Company Registration at Paul Hype Page Indonesia

Jun 205 mins

Banyak perusahaan milik asing telah terdaftar sebagai entitas PT PMA di Indonesia. Pemegang saham, direktur, dan komisaris perusahaan semuanya diperlukan untuk bisnis semacam itu.

Direksi mengawasi operasi perusahaan sehari-hari. Mereka bertanggung jawab untuk memilih personel untuk peran manajemen senior, mengkomunikasikan acara perusahaan kepada pemegang saham, dan mengelola kolaborasi dengan bisnis lain.

Komisaris perusahaan bertugas memantau, memeriksa, dan mengawasi tindakan korporasi. Sebuah perusahaan Indonesia harus memiliki setidaknya dua pemegang saham dan total nilai setidaknya 10 juta rupiah di semua sahamnya.

Siapa yang bisa menjadi komisaris?

Setidaknya satu komisaris diperlukan untuk semua perusahaan PT PMA yang berbasis di Indonesia. Dalam kebanyakan kasus, komisaris harus penduduk daerah tersebut; Namun, hal ini tidak selalu terjadi.

Jika perusahaan memutuskan untuk memiliki banyak komisaris, salah satunya akan diangkat menjadi komisaris utama, dengan tanggung jawab memimpin dewan komisaris perusahaan. Di Indonesia, komisaris perusahaan juga memberi nasihat kepada direktur tentang masalah bisnis, menyetujui laporan keuangan tahunan perusahaan, dan memeriksa anggaran perusahaan.

Orang Asing Menjabat sebagai Komisaris Perusahaan Indonesia

Setiap orang yang menduduki posisi yang lebih tinggi di perusahaan Indonesia biasanya harus warga negara Indonesia atau penduduk tetap. Namun, orang asing dapat diizinkan menjadi pemegang saham, direktur, atau komisaris perusahaan jika mereka mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia dan badan pengatur lainnya. Pemerintah juga telah menetapkan tata cara bagi orang asing untuk menjadi komisaris perusahaan Indonesia.

Orang asing harus terlebih dahulu mendapatkan Visa Tinggal Terbatas, yang sering dikenal sebagai VTT, sebelum dipertimbangkan untuk posisi tersebut. Orang asing juga harus memiliki sejumlah saham tertentu sebelum menjadi komisaris atau direktur, sesuai dengan undang-undang terbaru. Pemegang saham asing yang ingin menjabat sebagai direktur atau komisaris perusahaan harus memiliki saham sekurang-kurangnya satu miliar rupiah atau setara dengan dolar Amerika Serikat.

Izin tinggal diperlukan untuk semua komisaris perusahaan asing dari perusahaan Indonesia. Hal ini diperlukan untuk orang asing yang berniat untuk tinggal dan bekerja di negara tersebut. Izin tinggal, bersama dengan izin VTT yang baru, akan memungkinkan komisaris perusahaan untuk bekerja secara sah dan dibayar oleh perusahaan Indonesia, membuka rekening bank lokal di Indonesia, dan tinggal di negara itu untuk jangka waktu yang lebih lama tanpa harus menghubungi departemen pemerintah untuk memperpanjang visa mereka.

Jika orang asing dengan posisi kerja eksklusif, seperti komisaris perusahaan, telah tinggal di Indonesia setidaknya selama tiga tahun, mereka dapat menjadi penduduk tetap negara tersebut. Namun, semua orang asing tersebut tidak harus menjadi penduduk tetap Indonesia.

 Incorporation checker

Thinking of setting up a company in Indonesia or require visa application services? Reach out to us today for a free consultation!

contact us

FAQs

Siapa yang bisa menjadi pemegang saham di Indonesia?2022-06-20T14:37:52+08:00

Salah satu dari berikut ini dapat menjadi pemegang saham di sebuah perusahaan di Indonesia:

  • Seorang individu;
  • Perusahaan;
  • Sebuah yayasan

Peraturan sebelumnya mewajibkan perusahaan di Indonesia memiliki minimal dua pemegang saham. Namun, dengan adanya Omnibus Law, sekarang dimungkinkan untuk memiliki satu pemegang saham untuk sebuah perusahaan kecil.

Bagaimana struktur perusahaan di Indonesia?2022-06-20T14:38:18+08:00

Sebagaimana dinyatakan dalam Hukum Perseroan Terbatas, struktur perusahaan perseroan terbatas terdiri dari:

  • Pemegang saham
  • Dewan Komisaris
  • Jajaran direktur

Pemegang saham memiliki perusahaan. Sementara itu, komisaris dan direktur mengawasi berbagai bidang bisnis. Kami akan membahas peran ini secara lebih rinci di bawah ini.

Apa yang dimaksud dengan komisaris dalam sebuah perusahaan?2022-06-20T14:38:33+08:00

Peran Dewan Komisaris secara bersama-sama melakukan pengawasan terhadap jalannya Perseroan, memberikan masukan mengenai kebijakan-kebijakan pengelolaan Perseroan yang dibuat oleh Direksi. Dewan Komisaris terus memantau efektivitas kebijakan Perusahaan.

Apa peran seorang komisaris?2022-06-20T14:38:44+08:00

Dewan komisaris tidak hanya menetapkan kebijakan tetapi juga bertanggung jawab atas pelaksanaannya. Komisaris adalah kepala eksekutif organisasi daerah. Peran eksekutif seorang komisaris sangat bervariasi dari satu daerah ke daerah lainnya

Share This Story, Choose Your Platform!

Just keep reading...

click here to view our fourm threads

Join the discussions

Latest Forum Discussion

Media - Infographic

Infographic - Indonesia ‘s Company Registration
Infographic - Annual General Meeting (AGM) in Indonesia

Media - Videos

Incorporation in Indonesia
Business Opportunities in Indonesia