indonesia, gagal membayar pajak bisnis dan pajak individu tepat waktu dapat mengakibatkan penalti finansial. Untuk keterlambatan pembayaran, wajib pajak harus membayar tingkat bunga bulanan sebesar 2%. Jumlah maksimum bunga yang harus dibayar wajib pajak adalah 48 persen. Mengingat jumlah uang yang harus Anda keluarkan untuk denda, yang terbaik adalah mematuhi tenggat waktu sedekat mungkin.

Berpikir untuk mendirikan perusahaan Anda di Indonesia? Hubungi kami untuk konsultasi gratis tentang pendirian perusahaan dan layanan perusahaan lainnya seperti audit hari ini!

contact us

FAQs

Apakah Indonesia mengikuti IFRS?2022-06-17T11:57:41+08:00

Pendekatan Indonesia terhadap adopsi IFRS adalah dengan mempertahankan GAAP nasional (Standar Akuntansi Keuangan Indonesia, IFAS) dan menyatukannya secara bertahap dengan IFRS sebanyak mungkin. Saat ini tidak ada rencana (dan akibatnya tidak ada jadwal) untuk adopsi penuh IFRS. 

Standar Akuntansi Keuangan manakah yang saat ini dianut Indonesia?2022-06-17T11:57:54+08:00

Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS) diadopsi di Indonesia. 

Siapa yang menetapkan standar Akuntansi di Indonesia?2022-06-17T11:58:05+08:00

Komite Standar Akuntansi Pemerintah (KSAP), yang dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan No. 379 Tahun 2004, bertanggung jawab untuk menetapkan Standar Akuntansi Sektor Publik di Indonesia. 

Standar Akuntansi apa yang digunakan Indonesia?2022-06-17T11:58:16+08:00

Komitmen Indonesia adalah untuk mendukung Standar IFRS sebagai standar akuntansi yang diterima secara global dan melanjutkan proses konvergensi Standar IFRS, semakin meminimalkan kesenjangan antara SAK dan IFRS. Indonesia belum mengumumkan rencananya untuk adopsi penuh Standar IFRS di Indonesia. 

Share This Story, Choose Your Platform!

More Business Insights

Got other questions?

Drop us a message on WhatsApp or connect with us through our contact form.

CONTACT US >

Join the discussions

Go to Top