Salah satu langkah awal untuk mendirikan perusahaan di Indonesia adalah dengan memahami berbagai jenis perusahaan di Indonesia. Nama perusahaan sangat penting bagi bisnis karena merupakan pengidentifikasi utama merek. Nama perusahaan yang kuat dan lengket dapat menguntungkan dalam jangka panjang, dalam hal ekuitas merek.
Jenis Perusahaan di Indonesia
Antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), ada lima akronim berbeda yang biasa digunakan dalam pendirian perusahaan di Indonesia.
Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
Badan Usaha Milik Negara (BUMN), adalah badan independen yang sebagian atau seluruhnya dimiliki oleh pemerintah Indonesia. Ada dua jenis utama BUMN:
Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)
Di sisi lain, perusahaan milik swasta adalah perusahaan yang didirikan oleh pendiri tunggal atau sekelompok investor swasta. Mereka akan mendapatkan bagian dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan. Ada tiga jenis umum perusahaan milik swasta:
1. Perseroan Terbatas (PT)
Pada daftar jenis umum perusahaan milik swasta, PT berada di urutan teratas dalam daftar itu. Dalam PT, ada persyaratan direktur tetap, minimal dua pemegang saham dan seorang komisaris. Ada dua jenis PT di Indonesia yang patut diperhatikan, yaitu:
2. Firma (Fa)
Di negara lain, badan usaha ini mewakili kemitraan antara dua atau lebih individu yang melakukan bisnis. Entitas ini dianggap memiliki kemampuan keuangan yang lebih besar serta efisien dalam perusahaan.
3, Komandan Vennootschap (CV)
CV adalah Kemitraan Terbatas yang terdiri dari minimal tetapi tidak terbatas pada, satu mitra pengelola dan satu mitra terbatas di mana mitra pengelola akan mengawasi operasi bisnis sehari-hari dan mitra terbatas adalah yang menyediakan modal untuk bisnis.
Badan Usaha Paling Umum di Indonesia
Ada tiga badan usaha yang paling umum di Indonesia, yaitu:
Cara Memilih Nama Perusahaan di Indonesia
Memilih nama perusahaan akan menjadi langkah pertama mendaftarkan bisnis di Indonesia. Di antara semua kata umum yang digunakan dalam nama perusahaan, berikut adalah beberapa wawasan tentang mereka
Seperti yang diharapkan, ‘Indonesia’ adalah kata yang paling umum dalam nama perusahaan, bersama dengan kata-kata seperti ‘Jaya’ dan ‘Abadi’ yang masing-masing berarti Kemenangan dan Kekal. Serupa dengan negara lain, perusahaan juga biasa diberi nama berdasarkan nama pendirinya.
Ada beberapa persyaratan dalam memilih nama perusahaan PT PMA, yaitu:
Cara Mengganti Nama Perusahaan di Indonesia
Mengubah nama perusahaan di Indonesia bukanlah hal yang mustahil. Namun, jika Anda bermaksud mengubah nama perusahaan, Anda akan diminta untuk mendapatkan kartu pajak baru.
Pihak berwenang juga harus menyetujui perubahan di kantor pajak daerah, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia juga. Ini hanya menandakan kertas kerja dan biaya yang datang dengan mengubah nama perusahaan.
Berpikir untuk mendirikan perusahaan Anda di Indonesia? Hubungi kami untuk konsultasi gratis tentang pendirian perusahaan dan layanan perusahaan lainnya seperti aplikasi visa & izin kerja hari ini!
FAQs
Sama seperti di negara mana pun, ada persyaratan dan kepatuhan yang harus diikuti oleh orang asing untuk menjalankan bisnis di Indonesia. Ini menjadi mudah karena ada banyak penyedia layanan yang dapat membantu Anda dalam hal ini, baik itu layanan perusahaan atau memperoleh visa dan lisensi. Contoh dari penyedia layanan ini adalah perusahaan kami, di sini di Paul Hype Page.
Indonesia adalah negara dengan mayoritas umat Muslim namun bukan merupakan negara Muslim. Meskipun demikian, prinsip-prinsip Islam memang mempengaruhi keputusan politik karena Indonesia memiliki populasi Muslim terbesar di dunia.
Bahasa nasional Indonesia adalah Bahasa Indonesia dan bahasa Jawa juga merupakan salah satu bahasa utama yang paling umum digunakan. Hanya di kota Jakarta dan pusat-pusat wisata seperti Bali bahasa Inggris dituturkan karena ada segudang turis dan orang asing.
Indonesia memiliki ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, sudah ada komunitas bisnis asing yang besar di daerah seperti Bali dan Jakarta karena mereka melihat sejumlah besar wisatawan dan pelancong sepanjang tahun.
Bali adalah pusat wisata yang terkenal di seluruh dunia, terkenal dengan pantainya yang cerah dan pemandangannya untuk dilihat. Jakarta di sisi lain adalah ibu kota negara, menjadi pusat ekonomi, budaya dan keuangan.
Indonesia memiliki pertumbuhan ekonomi yang dilihat oleh banyak orang asing sebagai peluang. Meskipun situasi perjalanan internasional terbatas, industri perjalanan Indonesia masih memiliki potensi karena ribuan pulau yang terdiri dari Indonesia.
Apalagi, sebelum pandemi Covid-19, Indonesia dianggap sebagai tujuan populer bagi wisatawan, terutama di Bali dan Jakarta. Ada banyak perusahaan asing yang didirikan di sana karena banyaknya turis yang bepergian ke sana.