Paul Hype Page Logo

Modal Ventura di Indonesia

What’s in this article
Can’t find what you’re looking for? Talk to our experts today.
SCHEDULE A CALL >

Setelah penggabungan yang sukses, perusahaan kecil dan baru dengan potensi berkembang sering kekurangan keuangan untuk memulai dan mungkin merasa sulit untuk mendapatkan pendanaan dari bank. Oleh karena itu, diperlukan pembiayaan eksternal nonbank. Modal ventura mengacu pada bantuan keuangan yang diberikan investor kepada bisnis dan perusahaan baru.

Bisnis modal ventura yang menawarkan dana semacam itu sering berasumsi bahwa ide, produk, dan transaksi awal lainnya di mana mereka berinvestasi pada akhirnya akan memberikan keuntungan. Bank, investor kaya, dan lembaga keuangan lainnya termasuk di antara perusahaan modal ventura.

Perlu juga disebutkan bahwa modal ventura mungkin berisi lebih dari sekadar uang; itu juga dapat mencakup gagasan, keahlian teknis, dan bantuan dengan pengembangan bisnis. Meskipun investor ekuitas swasta mengambil risiko dengan berinvestasi, keuntungan prospektif sering kali menarik karena mereka memperoleh ekuitas di perusahaan, yang berarti bahwa mereka dapat menjadi pembuat keputusan yang signifikan.

Bagaimana Modal Ventura di Indonesia Membantu Startup?

Modal ventura, yang sering diperoleh dari investor oleh perusahaan modal ventura dan kemudian disebarkan ke perusahaan rintisan, membantu perusahaan rintisan tersebut dalam mencapai tujuan berikut:

  • Dapatkan Pendanaan

    Bantuan keuangan sangat penting bagi perusahaan baru di Indonesia. Mereka membutuhkan dana awal untuk mempublikasikan perusahaan mereka, mempekerjakan pekerja, dan memenuhi persyaratan bisnis tahap awal lainnya seperti akuisisi aset.

  • Penyebaran risiko

    Modal ventura di Indonesia membantu perusahaan baru dalam menyebarkan risiko mereka. Artinya, ketika investor dan pelaku bisnis menawarkan saham pribadi mereka, ketika mereka bergabung dengan saham pemilik, mereka akan menderita kerugian sebanding dengan partisipasi mereka. Kerugian yang tidak dapat dikurangi dengan modal ventura umumnya terlalu mahal dan berbahaya, membuat perusahaan baru putus asa, terutama di bidang yang sangat kompetitif.

  • Tingkatkan Manajemen

    Organisasi modal ventura memberi bentuan kepada sejumlah perusahaan, tidak hanya bantuan keuangan tetapi juga keahlian manajerial. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa manajemen dan inklusi pekerja sangat penting untuk keberhasilan perusahaan.

  • Rencana

    Perusahaan modal ventura membantu dalam proses perencanaan. Sebuah strategi bisnis bisa menjadi membosankan dan sulit untuk bisnis baru. Perencanaan dan strategi operasional yang tepat diperlukan untuk proses mengembangkan ide, mengelola orang, dan mengoperasikan aset. Bisnis modal ventura dapat membantu dalam situasi ini.

  • Pengembangan Bakat, Pengembangan Ekonomi, dan Inovasi

    Ekonomi internet diperkirakan akan tumbuh hingga US$100 miliar pada tahun 2025, menurut Google-Temasek. Jakarta, ibu kota negara, adalah hotspot startup Asia Tenggara.

Indonesia Incorporation Specialist Jacey

Alasan Peningkatan Perusahaan Modal Ventura di Indonesia

Sementara Singapura telah lama dikenal sebagai “Silicon Valley of Southeast Asia”, Indonesia tidak selalu dikaitkan dengan inovasi startup. Namun, bisnis modal ventura di Indonesia telah meningkat, dengan modal ventura sebesar US$3 miliar yang diterima pada tahun 2017, lebih dari dua kali lipat jumlah yang dikumpulkan tahun sebelumnya.

Menurut penelitian Kearney, ekosistem startup Indonesia berkembang pesat, meskipun lebih muda dari VC di negara-negara Asia lainnya seperti China, Jepang, dan India.

Sebastian Togelang, investor Kejera Ventures, mengatakan Indonesia kurang dikenal di Silicon Valley karena jarang dibicarakan. Selain itu, investor Asia-Pasifik lainnya tidak begitu tertarik atau sadar akan investasi modal ventura Indonesia seperti sekarang. Berikut ini adalah beberapa alasan untuk ini:

  • Manajemen data dan penambangan

    Karena keinginan dunia untuk kemajuan teknologi, ada permintaan untuk ide-ide inovatif yang membutuhkan dana. Ukuran pasar meningkat ketika sebuah konsep di ranah Internet dan bidang teknologi lainnya yang diminati orang Indonesia membuahkan hasil. FinTech adalah salah satu topik yang paling populer, menurut Sebastian.

  • Keberadaan individu atau kelompok kaya

    Keberadaan individu-individu yang mampu dan berkeinginan ini di Indonesia juga menjadi salah satu alasan tumbuhnya perusahaan modal ventura. Karena modal ventura berasal dari investor individu kaya yang bersedia mensponsori ide-ide yang tumbuh dengan potensi untuk mendapatkan penetrasi pasar, keberadaan individu-individu yang mampu dan berkeinginan ini di Indonesia juga menjadi salah satu alasan pertumbuhan perusahaan modal ventura di Indonesia.

  • Peningkatan jumlah bisnis baru

    Terakhir, Indonesia melihat peningkatan jumlah startup, terutama yang melibatkan Internet dan teknologi, yang membutuhkan pendanaan di tahap awal. Banyak orang Indonesia bereksperimen dengan ide-ide baru, yang menghasilkan pertumbuhan perusahaan modal ventura.

Bagaimana Memulai Perusahaan Modal Ventura di Indonesia?

Jajak pendapat BBC baru-baru ini menyebut Indonesia sebagai salah satu daerah terbaik di dunia untuk memulai bisnis, bahkan mengungguli Amerika Serikat dan Australia. Sebuah ide dan kemauan untuk mencoba adalah dasar dari memulai bisnis. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi calon investor untuk memulai perusahaan modal ventura, baik sebagai operator asing atau domestik:

  • Pendaftaran bisnis

    Tahap awal untuk memulai tidak hanya perusahaan modal ventura tetapi juga perusahaan apa pun adalah pendaftaran. Proses tersebut menegaskan kemampuan bisnis untuk beroperasi, dan juga meyakinkan pihak berwenang bahwa perusahaan bermaksud untuk beroperasi dalam persyaratan negara yang ditetapkan dan bahwa ia tidak akan terlibat dalam bisnis ilegal lainnya yang melanggar hukum.

    Selanjutnya, pendaftaran akan membuktikan bahwa perusahaan membayar pajak kepada pemerintah Indonesia sesuai dengan laba yang diumumkan.

  • Rencana investasi

    Perencanaan sangat penting untuk keberhasilan operasi. Untuk mendapatkan akses ke investasi modal ventura Indonesia sebagai investor asing, seseorang harus mempresentasikan rencana tidak kurang dari US$1 juta. Dari jumlah tersebut, 25% harus berupa modal disetor, yang tidak harus dalam bentuk uang tunai. Perencanaan yang tepat akan sama-sama mengarah pada keberhasilan dalam hal ini.

  • Pemegang saham

    Untuk menjalankan perusahaan, setidaknya harus ada dua pemegang saham. Melalui ini, stabilitas perusahaan terjamin, dan prosedur hukum untuk akses dana lebih mungkin transparan untuk operasi dan manajemen yang lebih lancar.

Siap untuk mendirikan perusahaan di Indonesia atau ingin bekerja di Indonesia? Hubungi kami untuk melihat bagaimana kami dapat mendukung bisnis Anda!

contact us

FAQs

Apa itu perusahaan modal ventura?2022-06-22T15:16:03+08:00

Modal ventura (VC) adalah bentuk investasi untuk bisnis inovatif tahap awal dengan potensi pertumbuhan yang kuat. 

Apa risiko utama memiliki perusahaan modal ventura?2022-06-22T15:16:21+08:00

Risiko utama meliputi: 

Manajemen yang buruk oleh pemilik startup yang dapat menyebabkan kegagalan dan hilangnya dana yang disumbangkan oleh malaikat bisnis. 

Tren pasar yang dapat menggeser kebutuhan dan membuat perusahaan modal ventura beroperasi pada kerugian. 

Bisakah orang asing memulai perusahaan modal ventura di Indonesia?2022-06-22T15:16:32+08:00

Indonesia menerima investor asing baik secara mandiri atau melalui kemitraan dengan perusahaan domestik jika mereka mematuhi aturan dan peraturan yang mengatur perusahaan modal. 

Industri mana di Indonesia yang memiliki perusahaan modal ventura paling banyak?2022-06-22T15:16:45+08:00

Industri digital yang menangani konten teknologi dan e-commerce termasuk layanan cloud. 

Share This Story, Choose Your Platform!

More Business Insights

Got other questions?

Drop us a message on WhatsApp or connect with us through our contact form.

CONTACT US >

Join the discussions

Go to Top