Company Registration at Paul Hype Page Indonesia

Jun 225 mins

Angel Investor adalah individu kaya yang dapat membantu perusahaan muda dan startup untuk bangkit secara finansial. Angel Investor di Indonesia, atau di manapun di dunia, sering kali membeli sebagian saham startup dan akan menyumbangkan sejumlah besar uang untuk membantu usaha baru diluncurkan.

Jumlah yang disumbangkan oleh investor ini akan bervariasi tergantung pada permintaan startup dan industri di mana ia beroperasi. Angel Investor sering kali merupakan investor pilihan dari perusahaan yang tidak sesuai dengan standar pembiayaan bank dan tidak mampu menarik perusahaan modal ventura (VC).

Perbedaan Antara Angel Investor dan Kapitalis Ventura

Semua investor dapat dibagi menjadi dua kelompok besar – Angel Investor dan pemodal ventura. Orang yang berinvestasi di perusahaan yang baru lahir dikenal sebagai Angel Investor dan pemodal ventura. Ketika mereka menginvestasikan uang mereka, mereka berdua mengambil risiko yang diperhitungkan dengan harapan mencapai pengembalian investasi yang tinggi. Ada beberapa perbedaan utama antara Angel Investor dan pemodal ventura.

1. Angel Investor

Angel Investor adalah investor berlisensi yang berinvestasi di perusahaan kecil menggunakan uang mereka sendiri. Ini seharusnya tidak mengejutkan mengingat fakta bahwa banyak Angel Investor juga merupakan pemilik usaha kecil. Mereka lebih suka melakukan investasi yang akan membantu mereka mengembangkan perusahaan mereka daripada investasi yang akan menghasilkan keuntungan dengan cepat.

Alasan mengapa Angel Investor memilih bisnis tertentu untuk diinvestasikan adalah karena mereka mengharapkan bisnis tersebut menjadi menguntungkan di masa depan. Akibatnya, Angel Investor cenderung mengambil risiko lebih besar daripada pemodal ventura.

Perbedaan penting lainnya antara Angel Investor dan pemodal ventura adalah jumlah uang tunai bisnis yang sering disumbangkan oleh kedua jenis investor. Rata-rata Angel Investor menyumbang US$330.000, menurut Small Business Administration, yang secara signifikan lebih kecil dari rata-rata investasi pemodal ventura. Angel Investor dan pemodal ventura memiliki harapan yang berbeda untuk investasi mereka. Angel Investor biasanya mengharapkan pengembalian 20% hingga 25% atas investasi mereka.

2. Kapitalis Ventura

Biasanya, pemodal ventura tidak menginvestasikan uang pribadi mereka di startup. Mayoritas pemodal ventura berinvestasi di perusahaan yang sudah mapan. Akibatnya, bahaya kerugian investasi berkurang.

Investor malaikat menginvestasikan jauh lebih sedikit uang di perusahaan daripada pemodal ventura. Menurut Small Business Administration, rata-rata pemodal ventura menginvestasikan sekitar US$11,7 juta. Investor malaikat sering mengharapkan pengembalian investasi proporsional yang lebih baik daripada pemodal ventura. Investor ventura sering menuntut pengembalian 25 hingga 35 persen atas investasi mereka.

 Incorporation checker

Keuntungan dan Kerugian Dibiayai oleh Angel Investor

Keuntungan memiliki angel investor adalah:

  • Pemilik bisnis tidak harus mengembalikan uang yang diinvestasikan kepada Angel Investor jika bisnis gagal. Jika dibandingkan dengan mengambil pinjaman, dibiayai oleh Angel Investor menimbulkan risiko yang jauh lebih kecil bagi pemilik bisnis.
  • Investasi Angel Investor biasanya saling menguntungkan karena mereka mencari peluang pribadi serta pengembalian finansial. Dalam pembiayaan utang, lembaga keuangan tempat pemilik bisnis meminjam uang tidak memiliki wewenang atas administrasi dan kegiatan organisasi. Akibatnya, lembaga-lembaga ini tidak akan menerima pendapatan apa pun.
  • Angel Investor juga berkontribusi pada perusahaan dengan berbagi keahlian dan keterampilan mereka. Meskipun Angel Investor menanggung risiko yang sangat besar, jika semuanya berjalan dengan baik, pengembaliannya bisa sangat menguntungkan. Tidak seperti lembaga pemberi pinjaman, Angel Investor tidak diharuskan untuk dibayar setiap bulan.
  • Angel Investor menjadi lebih tersebar luas, memudahkan pemilik bisnis untuk berinteraksi dengannya

Meskipun ada keuntungan dari investasi semacam itu, Anda juga harus mempertimbangkan kerugiannya:

  • Hilangnya otonomi adalah kerugian mendasar yang didukung oleh Angel Investor. Pemilik perusahaan akan melepaskan seluruh wewenangnya. Setiap hasil akan dibagi rata antara pemilik bisnis dan Angel Investor Bekerja dengan Angel Investor bisa mahal dalam hal ini.
  • Beberapa Angel Investor juga teduh. Mereka mungkin tampak memiliki kepentingan terbaik startup di hati pada awalnya, tetapi tujuan mereka yang sebenarnya adalah untuk merebut seluruh kendali itu. Bahkan ketika itu penting, Angel Investor tidak selalu memberikan lebih banyak dana untuk pengembangan organisasi.

Bagaimana cara menjadi Angel Investor di Indonesia?

Mereka yang memiliki kemampuan finansial mungkin tertarik untuk menjadi angel investor di Indonesia.

  • Memiliki kesadaran psikologis yang baik. Penting bagi angel investor untuk memahami apa yang akan dipikirkan oleh pemilik bisnis dengan siapa mereka bekerja pada titik waktu tertentu.
  • Hindari bertindak terlalu cepat. Membuat keputusan impulsif yang tidak perlu dapat merugikan angel investor, bisnis tempat angel investor bekerja, atau keduanya menghasilkan uang dalam jumlah besar.
  • Pikirkan tentang bergabung dengan komunitas angel investor. Dengan begitu, angel investor akan dapat berinteraksi, bertukar pikiran, dan berkolaborasi dengan sesama angel investor. Beberapa dari investor malaikat ini bahkan mungkin memilih untuk melakukan investasi dalam kelompok kecil daripada melakukannya secara individu.
  • Mengatur dan mengelola kas dengan baik. Kegagalan untuk melakukannya dapat menyebabkan kehancuran finansial angel investor, bisnis terkait, atau keduanya.
  • Investasikan dengan hati-hati dan terampil. Pilihan investasi yang dilakukan oleh angel investor seringkali membuat perbedaan antara sukses dan gagalnya seseorang dalam posisi tersebut.
  • Perlu diingat bahwa seseorang tidak harus menjadi angel investor untuk berinvestasi di perusahaan Indonesia.

Siap untuk mengambil langkah pertama dalam perjalanan kewirausahaan Anda? Hubungi kami untuk pendirian, visa, dan layanan perusahaan lainnya hari ini.

contact us

FAQs

Bagaimana angel investor dibayar?2022-06-22T14:55:22+08:00

Dari bunga, Biasanya investor menghasilkan uang dari persentase perusahaan yang mereka miliki — misalnya, mengambil 1% dari harga jual jika mereka memiliki 1%. 

Siapa contoh angel investor?2022-06-22T14:55:33+08:00

Misalnya, pada tahun 2013, angel investor Paul Buchheit dan Jeff Clavier termasuk di antara mereka yang terdaftar oleh Forbes karena memberikan pijakan bagi banyak startup yang sukses. Sebagai bagian dari perusahaan, Paul telah berinvestasi di sekitar 61 perusahaan seperti Reddit, Dropbox, dan Airbnb. 

Apakah angel investor kaya?2022-06-22T14:55:45+08:00

Angel investor juga disebut investor informal, angel funder, investor swasta, investor benih atau malaikat bisnis. Ini adalah individu, biasanya kaya, yang menyuntikkan modal untuk startup dengan imbalan ekuitas kepemilikan atau utang konversi. 

Berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk menjadi angel investor?2022-06-22T14:55:56+08:00

Apa itu angel investor? Angel investor biasanya adalah orang-orang dengan kekayaan bersih tinggi yang mendanai startup atau bisnis tahap awal. Banyak investor terakreditasi dengan kekayaan bersih minimal $1 juta atau setidaknya $200.000 dalam pendapatan tahunan. 

Share This Story, Choose Your Platform!

Just keep reading...

click here to view our fourm threads

Join the discussions

Latest Forum Discussion

Media - Infographic

Infographic - Indonesia ‘s Company Registration