Paul Hype Page Logo

Dividend Payments in Indonesia

What’s in this article
Can’t find what you’re looking for? Talk to our experts today.
SCHEDULE A CALL >

Setelah penggabungan yang sukses, perusahaan bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan mereka untuk memastikan bahwa semua pemegang saham menerima pembayaran dividen. Pembayaran dividen yang tepat dan tepat waktu bertindak sebagai bukti bahwa perusahaan dilakukan dengan benar dan tepat. Pembayaran dividen di Indonesia, dan negara-negara lain, merupakan dorongan finansial yang sangat dinanti-nantikan yang diterima oleh pemegang saham dari saham yang mereka miliki.

Dividen adalah pembayaran moneter yang diberikan oleh perusahaan kepada pemegang sahamnya. Ini adalah metode untuk menyebarkan keuntungan perusahaan. Ketika sebuah perusahaan membuat keuntungan atau memiliki surplus, ia akan dapat menginvestasikan kembali keuntungan atau kelebihan dalam kegiatan komersial lainnya.

Laba ditahan adalah istilah untuk jenis reinvestasi ini. Korporasi kemudian membagikan sebagian dari keuntungan kepada pemegang saham sebagai dividen. Bagi hasil kepada pemegang saham dapat dibayarkan secara tunai, yang biasanya dimasukkan ke rekening bank, atau dapat dibayarkan melalui lebih banyak saham atau pembelian kembali saham jika perusahaan memiliki strategi reinvestasi.

Setelah menerima dividen, para pemegang saham biasanya harus membayar pajak penghasilan. Perusahaan biasanya tidak menerima pengurangan pajak penghasilan untuk biaya dividen.

Kriteria Penerimaan Dividen di Indonesia

Pembagian dividen dalam perseroan terbatas diatur dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas No. 40 Tahun 2007. (UU Perseroan Terbatas). Kecuali dan sampai RUPS (“Rapat Umum Pemegang Saham”) menentukan lain, semua keuntungan bersih setelah dikurangi dikurangi, dan kekayaan dibagikan kepada pemegang saham sebagai dividen.

Cadangan ini adalah sejumlah uang yang disisihkan dari pendapatan pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan. Kriteria ditetapkan sebagai berikut:

  • Dividen hanya dapat dibayarkan jika korporasi memiliki saldo bank laba positif. Saldo laba yang positif menunjukkan bahwa laba bersih tahun fiskal saat ini telah mengimbangi kerugian kumulatif perusahaan dari tahun-tahun fiskal sebelumnya.
  • Dividen yang belum dibagikan setelah lima tahun harus dimasukkan ke dalam cadangan tersendiri. Tata cara pembagian dividen yang disimpan dalam cadangan khusus akan dijabarkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS). Jika dividen dalam cadangan terpisah tidak dibagikan dalam waktu 10 tahun, dividen itu harus dikembalikan kepada perusahaan. Dividen yang belum dibayarkan ini akan dimasukkan ke dalam sumber pendapatan lain perusahaan.
  • Dividen sementara, juga dikenal sebagai dividen jangka pendek, diberikan sebelum pendapatan tahunan perusahaan, dan penjatahannya ditetapkan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Hal itu dapat dilakukan sebelum berakhirnya tahun anggaran berjalan jika anggaran dasar perusahaan mengizinkannya.
  • Pendapatan dividen yang diterima oleh wajib pajak daerah dari suatu perseroan terbatas, yang biasa disebut Perseroan Terbatas atau PT, dikenakan pajak sebagai penghasilan biasa bagi wajib pajak yang menerima dividen. Jika penerima dividen adalah PT dengan kepemilikan saham minimal 25% di perusahaan yang membayar dividen dan dividen dibayarkan dari laba ditahan, PT dibebaskan dari pembayaran pajak penghasilan badan.

Bagaimana Seseorang Dapat Meningkatkan Jumlah Uang yang Diterima dari Pembayaran Dividen?

Dengan mencari perusahaan yang diantisipasi untuk meningkatkan pembayaran dividen mereka setiap tahun, jumlah uang yang diperoleh dari pembayaran dividen dapat ditingkatkan. Sebagai hasilnya, pemegang saham di perusahaan semacam itu akan diuntungkan, memungkinkan mereka menerima jumlah uang yang terus meningkat. Dalam kebanyakan kasus, ketika penjualan dan pendapatan meningkat, jumlah dividen yang harus dibayarkan juga meningkat.

Jika pembayaran dividen diterima di luar rekening bank pensiun, dividen dapat diinvestasikan kembali. Jumlah uang yang diperoleh dari pembayaran dividen ditentukan oleh jumlah saham ekuitas dividen berkualitas tinggi yang dimiliki.

Semakin tinggi jumlah saham yang dimiliki; semakin banyak uang yang dapat dihasilkan melalui dividen. Mereka yang berinvestasi dalam saham yang menguntungkan selama bertahun-tahun, jika bukan beberapa dekade, mungkin dapat menghasilkan banyak uang setiap tahun hanya dari pembayaran dividen.

Perusahaan di Indonesia yang Harus Membayar Dividen

Tidak semua korporasi Indonesia diwajibkan membayar dividen secara berkala. Di Indonesia, korporasi hanya diwajibkan membayar dividen ketika mencapai tahap tertentu atau memenuhi sejumlah persyaratan. Dari segi hukum, tindakan harus diambil semata-mata terhadap perusahaan yang tidak membayar dividen meskipun sebenarnya mereka harus mampu, berdasarkan tahap atau kualitasnya.

Dividen hanya dapat dibayarkan jika korporasi memiliki saldo laba bank yang positif, seperti yang dinyatakan sebelumnya. Perusahaan dengan saldo laba positif adalah perusahaan yang laba bersih tahun fiskalnya saat ini telah mengatasi kerugian kumulatifnya dari tahun fiskal sebelumnya.

Perusahaan yang berbasis di Indonesia juga harus menyisihkan sebagian dari laba bersih setiap tahun fiskal sebagai cadangan sampai cadangan tersebut mencapai setidaknya 20% dari total investasi yang ditempatkan dan disetor.

Siap untuk mendirikan perusahaan di Indonesia atau memerlukan visa kerja? Hubungi kami untuk konsultasi gratis dan lihat bagaimana kami dapat menjadi bagian dari perjalanan bisnis Anda.

contact us

FAQs

Bagaimana Indonesia memperlakukan pendapatan dividen?2022-06-22T14:36:24+08:00

Dividen yang diterima dari perseroan terbatas Indonesia dikenakan pajak penghasilan final dengan tarif 10%. Namun menjadi tidak kena pajak jika penerimanya adalah Wajib Pajak orang pribadi dalam negeri yang dividennya ditanamkan kembali di Indonesia dalam jangka waktu tertentu. 

Apakah dividen dibayarkan secara otomatis?2022-06-22T14:36:36+08:00

Untuk meringkas: Dewan perusahaan mengumumkan dividen, yang akan dibayarkan pada tanggal tertentu kepada pemegang saham yang tercatat pada tanggal sebelumnya. Untuk menjadi salah satu pemegang saham yang tercatat, Anda harus membeli atau sudah memiliki saham sebelum tanggal ex-div, yaitu hari kerja sebelum tanggal pencatatan. 

Bagaimana pembayaran dividen dibayarkan?2022-06-22T14:36:52+08:00

Dividen biasanya dibayarkan dalam bentuk cek dividen 

Apakah penghasilan dividen kena pajak di Indonesia?2022-06-22T14:37:04+08:00

Badan WP DN dengan kepemilikan kurang dari 25% (<25%) dikenakan pajak penghasilan biasa, kecuali mereka menanamkan modalnya kembali di Indonesia dalam jangka waktu tertentu. 

Share This Story, Choose Your Platform!

More Business Insights

Got other questions?

Drop us a message on WhatsApp or connect with us through our contact form.

CONTACT US >

Join the discussions

Go to Top