Paul Hype Page Logo

Memulai Jasa Kurir Indonesia

6 min read|Last Updated: Juli 18, 2022|
Beranda>Guides / FAQ>Memulai Jasa Kurir Indonesia
What’s in this article
Can’t find what you’re looking for? Talk to our experts today.
SCHEDULE A CALL >

Menurut statistik terbaru, layanan kurir dan logistik di Indonesia mencatat tingkat pertumbuhan pendapatan yang mengesankan setiap tahun. Angka ini biasanya terletak antara 30% dan 40%. Pertumbuhan ini sebagian besar disebabkan oleh tingginya tingkat pertumbuhan bisnis logistik negara, khususnya pertumbuhan yang tercatat di sektor logistik industri dan pengiriman barang di Indonesia. Sebagian besar perusahaan kurir dan logistik di Indonesia biasanya dioperasikan oleh perusahaan kecil dan menengah. Untuk itu, industri jasa kurir di Indonesia dikategorikan sebagai industri yang terfragmentasi karena tidak ada perusahaan yang benar-benar memiliki pangsa pasar yang besar dan mendominasi yang akan berdampak serius terhadap arah kebijakan sektor tersebut.

Salah satu faktor utama yang mendorong pertumbuhan signifikan layanan kurir di Indonesia adalah pertumbuhan bisnis e-commerce yang menuntut pengiriman produk untuk dijual antar pelanggan. Pertumbuhan e-commerce ini pada gilirannya meningkatkan permintaan jasa kurir di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, untuk mengatasi peningkatan permintaan, perusahaan jasa kurir telah mengadopsi teknologi baru yang akan mengikuti mereka dengan meningkatnya tingkat persaingan yang ada di Indonesia saat ini.

Mengapa Layanan Kurir Diperlukan

Perubahan yang terlihat melalui perubahan pola perdagangan dunia, yang paling signifikan adalah munculnya sistem perdagangan online yang biasa disebut dengan e-commerce, telah menuntut kebutuhan akan jasa kurir. Pesatnya perkembangan e-commerce didukung oleh penyebaran teknologi informasi dan komunikasi, termasuk perkembangan aplikasi mobile dan ketersediaan koneksi internet yang relatif murah. Dengan meningkatnya jumlah pengguna Internet di Indonesia, semakin banyak orang yang beralih ke belanja online, sehingga perlu bagi bisnis untuk mengadopsi layanan kurir. Lingkungan bisnis yang semakin ketat dan kompetitif yang ditopang oleh faktor-faktor seperti penetrasi pasar oleh pesaing baru serta meningkatnya permintaan akan layanan yang memuaskan juga sangat berkontribusi pada adopsi layanan kurir oleh sebagian besar bisnis di Indonesia.

Selain itu, dalam rangka meningkatkan omzet sekaligus mengelola biaya operasional, jasa kurir di seluruh Indonesia mulai melebarkan sayap ke luar negeri. Untuk sepenuhnya memenuhi persyaratan dan kebutuhan pelanggan, perusahaan-perusahaan tersebut perlu mengadopsi penggunaan jasa kurir. Hal ini memungkinkan mereka untuk menawarkan layanan yang dibuat khusus untuk pelanggan mereka sementara pada saat yang sama menarik pelanggan baru dengan paket berbeda yang mereka tawarkan seperti layanan penjemputan tarif yang lebih murah dengan cakupan asuransi serta data dan pelacakan waktu nyata.

Mengapa Seseorang Harus Memulai Bisnis Kurir di Indonesia

Untuk menghadapi lingkungan bisnis yang semakin kompetitif, banyak bisnis di Indonesia telah merumuskan strategi untuk menghadapi tantangan yang mungkin akan mereka hadapi. Dampak perkembangan TIK, meningkatnya ketersediaan koneksi internet di Indonesia, serta semakin kondusifnya aturan perdagangan antar wilayah dan negara telah mendorong tumbuhnya e-commerce sehingga membuka lebih banyak peluang di sektor kurir dan logistik. Peluang bisnis yang terlihat di industri kurir Indonesia tidak hanya berasal dari proses pengiriman tetapi juga dari penyimpanan dan pengelolaan di gudang dan sistem persediaan serta sistem manajemen pesanan. Pengaruh e-commerce terhadap jasa kurir di Indonesia tidak hanya terbatas pada perusahaan, tetapi juga e-store individu. Sebagai salah satu katalisator peningkatan permintaan jasa kurir di Indonesia, e-commerce memiliki pengaruh yang tak tertandingi terhadap pertumbuhan industri jasa kurir di Indonesia dan akan terus berlanjut setiap tahunnya.

Selain itu, banyak bisnis telah meningkatkan jangkauan pelanggan mereka di seluruh dunia karena peralatan teknologi modern telah mengambil mekanisme pengiriman utama jasa kurir Indonesia. Biaya yang relatif menguntungkan dalam melakukan kegiatan bisnis di Indonesia juga memungkinkan sebagian besar perusahaan untuk memperluas pasar mereka secara lokal, regional, dan internasional. Untuk mengimbangi peningkatan akses pasar ini, banyak perusahaan tersebut telah memilih untuk mengadopsi layanan jasa kurir agar tetap kompetitif sementara pada saat yang sama menarik dan mempertahankan pelanggan.

Biaya Memulai Layanan Kurir di Indonesia

Pemilik bisnis jasa kurir yang berfokus pada logistik dan pengiriman barang dan jasa ekspres harus mempertimbangkan tidak hanya biaya pengiriman tetapi juga faktor-faktor lain yang relevan seperti sistem gudang, manajemen inventaris, asuransi bisnis, dan penerapan TIK dalam memfasilitasi proses operasional untuk jasa kurirnya. Sistem berbasis web juga diperlukan untuk penelusuran dan pelacakan jasa kurir. Agar tetap kompetitif, beberapa perusahaan jasa kurir di Indonesia telah menerapkan sistem ICT yang sangat maju dan terintegrasi. Mereka termasuk proses operasional penting, pemasaran, keuangan, dan penyediaan layanan pelanggan dengan menyediakan data real-time online untuk setiap tahap pekerjaan yang harus diselesaikan.

Untuk memulai layanan kurir yang beroperasi penuh dan efektif di Indonesia, semua faktor yang disebutkan harus dipertimbangkan. Jadi, dalam banyak kasus, diperlukan investasi modal yang signifikan. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara efektif dan efisien, banyak pemilik jasa kurir di Indonesia telah melakukan crowdsourcing. Namun, crowdsourcing juga mencakup biaya yang terkait dengan integrasi dan implementasi dan karena itu dapat memberikan beban keuangan yang signifikan pada perusahaan. Peraturan dan kebijakan tertentu banyak juga yang memaksa tindakan tertentu untuk diambil oleh pemilik pemilik perusahaan mana pun di Indonesia, dan ini pada gilirannya dapat menaikkan biaya untuk memulai dan mengoperasikan layanan kurir di Indonesia.

Tentu saja, ketika memulai setiap perusahaan di Indonesia, masalah keuangan harus diselesaikan secara memadai. Oleh karena itu, perencanaan keuangan perusahaan Anda harus dikelola dengan baik. Untungnya bagi Anda, kami di Paul Hype Page & Co dapat membantu Anda dengan masalah penting ini. Rencana keuangan yang kami rumuskan akan memungkinkan perusahaan Anda yang berbasis di Indonesia untuk tetap berada dalam kondisi keuangan yang stabil dan layak meskipun ada perubahan yang terjadi sehubungan dengan pasar pelanggan yang ada di Indonesia.

Lisensi Terkait dengan Jasa Kurir Indonesia

Untuk setiap bisnis untuk beroperasi, itu harus memiliki lisensi yang valid. Seperti halnya di tempat lain di dunia, ada lisensi khusus yang terkait dengan dan harus digunakan oleh jasa kurir Indonesia sebelum perusahaan tersebut dapat secara sah melakukan operasi bisnis. Yang paling penting dari lisensi ini adalah lisensi utama. Lisensi prinsip adalah izin yang diberikan kepada perusahaan jasa kurir di Indonesia dengan mengacu pada hak paten. Ini memberi perusahaan hak hukum untuk mengecualikan orang lain, baik di dalam maupun di luar Indonesia, dari membuat, menggunakan, menjual, dan mengimpor penemuan yang serupa dengan miliknya. Izin penting lainnya adalah izin antar kota. Lisensi ini memberikan izin kepada perusahaan kurir untuk melakukan operasinya di antara berbagai kota di dalam negeri. Lisensi cabang memungkinkan perusahaan jasa kurir untuk membuka cabang di seluruh Indonesia untuk melayani pasar yang berkembang dengan lebih baik. Izin cabang memungkinkan perusahaan tersebut untuk membuka cabang sebanyak yang diinginkan oleh perusahaan.

Lisensi agen memungkinkan perusahaan jasa kurir Indonesia untuk meminta jasa agen. Agen tersebut dapat berupa individu atau kelompok. Agen-agen ini akan melakukan kegiatan bisnis atas nama perusahaan jasa kurir dan dapat melakukannya dengan klien lokal maupun asing. Lisensi nasional memberikan izin kepada perusahaan jasa kurir untuk beroperasi di mana saja di Indonesia, sedangkan lisensi internasional mengizinkan perusahaan tersebut untuk memperluas operasi bisnis ke negara lain mana pun di dunia dan dengan demikian, meningkatkan tingkat akses yang tersedia ke pasar internasional.

Jika Anda memerlukan bantuan untuk mendapatkan lisensi bisnis yang diperlukan di Indonesia, kami di Paul Hype Page & Co akan dapat membantu Anda. Jika Anda kebetulan menghadapi kesulitan dalam memperoleh izin usaha Indonesia, kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk memecahkan apa pun masalahnya. Kami juga akan menghubungi otoritas pemerintah yang diperlukan atas nama Anda.

Kesimpulan

Jasa kurir di seluruh Indonesia telah melakukan upaya yang cukup besar untuk mencapai tingkat keunggulan kompetitif yang dapat dipertahankan. Perkembangan Internet di seluruh Indonesia, pergeseran pasar pelanggan yang dibawa oleh perkembangan bisnis e-commerce, dan perubahan target pasar yang terkait dengan banyak produk yang dijual di seluruh Indonesia menyebabkan layanan kurir di Indonesia harus mengubah pendekatannya. untuk memperoleh tingkat keberhasilan bisnis setinggi mungkin. Oleh karena itu, sangat penting bahwa bisnis tersebut mengembangkan prosedur yang akan membuat mereka berkembang ketika mereka berusaha untuk mempertahankan tingkat daya saing mereka dalam lanskap bisnis yang berubah di Indonesia.

FAQs

Apa yang akan terjadi pada jasa kurir Indonesia yang tidak memiliki lisensi yang diperlukan?2022-07-18T11:35:19+08:00

Meskipun layanan kurir yang berbasis di Indonesia dapat tetap beroperasi meskipun tidak memiliki semua lisensi yang diperlukan, kegagalan untuk melakukannya juga akan menyebabkan hak istimewa yang diberikan melalui kepemilikan lisensi tersebut menjadi tidak dapat diakses oleh bisnis dan pemiliknya.

Bagaimana cara jasa kurir di Indonesia mengirimkan barang?2022-07-18T11:35:43+08:00

Jasa kurir di Indonesia memiliki pilihan pengiriman barang melalui jalur darat, udara, atau laut. Namun, ukuran dan susunan geografis Indonesia telah menyebabkan pengiriman melalui udara menjadi yang paling umum.

Share This Story, Choose Your Platform!

More Business Insights

Got other questions?

Drop us a message on WhatsApp or connect with us through our contact form.

CONTACT US >

Join the discussions

Go to Top