Mempekerjakan sekretaris perusahaan adalah salah satu hal yang dilakukan sebagian besar bisnis setelah pendirian. Sebagai peran mendasar dalam sebuah perusahaan, seorang sekretaris perusahaan melakukan lebih dari sekedar mengajukan dokumen atau melakukan tugas-tugas dasar seperti menjawab panggilan telepon, dan tugas-tugas administrasi lainnya.

Seorang sekretaris perusahaan juga berbagi nasihat hukum dan tugas dengan direktur perusahaan. Selain kegiatan hukum, sekretaris perusahaan yang ditunjuk bertugas untuk meninjau prosedur dewan dan masalah tata kelola perusahaan secara teratur. Hal ini diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 35/POJK.04/2014 tanggal 8 Desember 2014 tentang Sekretaris Perusahaan Emiten atau Perusahaan Publik.

Dengan peran penting yang diberikan kepada sekretaris perusahaan, ada beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskannya

Kualitas Sekretaris Perusahaan

Di luar persyaratan hukum yang harus dipenuhi atau berisiko dikenakan sanksi oleh pihak berwenang, ada juga kualitas yang harus dimiliki seseorang untuk memenuhi tanggung jawab seorang sekretaris:

  • Memiliki pengetahuan dalam hukum dan tata kelola perusahaan

  • Mahir dalam memproses dan memeriksa sejumlah besar informasi terkait

  • Mata yang bagus untuk detail, mendeteksi kemungkinan perbedaan dalam dokumen

  • Mampu bekerja dengan baik dan berkoordinasi dengan orang-orang di semua level

  • Keterampilan komunikasi tertulis yang kuat

  • Amanah dan bertanggung jawab

Apa Tanggung Jawab Sekretaris Perusahaan di Indonesia?

Selain sebagai asisten admin, peran sekretaris perusahaan telah berkembang menjadi karakter penting di setiap perusahaan. Berikut adalah beberapa tugas yang dapat Anda harapkan dari seorang sekretaris perusahaan di Indonesia:

  • Bertindak sebagai pejabat perusahaan dan penasihat Dewan Direktur, memberikan nasihat operasional

  • Memastikan berbagai kepatuhan terhadap Persyaratan dan Penasihat undang-undang

  • Persiapan rapat dewan dan sebagai penghubung antara pemegang saham dan perusahaan

  • Pengajuan pengembalian tahunan dan akun penuh tepat waktu

  • Memastikan keamanan segel perusahaan, mencegah penggunaan yang tidak sah
  • Titik kontak utama bagi pemegang saham mengenai masalah tata kelola perusahaan

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan saat mempekerjakan Sekretaris Perusahaan

Berikut adalah beberapa tips yang harus Anda pertimbangkan sebelum mempekerjakan sekretaris perusahaan:

1. Pemahaman yang jelas tentang hukum perusahaan di Indonesia

Karena sekretaris perusahaan adalah bantuan hukum perusahaan, maka masuk akal untuk menunjuk seseorang yang memahami hukum dan peraturan Indonesia. Dengan sekretaris yang tidak kompeten, mungkin ada risiko bahwa perusahaan Anda melanggar undang-undang tertentu dan menimbulkan hukuman atau membawa diri Anda ke kasus pengadilan yang tidak menguntungkan Anda.

Misalnya, sekretaris perusahaan dari sebuah perusahaan audit harus tahu kapan harus menyerahkan laporan tahunan yang telah diaudit kepada registrar, kegagalan untuk melakukannya akan mengakibatkan denda yang tidak ideal.

2. Keterampilan komunikasi yang mahir

Sekretaris perusahaan bertindak dan mewakili perusahaan saat berbicara dengan pemangku kepentingan eksternal seperti pemegang saham dan direktur. Mereka juga harus mampu memfasilitasi rapat umum, rapat umum tahunan maupun rapat dengan direksi perusahaan.

3. Keterampilan administrasi yang kuat

Selain membawa ‘tangan kanan’ perusahaan, sekretaris perusahaan di Indonesia juga harus bisa menangani tugas keuangan lainnya seperti pelaporan SPT dan laporan tahunan. Mereka juga harus dapat menerima panggilan dan menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin dimiliki pelanggan.

4. Keterampilan keuangan yang efisien

Seorang sekretaris perusahaan juga harus dapat menangani laporan keuangan dengan mudah, oleh karena itu wajar saja jika sekretaris yang Anda pekerjakan harus memiliki keakraban di atas rata-rata dengan pengetahuan keuangan. Hal ini akan mengurangi risiko salah saji yang dilakukan oleh sekretaris yang tidak berpengalaman, yang menyebabkan perusahaan merugi karena informasi sederhana yang terlewatkan oleh sekretaris yang tidak berpengalaman.

Corporate Secretarial checker

Seberapa Vital Peran Ini?

Hanya orang yang memenuhi syarat atau layanan kesekretariatan yang diperlukan untuk fungsi penting sekretaris perusahaan. Hal ini terutama benar karena tanggung jawab dan peran posisi ini melampaui tugas administratif sederhana dan mencakup tanggung jawab yang sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan.

Sekretaris perusahaan memiliki tanggung jawab penting dalam memastikan bahwa kepatuhan terhadap undang-undang di bawah Companies Act ditingkatkan dan ditegakkan, serta memastikan bahwa dewan direksi mempraktikkan tata kelola perusahaan yang baik.

Jika Anda mengalami kesulitan dengan keterlibatan sekretaris perusahaan, hubungi kami untuk layanan pendirian dan kesekretariatan sekarang karena Paul Hype Page & Co akan memberi Anda pengetahuan yang memadai dan saran profesional yang membantu Anda memahami detail dan membantu mempermudah prosesnya untuk Anda!

FAQs

Apa itu layanan sekretaris perusahaan?2022-04-26T11:59:24+08:00

Menjaga, memelihara, dan memutakhirkan buku-buku dan register-register perundang-undangan. Memberikan bantuan dengan pemahaman & kepatuhan dengan Undang-Undang Perusahaan. Pengingat dari berbagai tenggat waktu kepatuhan hukum. 

Apa tanggung jawab utama yang dituntut dari Sekretaris Perusahaan?2022-04-26T11:59:53+08:00

Kualitas yang diinginkan dari sekretaris perusahaan meliputi:

  • Mengetahui dan memahami ketentuan Memorandum dan Anggaran Dasar perusahaan.
  • Jadilah fasih dan sesuai dengan badan hukum dan peraturan yang berbeda.
  • Memastikan prosedur yang benar diikuti dan ditaati sesuai dengan Memorandum dan Anggaran Dasar Perusahaan (M&A) dan Companies Act, 2016.
  • Memberi nasihat kepada dewan dan memastikan kepentingan dewan dan perusahaan selalu diperhatikan.
Apa keahlian utama yang harus dimiliki Sekretaris Perusahaan?2022-04-26T12:00:13+08:00
  • Keahlian untuk hukum Perusahaan
  • Kemampuan berkomunikasi
  • Kepatuhan
  • Manajemen Waktu & Multi-Tugas
  • Perhatian terhadap detail
  • Perencanaan yang Teliti
Apakah semua perusahaan wajib memiliki sekretaris perusahaan?2022-04-26T12:00:28+08:00

Perusahaan swasta tidak wajib mengangkat sekretaris perusahaan di Indonesia. Namun, itu wajib bagi perusahaan publik. 

2022-04-26T12:30:22+08:00Agustus 22, 2017|

Share This Story, Choose Your Platform!

Go to Top