Company Registration at Paul Hype Page Indonesia

Jun 205 mins

Pengalihan kepemilikan perusahaan Indonesia adalah proses rumit yang harus dilakukan dengan sangat hati-hati untuk menghindari potensi kesulitan. Perusahaan Indonesia dimiliki dalam bentuk saham. Akibatnya, ketika pemegang saham menjual saham mereka, mereka sebenarnya menjual sebagian dari hak mereka atas kepemilikan perusahaan.

Perjanjian Jual Beli harus ditandatangani sebelum pengalihan saham dapat dilanjutkan. Banyak pemilik bisnis Indonesia secara keliru percaya bahwa fase ini menandai akhir dari proses pengalihan saham; Namun, ini tidak terjadi. Kepemilikan saham perusahaan Indonesia tersebut belum sepenuhnya dialihkan kepada pemegang saham baru.

Apa Saja Persyaratan Pengalihan Saham di Indonesia

Sebelum mengalihkan saham, semua pemegang saham perseroan terbatas di Indonesia harus memenuhi persyaratan khusus yang digariskan dalam Pasal 57 ayat 1 Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 (umumnya dikenal dengan UUPT).

  • Salah satunya adalah bahwa pemegang saham harus terlebih dahulu menawarkan sahamnya kepada pemegang saham lain di perusahaan yang sama sebelum menjualnya kepada orang lain.
  • Pemegang saham perusahaan Indonesia harus terlebih dahulu mendapatkan persetujuan perusahaan sebelum menjual salah satu sahamnya.
  • Persetujuan dari otoritas yang mengatur, sesuai dengan aturan dan peraturan Indonesia saat ini, juga akan diperlukan.

Persyaratan ini sama, apa pun entitas bisnisnya. Pengalihan saham akan dilakukan secara resmi setelah prosedur ini dipenuhi.

 Incorporation checker

Tata Cara Pengalihan Saham Perusahaan Indonesia

Pengalihan saham suatu perseroan Indonesia diatur oleh Pasal 56 ayat 1 UUPT.

Dinyatakan bahwa semua transaksi saham di Indonesia harus:

  • Diisi dengan pelaksanaan dokumen pengalihan saham.
  • Salinan tertulis dari akta pengalihan saham harus diberikan kepada korporasi.
  • Setelah semua pihak menandatangani dokumen pengalihan saham, ada beberapa langkah tambahan yang harus dilakukan sebelum saham dapat secara resmi dialihkan.
  • Pengalihan hak atas saham perseroan harus didaftarkan terlebih dahulu oleh direksi.
  • Tanggal pengalihan hak saham harus ditunjukkan saat melakukannya.
  • Dalam waktu 30 hari sejak penandatanganan akta, direksi harus memberitahukan setiap persetujuan

Saham tidak berpindah secara otomatis bahkan setelah pembeli dan penjual saham menandatangani akta pengalihan saham. Sebab, menurut Pasal 612 KUH Perdata, pemindahan itu harus dilakukan melalui satu kali pergantian kepemilikan, yang harus diselesaikan oleh pemiliknya atau seseorang yang bertindak atas namanya.

Akibatnya, hak kepemilikan atas saham tersebut tidak akan beralih kepada pembeli saham sampai setelah saham tersebut diserahkan. Pembagian surat saham kepada pembeli saham membuat transaksi tersebut resmi.

Memiliki saham suatu perusahaan Indonesia merupakan cara seseorang memiliki sebagian dari suatu perusahaan yang berkedudukan di Indonesia. Namun, mereka yang lebih suka memiliki kendali penuh atas perusahaan harus mendirikan perusahaannya sendiri.

Berpikir untuk mendirikan perusahaan di Indonesia atau membutuhkan jasa sekretaris perusahaan? Hubungi kami hari ini untuk konsultasi gratis!

contact us

FAQs

Bagaimana Anda membagi kepemilikan bisnis?2022-06-20T15:31:29+08:00

Para pendiri harus memiliki sekitar 50% dari total perusahaan. Masing-masing dari lima lapisan berikutnya harus berakhir dengan sekitar 10% dari perusahaan, dibagi rata di antara semua orang di lapisan. 

Apa yang terjadi ketika sebuah perusahaan mengubah kepemilikan?2022-06-20T15:31:40+08:00

Jika bisnis memiliki perubahan besar dalam kepemilikan, (penjualan bisnis, misalnya), bagian dari persyaratan penjualan dapat berupa pengalihan kontrak kepada pemilik baru. Sebagai bagian dari proses jual/beli, kontrak baru dapat menggantikan kontrak sebelumnya, dengan persetujuan kedua belah pihak. 

Apa itu perjanjian pengalihan bisnis?2022-06-20T15:31:55+08:00

Perjanjian Pengalihan Bisnis (“BTA”) disusun untuk memberikan efek penjualan komprehensif aset dan kewajiban dari satu entitas ke entitas lain. Ini dalam bentuk perjanjian pembelian dan pemindahan kepemilikan di mana rincian mengenai penjualan bisnis dan asetnya ditangkap. 

Apakah kepemilikan korporasi dapat dialihkan?2022-06-20T15:37:49+08:00

Kepemilikan dalam suatu korporasi dialihkan melalui penjualan saham. Perubahan kepemilikan tidak mempengaruhi keberadaan entitas perusahaan. Secara teknis, saham dalam suatu perusahaan dapat dipindahtangankan secara bebas. 

Share This Story, Choose Your Platform!

Just keep reading...

click here to view our fourm threads

Join the discussions