Paul Hype Page Logo

Penggajian di Indonesia

6 min read|Last Updated: Oktober 18, 2022|
Beranda>Guides / FAQ>Penggajian di Indonesia
What’s in this article
Can’t find what you’re looking for? Talk to our experts today.
SCHEDULE A CALL >

Setelah mendirikan perusahaan Anda di Indonesia, langkah selanjutnya adalah merekrut karyawan untuk menangani berbagai aspek operasi.

Di negara mana pun Anda memulai bisnis, pemilik seperti Anda dibebani untuk mengajukan banyak laporan dan perincian keuangan untuk diperiksa dan diserahkan kepada otoritas pajak.

Indonesia tidak terkecuali dalam hal ini dan salah satu kepatuhan yang harus diserahkan oleh bisnis adalah penggajian untuk karyawan yang mereka pekerjakan.

Kepatuhan Penggajian

Mematuhi peraturan penggajian dapat menjadi proses yang membosankan bagi Sebagian perusahaan. Untuk itu, ada beberapa perusahaan yang menawarkan jasa untuk membantu penggajian perusahaan yang berencana memanfaatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia (BKPM) bekerja sama dengan dunia usaha dan pemerintah, sehingga bertindak sebagai perantara. Mereka berfungsi untuk mendorong investasi, baik langsung dalam maupun luar negeri, dengan menciptakan iklim yang kondusif.

Perusahaan dengan kewajiban terbatas biasanya membutuhkan waktu antara lima dan 10 hari kerja untuk mendapatkan persetujuan awal, meskipun persetujuan lengkap mungkin membutuhkan waktu lebih lama. Pelamar juga harus mendapatkan nomor pajak melalui Kantor Pajak.

Salah satu tanggung jawab BKPM adalah meningkatkan hubungan luar negeri dan kondisi pekerja. Sektor-sektor tertentu mungkin tertutup bagi investasi asing berdasarkan iklim ekonomi.

Pelamar harus menyerahkan yang berikut:

  • persetujuan awal dari BKPM,
  • nomor pajak,

  • Akta Pendirian, dan

  • surat domisili.

Setelah semuanya diselesaikan dengan BKPM, layanan dan bantuan yang tersedia bagi perusahaan dapat mempermudah pengelolaan penggajian perusahaan.

Manajemen Penggajian di Rata-Rata Perusahaan Indonesia

Manajemen penggajian adalah aspek penting dalam menjalankan bisnis di negara mana pun di dunia. Memastikan pembayaran yang akurat dan membayar karyawan tepat waktu adalah tugas yang memakan waktu.

Pemrosesan penggajian di seluruh dunia membutuhkan akurasi. Di Indonesia, peraturan dan regulasi tentang berbagai aspek seperti ketenagakerjaan, akuntansi, audit, dan pelaporan pajak bisa jadi sangat berat untuk diikuti karena peraturan tersebut cukup sering direvisi.

Oleh karena itu, menemukan perusahaan tepercaya yang mengkhususkan diri dalam layanan penggajian di Indonesia adalah suatu keharusan di beberapa titik. Sementara sebagian besar perusahaan kecil cenderung mempertahankan manajemen penggajian mereka di rumah, beberapa perusahaan lain memilih untuk beralih ke outsourcing layanan manajemen penggajian mereka.

Mereka melakukannya karena outsourcing layanan penggajian seringkali dapat menghemat banyak waktu dan uang sekaligus mengurangi beban kerja pemilik bisnis.

Berapa Gaji Rata-Rata di Indonesia?

Gaji di Indonesia berkisar antara 3.070.000 rupiah per bulan hingga 54.200.000 rupiah per bulan. Gaji rata-rata adalah 11.400.000 rupiah per bulan; ini berarti bahwa separuh dari penduduk berpenghasilan kurang dari 11.400.000 rupiah setiap bulan sementara separuh lainnya berpenghasilan lebih dari angka ini.

Persentil gaji 25 dan 75 di Indonesia juga mengungkapkan beberapa informasi menarik. Menurut distribusi gaji di Indonesia, 25% penduduk berpenghasilan kurang dari 6.520.000 rupiah setiap bulan sementara 75% dari mereka berpenghasilan lebih dari angka itu.

Di sisi lain, 75% penduduk berpenghasilan kurang dari 30.800.000 rupiah per bulan sementara 25% berpenghasilan lebih dari itu.

UU Ketenagakerjaan

Di setiap negara, ada undang-undang yang melindungi karyawan. Berikut adalah beberapa rincian kebijakan Indonesia untuk lembur, istirahat, jam kerja, dll.:

Lembur

Ada 40 jam kerja seminggu dengan 18 jam per minggu, atau empat jam sehari batas jumlah lembur yang dapat diambil.

Dalam hal seorang karyawan melebihi jam yang ditentukan, mereka berhak atas uang lembur. Tarif lembur adalah 1/173 dari gaji bulanan karyawan.

Istirahat

Karyawan berhak atas istirahat minimal 30 menit tanpa dibayar setelah setiap empat jam karyawan bekerja.

Pengecualian

Mereka yang memiliki pekerjaan sebagai perencana atau pengontrol tidak dikenakan batasan lembur, melainkan gaji mereka mencerminkan keterampilan dan jam kerja mereka.

Tanggung Jawab Pemberi Kerja

Peraturan dokumen di Indonesia tentang perekrutan karyawan sangat ringan. Namun, semua pemberi kerja diharuskan memiliki kontak terdaftar dengan Kementerian Tenaga Kerja selama mereka berencana untuk mempekerjakan seorang karyawan secara sementara.

Upah minimum

Upah minimum hanya berlaku bagi karyawan yang bekerja pada pemberi kerja kurang dari satu tahun, ditentukan oleh lokasi perusahaan dan biasanya didasarkan pada kebutuhan keuangan provinsi tertentu di mana perusahaan tersebut berada.

Adapun karyawan yang bekerja untuk waktu yang lama, mereka harus menegosiasikan gaji mereka dengan majikan mereka. Perjanjian berlaku selama dua tahun, dan negosiasi diperbolehkan untuk dimulai dalam waktu tiga bulan setelah berakhirnya perjanjian.

Perangkat Lunak Penggajian dan Manajemen Penggajian

Pengelolaan akun dan pemeliharaan catatan yang tepat untuk persiapan manual perusahaan adalah proses kompleks yang menghabiskan banyak waktu.

Penggunaan software payroll dapat mengatasi masalah ini. Program perangkat lunak penggajian yang dikembangkan untuk usaha kecil telah mempermudah usaha kecil ini untuk menyelesaikan tugas-tugas manajemen penggajian.

Saat ini, sebagian besar perusahaan lebih suka menggunakan perangkat lunak penggajian untuk menghitung gaji karyawan. Perangkat lunak penggajian memastikan bahwa ini dilakukan dengan cepat dan akurat.

Program perangkat lunak penggajian yang dikembangkan untuk usaha kecil di Indonesia tidak hanya mudah digunakan tetapi juga terjangkau. Program-program ini digunakan untuk menghitung pajak dan gaji sesuai dengan kontrak karyawan dan sistem perpajakan Indonesia.

Penggunaan software payroll jauh lebih efisien untuk perhitungan pembayaran jika dibandingkan dengan sistem manual.

Program perangkat lunak penggajian membantu untuk:

  • membuat informasi lebih mudah dipahami,

  • membantu pemilik bisnis membuat laporan,

  • mengurangi jumlah upaya manual yang harus dilakukan,

  • memberikan banyak keuntungan bagi organisasi,

  • memudahkan pengelolaan gaji, upah, dan pajak karyawan, dan pemotongan lainnya, dan

  • program perangkat lunak penggajian dengan demikian menyelesaikan banyak kebutuhan penggajian perusahaan

Program perangkat lunak penggajian dengan demikian menyelesaikan banyak kebutuhan penggajian perusahaan

Menghitung gaji secara akurat membangun kepercayaan di antara karyawan. Untuk alasan ini, program perangkat lunak penggajian harus digunakan agar pemilik bisnis dapat memberikan perhitungan yang akurat.

Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari program perangkat lunak penggajian berkualitas tinggi:

  • Penanganan transaksi antara lebih dari satu perusahaan
  • Perhitungan akurat uang yang harus dibayar dalam bentuk gaji bulanan, bonus, komisi, atau pembayaran di muka

  • Pembuatan berbagai laporan manajemen, penggajian, dan operasional
  • Pemeliharaan profil pribadi karyawan

Selain perangkat lunak, perusahaan-perusahaan di Indonesia juga sering melibatkan perusahaan profesional untuk menangani manajemen penggajian mereka.

Kami di Paul Hype Page & Co menyediakan outsourcing manajemen penggajian dan layanan akuntansi lainnya. Kami akan membantu perusahaan Anda menghemat banyak uang dan waktu melalui penggunaan layanan kami. Mereka akan memungkinkan Anda untuk lebih menekankan pada aspek penting lainnya dari operasi perusahaan Anda.

Memulai Bisnis di Indonesia

Jika perusahaan Anda memerlukan bantuan dengan fungsi akuntansi atau penggajian, kami di Paul Hype Page dapat membantu dan melayani kebutuhan Anda di bidang ini. Akuntan ahli kami akan bekerja dengan Anda untuk memastikan kepatuhan dan pembayaran yang cepat. Kami akan memastikan bahwa semua langkah yang kami ambil sepenuhnya legal di Indonesia dan negara lain mana pun yang terlibat

Hubungi kami untuk konsultasi gratis tentang pendirian perusahaan dan layanan perusahaan lainnya seperti manajemen penggajian hari ini!

contact us

FAQs

Apa sanksi keterlambatan pajak di Indonesia?2022-06-17T11:25:29+08:00

Jawab: Dalam hal keterlambatan pembayaran, seseorang dapat dikenakan denda bunga, ini akan dihitung dari pajak yang kurang dibayar dan dikenakan tingkat bunga yang diterapkan oleh Kementerian Keuangan setiap bulan. Untuk keterlambatan pengajuan, dikenakan denda sebesar Rp100.000. 

Bagaimana sejarah upah minimum di Indonesia belakangan ini?2022-06-17T11:26:18+08:00

Pada 2019, upah minimum resmi di Indonesia adalah 3,94 juta rupiah per bulan. Angka ini menunjukkan peningkatan; angka tersebut adalah 3,6 juta rupiah per bulan pada tahun 2018. Secara umum, upah minimum di Indonesia terus meningkat. 

Apakah perubahan upah minimum di Indonesia dipengaruhi oleh nilai rupiah?2022-06-17T11:26:41+08:00

Dalam beberapa tahun terakhir, nilai rupiah mengalami penurunan. Selama satu dekade terakhir, nilai rupiah telah jatuh dari sekitar 9.000 rupiah ke dolar AS menjadi sekitar, 14.000 rupiah ke dolar AS. Oleh karena itu, meskipun nilai nominal upah minimum telah meningkat, nilai aktual upah minimum di Indonesia telah turun karena penurunan nilai rupiah. 

Pajak apa saja yang harus dibayar oleh perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia?2022-06-17T11:32:13+08:00

Undang-undang tentang perpajakan di Indonesia, tergantung pada apakah perusahaan tersebut memperkerjakan orang asing. Beberapa pajak utama yang harus dibayar oleh perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia adalah pajak penghasilan orang pribadi untuk karyawan di Indonesia, pajak capital gain, pemotongan pajak, pajak gaji, pajak bisnis, dan pajak penjualan. 

Share This Story, Choose Your Platform!

More Business Insights

Got other questions?

Drop us a message on WhatsApp or connect with us through our contact form.

CONTACT US >

Join the discussions

Go to Top