Paul Hype Page Logo

7 Tips Akuntansi untuk Memajukan Keuangan Bisnis Anda di Indonesia

What’s in this article
Can’t find what you’re looking for? Talk to our experts today.
SCHEDULE A CALL >

Organisasi dokumen yang efisien seperti faktur, pesanan pembelian, kuitansi, dan voucher pembayaran hanyalah puncak gunung es pada pendirian bisnis. Mampu mengelola keuangan bisnis adalah tugas penting bagi setiap pemilik bisnis terlepas dari ukuran entitas Anda karena ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan seperti software akuntansi mana yang digunakan, prosedur, formulir, dan laporan.

Apa Beberapa Tips Akuntansi yang Harus Saya Ketahui?

Berikut adalah 7 tips akuntansi pilihan yang harus diketahui setiap pemilik bisnis:

1. Menjaga catatan keuangan dengan cara yang efisien

Pemilik bisnis harus melacak semua pengeluaran, keuntungan, pendapatan, kerugian, dan transaksi serta dokumen lain yang terjadi selama operasi. Dengan demikian, akan membantu menghemat waktu di masa depan ketika membuat laporan keuangan, mempersiapkan audit, dan merevisi data yang diperbarui secara berkala.

2. Berinvestasi dalam perangkat lunak akuntansi yang berkualitas

Bekerja dengan akuntan atau penyedia layanan akuntansi akan mengharuskan Anda untuk memperoleh berbagai perangkat lunak akuntansi dasar yang mudah digunakan dan terjangkau.

Perangkat lunak ini karenanya akan membantu Anda dalam melacak dan mengatur tugas keuangan tertentu dalam bisnis.

Beberapa tugas yang dapat diberikan oleh perangkat lunak akuntansi untuk Anda meliputi:

  • Menyimpan formulir pajak
  • Pengeluaran
  • kerugian
  • Membuat formulir yang digunakan untuk mencatat transaksi

3. Meminimalkan penggunaan kertas

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan mendorong penggunaan kertas seminimal mungkin dalam bisnis untuk ‘Go Green’. Ini tidak hanya akan mencerminkan citra positif pada perusahaan Anda, Anda juga dapat mengurangi kekacauan untuk meningkatkan praktik pencatatan, meminimalkan kebingungan.

Dengan menggunakan kembali kertas bekas untuk mencetak informasi penting dan meninjau proses dengan volume kertas tinggi akan membantu menyelesaikan proses dengan lebih efisien dan tepat waktu!

4. Menggunakan sistem jam waktu

Saat bekerja dengan sekelompok orang, mengatur waktu menjadi tugas yang lebih sederhana dan efektif. Oleh karena itu, ini akan memungkinkan individu untuk lebih waspada terhadap tenggat waktu dan pengiriman, sehingga meningkatkan efisiensi perusahaan secara keseluruhan.

Ini juga sesuatu yang perlu dipertimbangkan ketika karyawan bekerja lembur – memiliki catatan yang lebih akurat akan membantu menghemat uang dan waktu di masa depan.

5. Mencari saran dari penasihat bisnis yang berpengalaman

Menjalankan bisnis memiliki beberapa aspek yang ditinjau secara berkala. Misalnya, memiliki operasi keuangan yang baik adalah prioritas utama bagi setiap perusahaan untuk mencapai dan mempertahankan kesuksesannya.

Berbicara dengan pemilik bisnis lain atau orang-orang di bidang industri Anda juga akan memungkinkan umpan balik dan saran yang membangun tentang cara meningkatkan operasi bisnis.

6. Tetap perbarui metode dan formulir akuntansi

Untuk memastikan prosedur dan operasi terus memenuhi standar perusahaan, ini adalah langkah yang sangat penting. Ini tidak tergantung pada bagaimana bisnis Anda beroperasi, dan Anda mungkin perlu membuat beberapa perubahan atau pembaruan tentang bagaimana arus kas dikelola, diakses, dan didistribusikan.

7. Bangun hubungan baik dengan akuntan Anda

Dengan bekerja sama dengan akuntan bisnis Anda, Anda dapat tetap mengetahui semua masalah keuangan yang muncul. Anda juga akan dapat mengikuti perkembangan teknologi, proses keuangan, dan detail penting lainnya yang terkait dengan keuangan bisnis.

Jasa Akuntansi di Indonesia

Ada banyak penyedia jasa akuntansi di Indonesia, termasuk Paul Hype Page & Co. Beberapa jasa akuntansi yang biasa dicari adalah arus kas dan analisis kerja, konsolidasi akun, laporan dan akun manajemen, serta perencanaan dan penganggaran keuangan.

Jika Anda mencari ahli akuntansi atau mendirikan perusahaan Anda di Indonesia, hubungi kami untuk konsultasi gratis!

contact us

FAQs

Apakah Bali bebas pajak?2022-06-07T17:07:21+08:00

Tidak ada pajak atas modal atau aset, selain pajak bumi dan bangunan. 

Bagaimana cara mengajukan pengembalian pajak di Indonesia?2022-06-07T17:08:06+08:00

Wajib pajak orang pribadi dapat menyampaikan SPT tahunan melalui sistem e-filing yang disediakan oleh Kantor Pelayanan Pajak Indonesia (KPP). Mulai tahun 2013, DJP aktif mendorong perusahaan untuk melakukan pendaftaran kolektif bagi pegawainya untuk mempermudah pendaftaran e-filing. 

Berapa pajak yang Anda bayarkan di Indonesia?2022-06-07T17:08:19+08:00

Wajib Pajak luar negeri dikenakan pajak dengan tarif tetap sebesar 20% atas semua penghasilan yang berasal dari Indonesia. Jika individu penduduk tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak, tarif pajak untuk pemotongan pajak atas penghasilan pekerjaan dinaikkan sebesar 20%. Akibatnya, tarif berkisar dari 6% hingga 36%. 

Apa perbedaan utama antara Standar Akuntansi keuangan psak Indonesia dan pelaporan interim IFRS?2022-06-07T17:08:33+08:00

IFRS 17 menggantikan IFRS 4. perbedaan yang dicatat adalah sebagai berikut: PSAK 1 mendefinisikan bahwa IFAS terdiri dari Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan, interpretasinya dan aturan pelaporan keuangan yang dikeluarkan oleh otoritas pasar modal. IAS 1 tidak termasuk yang terakhir. 

Share This Story, Choose Your Platform!

More Business Insights

Got other questions?

Drop us a message on WhatsApp or connect with us through our contact form.

CONTACT US >

Join the discussions

Go to Top