Company Registration at Paul Hype Page Indonesia

Jun 205 mins

Audit merupakan langkah penting dalam menjaga kepatuhan Anda terhadap peraturan dan memastikan tata kelola setelah perusahaan Anda didirikan. Dengan praktik audit yang baik, Anda dapat memperoleh banyak manfaat dari mitigasi risiko dan keamanan yang ditingkatkan.

Apa pun jenis entitas bisnis yang Anda masukkan, audit tetap menjadi fungsi utama bagi Anda untuk memahami operasi bisnis Anda dan mengembangkan bisnis Anda.

Apa itu Audit Bisnis?

Hasil audit akan ditulis dalam opini audit dan auditor suatu perusahaan biasanya melaporkan hal-hal berikut dalam suatu perusahaan:

1. Laporan Keuangan

Auditor melaporkan apakah laporan keuangan bebas dari kesalahan atau salah saji material. Material berarti kerugian signifikan yang akan dihadapi oleh perusahaan karena salah saji atau informasi yang hilang. Tindakan ini akan cukup besar untuk mempengaruhi opini auditor atas laporan keuangan.

2. Kontrol internal

Sebagian besar audit bisnis memerlukan auditor untuk menilai efektivitas pengendalian internal perusahaan pada saat pendirian. Pengendalian internal adalah aturan yang diberlakukan dalam operasi sehari-hari perusahaan untuk memungkinkan perusahaan menghasilkan laporan keuangan yang adil dan akurat serta mencegah pencurian aset. Jika kelemahan dalam pengendalian internal ditemukan, maka harus segera diungkapkan untuk menghindari salah saji lebih lanjut.

Mengapa Audit Bisnis Diperlukan di Indonesia?

Jika Anda mencari keyakinan bahwa Anda dan perusahaan Anda memenuhi tujuan bisnis inti, audit internal sangat penting dan akan memberi Anda visi yang jelas tentang seberapa baik operasi internal perusahaan Anda dan di mana masalahnya terletak jika kesalahan ditemukan.

Pada saat yang sama, memiliki audit internal juga dapat melindungi perusahaan Anda dari penipuan dan mencegah aktivitas penipuan seperti pencurian, masuknya personel yang tidak berwenang ke dalam gudang, dll. Ini akan menyebabkan pernyataan yang berlebihan dalam catatan perusahaan jika inventaris dicuri atau rusak.

Jika Anda khawatir bahwa perusahaan Anda tidak mengikuti undang-undang, peraturan, dan standar saat ini yang berlaku untuk organisasi Anda, audit internal akan membantu mengurangi kerumitan Anda karena harus mempelajari semua undang-undang dan peraturan lagi.

Corporate Secretarial checker

Manfaat Mengaudit bisnis Anda

Menyelesaikan audit menunjukkan bahwa perusahaan Anda dapat dipercaya dan dapat diandalkan. Ada perusahaan di mana reputasi mereka dibangun berdasarkan seberapa baik mereka mengelola aset mereka. Ketika sebuah perusahaan melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan, audit harus berjalan tanpa hambatan. Ini menunjukkan perusahaan memenuhi tanggung jawab dan kewajiban yang diperlukan.

Auditor bekerja dari dalam perusahaan Anda yang berfungsi sebagai pengawas atas integritas dan akuntabilitas perusahaan Anda, meneliti pelaporan keuangan Anda, melindungi perusahaan Anda dari penipuan, kesalahan, dan risiko sambil memberikan jaminan objektif bahwa entitas Anda mengikuti aturan dan peraturan dan standar. Dengan demikian, perusahaan Anda dapat menghindari hukuman yang akan menjadi kerugian finansial.

Beberapa manfaat audit antara lain:

1. Kontrol internal yang kuat

Audit internal mengevaluasi aktivitas pengendalian internal Anda, yang terdiri dari:

  • Kontrol fisik atas aset dan catatan

  • Dokumentasi yang memadai

  • Prosedur yang tepat untuk Otorisasi

  • Verifikasi internal independen

  • Pemisahan tugas

2. Efisiensi Proses

Audit internal membantu mengidentifikasi kesenjangan dalam operasi bisnis, prosedur, dan proses tata kelola Anda sambil memberikan rekomendasi yang tepat tentang cara mengatasi salah saji.

3. Keamanan

Audit internal meninjau lingkungan keamanan siber bisnis Anda untuk memeriksa setiap kerentanan dan apakah kerentanan tersebut diamankan dengan standar keamanan Anda. Auditor akan memberikan dan merekomendasikan cara-cara yang mungkin untuk mengurangi masalah yang diangkat.

Selain keamanan siber, keamanan fisik juga ditinjau tentang seberapa mudah diaksesnya ruang penyimpanan yang menyimpan inventaris. Semakin mudah diakses, semakin tinggi kemungkinan barang dan inventaris dicuri, tentu hal ini tidak ideal bagi perusahaan.

4. Integritas

Audit internal menganalisis dan meninjau laporan keuangan Anda dan memverifikasi keakuratan dan integritasnya. Apalagi akhir-akhir ini kecurangan semakin marak terjadi, sehingga kebutuhan akan audit sangat diperlukan untuk menghindari kerugian finansial.

5. Mengurangi risiko

Audit internal mempertimbangkan semua risiko yang teridentifikasi pada perusahaan Anda dan menganalisis apakah mitigasi risiko Anda kuat. Sekali lagi, auditor Anda akan mengidentifikasi kesenjangan dan melaporkan kembali kepada Anda tentang cara-cara potensial untuk menyelesaikan masalah.

6. Peningkatan kepatuhan

Audit internal memeriksa undang-undang, peraturan, dan standar industri yang harus dipatuhi oleh organisasi Anda dan apakah perusahaan mematuhi pedoman ini. Jika ada masalah tentang kepatuhan, auditor Anda harus mengangkat masalah dan memberikan saran tentang cara menyelesaikannya. 

Audit adalah kesempatan sempurna untuk meninjau keuangan bisnis untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Sebagai akuntan publik bersertifikat (CPA), kami memandu bisnis menuju kesuksesan berdasarkan wawasan yang diperoleh dari audit. Hubungi kami untuk konsultasi gratis.

contact us

FAQs

Apa saja 3 jenis audit?2022-06-07T17:53:06+08:00

Ada tiga jenis utama audit: audit eksternal, audit internal, dan audit Internal Revenue Service (IRS). Audit eksternal biasanya dilakukan oleh kantor Akuntan Publik Bersertifikat (CPA) dan menghasilkan opini auditor yang dimasukkan dalam laporan audit. 

Manakah badan akuntansi terbesar pertama di dunia?2022-06-07T17:53:17+08:00

Chartered Institute of Management Accountants (CIMA) adalah badan akuntan manajemen profesional terbesar dan terkemuka di dunia. 

Apakah Indonesia mengadopsi IFRS?2022-06-07T17:53:29+08:00

Ya. Indonesia belum mengadopsi Standar IFRS. Komitmen Indonesia adalah untuk mendukung Standar IFRS sebagai standar akuntansi yang diterima secara global dan melanjutkan proses konvergensi Standar IFRS, semakin meminimalkan kesenjangan antara SAK dan IFRS. 

Siapa yang wajib diaudit?2022-06-07T18:00:18+08:00

UUPT mengamanatkan bahwa laporan keuangan perseroan terbatas harus diaudit oleh akuntan publik yang terdaftar di Indonesia jika memenuhi setidaknya satu dari kriteria berikut:

  • Perusahaan dengan aset melebihi 50 miliar rupiah (US$3,6 juta);
  • Perusahaan publik;
  • Perusahaan yang menerbitkan instrumen utang;
  • Perusahaan tersebut merupakan badan usaha milik negara; atau
  • Perusahaan menghimpun atau mengelola dana masyarakat (seperti bank dan perusahaan asuransi).

 

Share This Story, Choose Your Platform!

Just keep reading...

click here to view our fourm threads

Join the discussions

Latest Forum Discussion

Media - Infographic

Infographic - Indonesia ‘s Company Registration
Infographic - Annual General Meeting (AGM) in Indonesia