Paul Hype Page Logo

Asuransi bisnis

What’s in this article
Can’t find what you’re looking for? Talk to our experts today.
SCHEDULE A CALL >

Asuransi bisnis adalah jenis pertanggungan yang melindungi perusahaan dari risiko dan kejadian tak terduga yang mungkin timbul selama operasi bisnis rutin. Ini dapat membantu melindungi Anda dari kerugian yang disebabkan oleh kerusakan properti dan klaim kewajiban.

Kesalahan karyawan, bencana alam, pencurian, kebakaran, dan bahaya lainnya merupakan ancaman bagi semua perusahaan. Oleh karena itu, asuransi bisnis mendukung dalam menjaga kelangsungan bisnis dengan memberikan kompensasi atas kerugian yang terjadi.

Pentingnya Asuransi Bisnis di Indonesia

Semua jenis kerugian ditanggung oleh asuransi bisnis. Ketika terjadi peristiwa yang dapat mengakibatkan kerugian, asuransi bisnis akan memberikan kompensasi kepada pemilik bisnis. Kerugian akibat kelalaian karyawan merupakan salah satu jenis kerugian yang ditanggung oleh asuransi usaha. Menurut aturan asuransi, korporasi harus memberi kompensasi kepada perusahaan dan mengembalikannya ke posisi semula.

Selain itu, keuntungan memiliki asuransi bisnis di Indonesia antara lain:

1. Meningkatkan efektivitas perusahaan

Karena memberikan jaminan kompensasi kepada pemilik jika terjadi kerugian, asuransi bisnis memungkinkan pemilik untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk operasi bisnis.

2. Memastikan keselamatan karyawan

Keselamatan karyawan juga dijamin oleh asuransi di perusahaan Indonesia, yang melindungi mereka dari dampak kecelakaan kerja dan bencana lainnya. Selain itu, karyawan yang mengetahui bahwa mereka tercakup dalam hal keselamatan dan kesehatan akan memiliki lebih banyak ketenangan pikiran dan, sebagai hasilnya, akan lebih produktif.

3. Menjaga kelangsungan hidup jangka panjang perusahaan

Secara umum, asuransi bisnis merupakan aspek penting untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka panjang. Hal ini karena asuransi akan menguntungkan karyawan perusahaan. Karyawan yang diasuransikan juga merupakan pekerja yang lebih baik, yang berarti produktivitas perusahaan akan meningkat.

Apa Saja Jenis-Jenis Usaha Asuransi Yang Ada di Indonesia?

Ada banyak jenis asuransi bisnis di Indonesia, yaitu:

1. Asuransi Kesehatan

Pengusaha diwajibkan oleh peraturan ketenagakerjaan Indonesia untuk memberikan jaminan kesehatan kepada karyawannya untuk melindungi mereka dari penyakit yang mungkin timbul selama jam kerja. Akibatnya, bisnis diwajibkan untuk memberikan asuransi kesehatan kepada karyawan mereka untuk menjaga hak kesehatan mereka.

2. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa tidak diwajibkan oleh hukum dalam bisnis Indonesia; namun, sangat disarankan. Sebuah perusahaan dapat mengadakan perjanjian dengan seorang karyawan untuk menawarkan asuransi jiwa kepada karyawan tersebut dengan menahan sejumlah tertentu dari gaji tahunan karyawan tersebut.

Jika karyawan adalah satu-satunya dalam keluarga yang bekerja, asuransi semacam ini meringankan beban keuangan keluarga. Penerima manfaat tidak akan mengalami kesulitan yang tidak semestinya dalam kasus ini.

3. Asuransi Kompensasi

Asuransi kompensasi karyawan memberikan perlindungan untuk kesejahteraan karyawan secara umum. Karyawan harus dilindungi oleh asuransi kompensasi karyawan perusahaan jika terjadi kecelakaan di tempat kerja, menurut Kementerian Tenaga Kerja Indonesia.

4. Asuransi Tanggung Jawab

Karyawan dilindungi oleh asuransi kewajiban terhadap kerugian yang disebabkan oleh klaim tertentu. Ini juga memastikan bahwa majikan akan diberi kompensasi jika terjadi kecelakaan yang menyebabkan kerusakan properti.

5. Asuransi Properti

Asuransi properti melindungi peralatan, inventaris, dan aset bisnis Anda jika terjadi kebakaran, pencurian, atau badai. Asuransi properti standar di Indonesia, di sisi lain, tidak mencakup bencana dengan korban massal seperti gempa bumi dan banjir. Penanggung memberikan pertanggungan untuk insiden semacam itu berdasarkan kasus per kasus.

6. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan diperlukan di hampir setiap negara. Jika perusahaan Indonesia menggunakan mobil perusahaan, kendaraan tersebut harus diasuransikan secara memadai untuk melindungi perusahaan dari tanggung jawab jika terjadi kecelakaan.

Bagaimana Cara Mendaftar Asuransi Bisnis di Indonesia?

Sebelum mengajukan asuransi bisnis, pemilik bisnis harus terlebih dahulu menentukan jenis pertanggungan apa yang diperlukan. Sangat penting untuk melakukan penelitian tentang jenis asuransi yang diperlukan sebelum mengajukan aplikasi dengan menghubungi spesialis seperti agen atau broker yang bereputasi dan tepercaya.

Pemilik bisnis harus mendekati penyedia asuransi yang mengkhususkan diri dalam jenis asuransi bisnis yang diinginkan setelah jenis asuransi bisnis yang tepat telah ditentukan. Penyedia asuransi dapat membantu siapa saja dalam menentukan jenis asuransi mana yang paling menguntungkan dalam situasi apa pun.

Sebelum memperoleh asuransi bisnis, pemilik bisnis harus meninjau detail polis dan mengajukan pertanyaan apa pun yang muncul. Penting juga untuk mencari-cari tarif asuransi terbaik sambil tetap mencakup semua yang harus ditanggung dalam organisasi.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan termasuk:

1. Meningkatkan efektivitas perusahaan

Karena memberikan jaminan kompensasi kepada pemilik jika terjadi kerugian, asuransi bisnis memungkinkan pemilik untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk operasi bisnis.

  • kerugian yang akan ditanggung oleh asuransi yang dipilih
  • jumlah uang yang harus dibayarkan untuk setiap klaim sebelum penggantian dapat diterima
  • bagaimana asuransi akan dibayar?

Hal ini juga penting untuk memeriksa bahwa polis asuransi perusahaan up to date. Pemilik bisnis dapat belajar lebih banyak dengan berbicara dengan broker asuransi tentang spesifikasi aturan asuransi perusahaan saat ini.

Berpikir untuk mendirikan perusahaan di Indonesia atau membutuhkan jasa sekretaris perusahaan? Hubungi kami hari ini untuk konsultasi gratis!

contact us

FAQs

Asuransi apa yang harus dimiliki bisnis?2022-06-21T11:36:15+08:00

Pemerintah federal mengharuskan setiap bisnis dengan karyawan untuk memiliki kompensasi pekerja, pengangguran, dan asuransi cacat. Beberapa negara bagian juga memerlukan asuransi tambahan. Undang-undang yang mewajibkan asuransi berbeda-beda di setiap negara bagian, jadi kunjungi situs web negara bagian Anda untuk mengetahui persyaratan bisnis Anda.

Adakah yang bisa menolak bisnis asuransi di Indonesia?2022-06-21T11:36:30+08:00

Seorang individu atau bisnis di Indonesia secara hukum dapat ditolak pertanggungan asuransi jika individu atau bisnis telah terlibat dalam kegiatan bisnis ilegal. Sebuah bisnis yang memiliki sejarah kebangkrutan juga dapat ditolak asuransi oleh penyedia asuransi mana pun di Indonesia. Sebuah perusahaan juga dapat ditolak asuransi bisnis jika perusahaan asuransi percaya bahwa operasi bisnis perusahaan terlalu berbahaya dan akan membuat karyawannya cedera dan kecelakaan. Seorang pemilik bisnis juga dapat secara hukum ditolak asuransi bisnis di Indonesia jika pemilik bisnis telah membuat klaim yang berlebihan di masa lalu

Bisakah pemilik bisnis asing menerima asuransi bisnis di Indonesia?2022-06-21T11:36:43+08:00

Setiap pemilik bisnis, baik lokal maupun asing, dapat menerima asuransi bisnis di Indonesia. Agar orang asing dapat menerima asuransi bisnis, orang asing tersebut harus sudah memiliki tiga jenis asuransi bisnis. Yakni BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, dan program jaminan sosial. Orang asing disarankan untuk selalu merujuk pada perusahaan asuransi terpercaya dari negara asalnya yang mengeluarkan polis serupa seperti yang dilakukan perusahaan asuransi di Indonesia jika memiliki masalah asuransi yang menyangkut asuransi di negara asalnya.

Seberapa mahal asuransi bisnis di Indonesia jika dibandingkan dengan negara tetangga?2022-06-21T11:39:41+08:00

Bisnis asuransi di Indonesia lebih murah dibandingkan kebanyakan negara Asia Tenggara. Tingkat asuransi jiwa turun menjadi 15,8% pada tahun 2017 dari 17,9% pada tahun 2013. Asuransi jiwa di Indonesia termasuk yang termurah di kawasan; 50% penduduk Indonesia memiliki polis asuransi jiwa. Asuransi properti Indonesia bila dibeli di daerah non-perkotaan jauh lebih murah daripada asuransi yang dibeli di daerah perkotaan. Dengan demikian, ada banyak potensi keuntungan dan pertumbuhan bisnis yang ada.

Share This Story, Choose Your Platform!

More Business Insights

Got other questions?

Drop us a message on WhatsApp or connect with us through our contact form.

CONTACT US >

Join the discussions

Go to Top