Paul Hype Page Logo

Trademark Registration in Indonesia

What’s in this article
Can’t find what you’re looking for? Talk to our experts today.
SCHEDULE A CALL >

Setelah pendirian perusahaan Anda di Indonesia, sangat disarankan agar Anda mendaftarkan merek dagang untuk melindungi aset bisnis utama. Merek dagang didefinisikan sebagai sesuatu yang secara jelas membedakan seseorang, perusahaan, atau organisasi hukum. Ini termasuk hal-hal berikut yang bertujuan untuk membedakan merek dari pesaingnya:

  • Desain

  • Foto-foto

  • Kata-kata

  • Simbol

  • Warna

Hak pemilik dijamin dengan pendaftaran merek dagang, dan pemilik kemudian dapat mengambil tindakan hukum terhadap penggunaan merek dagang yang melanggar hukum. Merek dagang dilindungi oleh hak kekayaan intelektual (IP).

Seiring berjalannya waktu, merek dagang Anda juga dapat dilihat sebagai item nilai penarikan yang kuat dan membawa nilai moneter yang signifikan yang dapat dilisensikan dan ditetapkan.

Bagaimana Cara Mendaftarkan Merek Dagang di Indonesia?

Di Indonesia, pendaftaran merek diatur oleh Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 (UU Merek), yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJP). Undang-undang ini dimodifikasi pada tahun 2016 untuk mengesahkan Undang-Undang Merek Baru dan Indikasi Geografis (UU No. 20 Tahun 2016) untuk memasukkan lebih banyak jenis merek dagang.

Setelah pengajuan aplikasi untuk mendaftarkan merek dagang, pemeriksaan formalitas akan diselesaikan dalam waktu 15 hari kerja, menurut undang-undang merek Indonesia. Permohonan harus ditulis dalam bahasa Indonesia dan diajukan secara tertulis.

Semua pelamar harus menyertakan yang berikut ini dalam aplikasi mereka:

  • Nama lengkap

  • Alamat

  • Kebangsaan

  • Alasan untuk desain & warna merek dagang

Mereka kemudian harus membayar biaya ke Direktorat Jenderal untuk mendapatkan tanggal pengajuan, dan mereka kemudian harus melalui pemeriksaan substantif. Pemeriksa akan ditunjuk oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk melakukan pemeriksaan substantif.

Apa Selanjutnya Setelah Aplikasi Berhasil?

Apabila dalam waktu penerbitan tidak ada keberatan atas permohonan tersebut, maka akan dilanjutkan ke tahap pemeriksaan yang akan berlangsung selama 150 hari kerja. Jika ada penentangan, aplikasi akan ditinjau sesuai dengan itu.

Aplikasi yang berisi karakteristik yang dapat menyesatkan konsumen tentang jenis, kualitas, atau tujuan yang dimaksudkan dari barang atau jasa, atau yang sudah dilindungi oleh merek dagang lain, tidak akan diterima untuk didaftarkan. Permohonan tidak akan didaftarkan jika deskripsi barang atau jasa tidak sesuai dengan kualitas atau khasiat barang atau jasa tersebut.

Ditjen Cipta Karya akan menerbitkan sertifikat pendaftaran dan mengumumkan merek tersebut dalam Berita Resmi Merek jika permohonan tersebut lulus ujian. Setiap orang atau badan hukum dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada Direktorat Jenderal dalam jangka waktu pengumuman. Periode pemeriksaan ulang dua bulan diberlakukan dalam kasus sanggahan merek dagang, dan penyelidikan dilakukan.

Perkiraan Waktu dan Biaya

Proses aplikasi merek dagang lengkap, termasuk pemrosesan dan persetujuan, dapat memakan waktu antara 12 dan 24 bulan. Database Merek Indonesia (WIPO) akan menambahkan merek dagang ke daftarnya setelah ini selesai. Pencarian pra-pengarsipan, permintaan pendaftaran, pendaftaran akhir, dan sertifikat pendaftaran semuanya akan dikenakan biaya. Biaya dan biaya berbeda tergantung pada item atau layanan yang ingin diperoleh perusahaan.

Meskipun tidak ada biaya pendaftaran merek resmi di Indonesia, perkiraan biaya pendaftaran merek di negara ini biasanya berkisar antara $396 hingga $867. Pemohon tidak dapat dikembalikan uangnya jika permohonan ditolak.

Tambahan baru yang dapat dilindungi dengan pendaftaran merek disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016, yang meliputi:

  • Bentuk tiga dimensi
  • Suara

  • Hologram

Pendaftaran merek internasional juga termasuk dalam UU No. 20 Tahun 2016. Protokol Madrid digunakan di Indonesia untuk mendaftarkan merek asing. Protokol Madrid adalah perjanjian internasional yang mengizinkan pemilik merek dagang untuk mengajukan pendaftaran di salah satu negara anggota perjanjian tersebut.

Pelanggaran Hukum Merek

Pelanggaran undang-undang merek dagang mencakup hal-hal seperti pelanggaran paten dan penggunaan nama perusahaan secara non-konsensual. Perusahaan yang belum mendaftarkan merek dagang sangat rentan terhadap pelanggaran tersebut. Oleh karena itu, sangat disarankan agar semua bisnis menyelesaikan pendaftaran merek dagang. Pendaftaran ini dapat dilakukan di kantor nasional atau regional di Indonesia. Mereka yang memiliki pendaftaran merek dagang yang telah kedaluwarsa harus memperbaruinya agar tetap aktif. Di Indonesia, pembaruan semacam itu rata-rata terjadi setiap sepuluh tahun sekali.

Sangatlah penting untuk meminta nasihat dari pengacara merek dagang sebelum mencoba mendaftarkan merek dagang di Indonesia. Pemilik perusahaan Indonesia, khususnya yang memiliki perusahaan asing (PT PMA), harus menyadari bahwa tidak semua logo atau kata akan diterima untuk pendaftaran merek.

Selain itu, merek dagang tidak boleh melanggar batasan penting apa pun dari pemerintah. Penting juga untuk memastikan bahwa merek dagang yang akan didaftarkan tidak memiliki terlalu banyak informasi; aplikasi untuk merek dagang dengan deskripsi terlalu banyak dapat ditolak.

Manfaat Mendaftarkan Merek Dagang

Indonesia merupakan negara yang dilanda oleh tingginya tingkat pembajakan, terutama terkait dengan paten barang dan jasa. Oleh karena itu, pendaftaran merek merupakan langkah penting yang harus dilakukan.

Pendaftaran merek dagang memungkinkan perusahaan untuk memiliki barang dan jasa yang dilindungi dari klaim pelanggaran oleh pihak lain. Jika pemilik merek dagang terlibat dalam masalah hukum, pemilik kadang-kadang dapat menggunakan pendaftaran merek untuk menerima bantuan hukum.

Selain itu, memiliki merek dagang yang bereputasi baik dan dapat dipasarkan menambah nilai produk atau layanan perusahaan. Hal ini karena perusahaan dapat menggunakan merek dagang ini untuk menciptakan hubungan yang lebih erat antara perusahaan dan pelanggannya.

Sebelum aplikasi dapat dibuat, seseorang harus memiliki perusahaan yang berbasis di Indonesia. Jika Anda tertarik untuk melakukannya, hubungi kami di Paul Hype Page & Co. Tim penggabungan kami akan memberi Anda informasi tentang cara terbaik untuk mendirikan perusahaan di Indonesia.

contact us

FAQs

Berapa lama merek dagang berlaku?2022-06-21T16:44:34+08:00

10 tahun. Bagaimana cara memperbarui Merek Dagang? 

Sebuah merek dagang terdaftar hanya berlaku selama 10 tahun, setelah itu perlu diperbarui. Pencatat merek dagang akan mengirimi Anda surat pengingat berakhirnya merek dagang 6 bulan sebelum kedaluwarsa 

Apa yang Boleh Dijadikan Merek di Indonesia?2022-06-21T16:44:55+08:00

Di Indonesia, frasa, simbol, perangkat, kata, simbol, atau bahkan warna diizinkan secara hukum untuk bermerek dagang. Setiap elemen yang membedakan produk atau layanan dari perusahaan tertentu dari yang berbeda dapat bermerek dagang. Namun, layanan atau produk tersebut harus telah digunakan dalam lingkungan komersial sebelum perlindungan hukum apa pun dari hukum dapat diterima.

Bagaimana Merek Dagang Melindungi Nama Merek?2022-06-21T16:45:07+08:00

Pendaftaran merek dagang melindungi merek dagang yang akan digunakan pelanggan untuk mengidentifikasi produk dan layanan seseorang. Pelanggan yang telah mendengar atau memiliki pengalaman positif dengan perusahaan tertentu akan dipertahankan melalui penggunaan merek dagang secara cerdas. Merek dagang juga mencegah pesaing merusak reputasi perusahaan dengan menjual produk berkualitas rendah atas nama perusahaan asli 

Bagaimana Merek Dagang Melindungi Logo?2022-06-21T16:45:18+08:00

Undang-undang merek dagang melindungi logo perusahaan segera setelah digunakan untuk tujuan bisnis. Undang-undang tersebut melindungi hak eksklusif seseorang untuk menggunakan logo perusahaan tanpa perlu mendaftar ke lembaga pemerintah mana pun. Pendaftaran logo perusahaan memberikan perlindungan lebih untuk hak merek dagang perusahaan 

Share This Story, Choose Your Platform!

More Business Insights

Got other questions?

Drop us a message on WhatsApp or connect with us through our contact form.

CONTACT US >

Join the discussions

Go to Top