Setelah mendirikan perusahaan Anda di Indonesia, Anda harus mematuhi dan mematuhi semua peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah. Sebagian besar undang-undang perusahaan negara menguraikan apa yang dianggap sebagai perilaku yang pantas oleh perusahaan yang beroperasi dalam batas-batas mereka.

Peraturan perusahaan tersebut diterapkan untuk melindungi perusahaan, konsumen, dan pemerintah dari perilaku buruk perusahaan yang dapat menyebabkan atau memperburuk kondisi bisnis yang negatif.

Pemerintah mengadopsi undang-undang yang ditujukan untuk bisnis, seperti perpajakan, praktik kesehatan, dan pendaftaran, dengan tujuan menciptakan lingkungan peraturan yang menguntungkan untuk melakukan aktivitas bisnis. Sementara sebagian besar peraturan kepatuhan peraturan dirancang untuk melindungi bisnis lokal, mereka juga harus cukup fleksibel untuk melindungi bisnis internasional.

Apa itu Kepatuhan Peraturan?

Kepatuhan terhadap peraturan mengacu pada kepatuhan perusahaan terhadap kebijakan, aturan, dan prosedur yang menentukan aturan yang harus diikuti selama operasinya. Efisiensi regulasi menentukan seberapa mudah atau sulitnya menjalankan bisnis di negara tertentu.

Perusahaan publik, bank keuangan dan non-keuangan, perusahaan investasi asing, dan perusahaan swasta lainnya terutama dipengaruhi oleh inisiatif kepatuhan ini. Di Indonesia, lembaga independen seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memantau elemen keuangan operasi korporasi di Indonesia, sering ditugaskan untuk menerapkan prosedur kepatuhan.

Apa Kepatuhan Peraturan di Indonesia?

Berikut beberapa peraturan yang diberlakukan terhadap perusahaan Indonesia:

1. Hukum Pasar Modal

UU Pasar Modal merupakan peraturan di Indonesia yang mengatur tentang pencatatan perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sebuah perusahaan harus memiliki setidaknya 1.000 pemegang saham dengan rekening efek dan semua pemegang saham harus menjadi anggota bursa untuk terdaftar di papan utama. Perusahaan dengan dewan pengembangan harus memiliki setidaknya 500 pemegang saham yang memenuhi kriteria yang sama.

Undang-undang pasar modal juga mewajibkan perusahaan publik di Indonesia untuk mengembangkan struktur internal khusus seperti posisi sekretaris perusahaan, komite audit, dan unit audit internal.

2. Undang-undang Merek Dagang dan Indikasi Geografis

Merek-merek terkenal dari Indonesia dan negara lain diakui berdasarkan aturan merek dagang dan indikasi geografis. Aturan-aturan ini dirancang untuk mencegah perusahaan yang sah dan produknya disalin atau dimodifikasi oleh masyarakat umum.

Undang-undang tersebut menetapkan persyaratan untuk pendaftaran merek dan aturan di mana merek dapat digunakan dalam lingkungan komersial Indonesia. Perubahan terbaru pada undang-undang merek dagang ditujukan untuk menghukum bisnis yang telah menggunakan merek dagang terkenal tanpa terlebih dahulu mendapatkan otorisasi dari pemilik merek dagang.

Corporate Secretarial checker

3. Hukum Investasi

Pendaftaran investasi asing di negara tersebut diatur oleh undang-undang kepatuhan terhadap peraturan ini. Ini juga menentukan persyaratan pendaftaran dan prosedur yang harus diikuti ketika membentuk perusahaan asing di Indonesia. Undang-undang dan peraturan lainnya dalam undang-undang ini membantu mengatur semua investasi asing di Indonesia.

4. Hukum Perusahaan Indonesia

Ini adalah hukum utama di Indonesia yang mengatur kepatuhan terhadap peraturan. Ini membahas setiap undang-undang sebelumnya dengan sangat rinci, serta memberikan definisi yang sangat rinci tentang proses dan prosedur yang harus diikuti oleh semua bisnis di Indonesia. Hukum Perusahaan Indonesia adalah seperangkat undang-undang yang memungkinkan pemerintah Indonesia untuk memiliki kendali atas perusahaan yang beroperasi di negara tersebut.

Apa Yang Terjadi Ketika Perusahaan di Indonesia Kurang Kepatuhan Terhadap Peraturan?

Standar kepatuhan terhadap peraturan dirancang untuk membangun sistem manajemen yang memungkinkan pemerintah melacak kinerja perusahaan dan kepatuhan terhadap peraturan.

Perusahaan yang gagal mematuhi kewajiban kepatuhan terhadap peraturan, di sisi lain, akan menghadapi hukuman. Berikut ini adalah beberapa hukuman yang dapat dikenakan berdasarkan hukum perusahaan Indonesia:

  • Penghentian lisensi
    Perusahaan yang gagal membayar pajaknya dapat dicabut izinnya dan operasinya dihentikan. Oleh karena itu, perusahaan harus memverifikasi tempat tinggal pajaknya sebelum memulai operasi. Melakukan hal itu membantu dalam menentukan jenis pajak penghasilan yang akan dikenakan pada pendapatan perusahaan.

  • Penggunaan kegiatan usaha
    Kegiatan bisnis perusahaan dapat dihentikan jika gagal memenuhi standar operasional yang ditentukan berdasarkan persyaratan kepatuhan terhadap peraturan. Oleh karena itu, perusahaan diharuskan memperbarui standar mereka sebelum menerima lisensi.

  • Proses pengadilan
    Suatu perusahaan dapat dituntut dalam hal kegiatannya melanggar salah satu anggaran dasar yang diatur dalam undang-undang perusahaan Indonesia. Nasib perusahaan tersebut diputuskan oleh otoritas pengadilan yang dapat memutuskan untuk menjatuhkan hukuman sebelumnya, denda, atau mungkin keduanya.

Memahami kepatuhan terhadap peraturan di Indonesia bisa menjadi sulit, terutama dengan perubahan peraturan yang terus-menerus. Hubungi kami untuk layanan kesekretariatan dan/atau pendirian perusahaan sehingga kami dapat memberikan saran terbaik kepada Anda tentang masalah kepatuhan.

FAQs

Apakah audit wajib di Indonesia?2022-04-28T13:04:26+08:00

UUPT mengamanatkan bahwa laporan keuangan perseroan terbatas harus diaudit oleh akuntan publik yang terdaftar di Indonesia jika memenuhi setidaknya satu dari kriteria berikut:

  • Perusahaan dengan aset melebihi 50 miliar rupiah (US$3,6 juta);
  • Perusahaan publik;
  • Perusahaan yang menerbitkan instrumen utang;
  • Perusahaan tersebut merupakan badan usaha milik negara; atau
  • Perusahaan menghimpun atau mengelola dana masyarakat (seperti bank dan perusahaan asuransi).
Apa itu regulasi Indonesia?2022-04-28T13:04:40+08:00

Di Indonesia, peraturan daerah (bahasa Indonesia: peraturan daerah atau perda) adalah peraturan yang disahkan oleh pemerintah daerah Indonesia dan memiliki kekuatan hukum di daerah tersebut. 

Perusahaan Manakah yang Menjadi Wajib Pajak Indonesia?2022-04-28T13:04:54+08:00

Undang-undang perpajakan Indonesia menentukan perusahaan mana di Indonesia yang dianggap sebagai wajib pajak. Ini adalah perusahaan-perusahaan yang telah berdomisili atau didirikan di Indonesia. Lokasi di mana keputusan komersial dan manajerial perusahaan dibuat tidak terkait dengan status wajib pajak perusahaan. 

Bagaimana peringkat kemudahan berbisnis di Indonesia Berubah dari Tahun ke Tahun?2022-04-28T13:05:07+08:00

Saat ini, menjalankan bisnis di Indonesia jauh lebih mudah daripada di masa lalu. Peringkat kemudahan berusaha saat ini menempatkan Indonesia di peringkat 73 dunia. Selama 12 tahun terakhir, peringkatnya telah meningkat secara signifikan; peringkat terendah adalah 135 pada tahun 2007. 

2022-04-28T13:10:05+08:00Oktober 29, 2019|

Share This Story, Choose Your Platform!

Join the discussions

Go to Top