Salah satu langkah awal untuk mendirikan perusahaan di Indonesia adalah dengan memahami berbagai jenis perusahaan di Indonesia. Nama perusahaan sangat penting bagi bisnis karena merupakan pengidentifikasi utama merek. Nama perusahaan yang kuat dan lengket dapat menguntungkan dalam jangka panjang, dalam hal ekuitas merek.

Jenis Perusahaan di Indonesia

Antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), ada lima akronim berbeda yang biasa digunakan dalam pendirian perusahaan di Indonesia.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Badan Usaha Milik Negara (BUMN), adalah badan independen yang sebagian atau seluruhnya dimiliki oleh pemerintah Indonesia. Ada dua jenis utama BUMN:

  • PERUM

    Perusahaan umum (PERUM) dimiliki oleh negara dan difokuskan untuk memaksimalkan keuntungan. Modal perusahaan dimiliki oleh pemerintah dan karyawan di perusahaan tersebut dianggap pegawai negeri.

  • PERSERO

    PERSERO adalah sebuah badan usaha yang modalnya biasa diterima dalam bentuk pembagian atau saham, yang seluruhnya atau sebagian dari kekayaan negara yang dipisahkan. Perusahaan-perusahaan ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan sekaligus menguntungkan publik.

Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)

Di sisi lain, perusahaan milik swasta adalah perusahaan yang didirikan oleh pendiri tunggal atau sekelompok investor swasta. Mereka akan mendapatkan bagian dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan. Ada tiga jenis umum perusahaan milik swasta:

1. Perseroan Terbatas (PT)

Pada daftar jenis umum perusahaan milik swasta, PT berada di urutan teratas dalam daftar itu. Dalam PT, ada persyaratan direktur tetap, minimal dua pemegang saham dan seorang komisaris. Ada dua jenis PT di Indonesia yang patut diperhatikan, yaitu:

  • Perseroan Terbatas Penamanan Model Dalam Negeri ( PT PMDN )
    Perseroan Terbatas Lokal
  • Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing ( PT PMA )
    Perseroan Terbatas Asing

2. Firma (Fa)

Di negara lain, badan usaha ini mewakili kemitraan antara dua atau lebih individu yang melakukan bisnis. Entitas ini dianggap memiliki kemampuan keuangan yang lebih besar serta efisien dalam perusahaan.

3, Komandan Vennootschap (CV)

CV adalah Kemitraan Terbatas yang terdiri dari minimal tetapi tidak terbatas pada, satu mitra pengelola dan satu mitra terbatas di mana mitra pengelola akan mengawasi operasi bisnis sehari-hari dan mitra terbatas adalah yang menyediakan modal untuk bisnis.

Badan Usaha Paling Umum di Indonesia

Ada tiga badan usaha yang paling umum di Indonesia, yaitu:

  • Perusahaan Daerah (PT PMDN)

    Seperti disebutkan di atas, PT PMDN adalah perseroan terbatas lokal dengan kepemilikan lokal 100%. PT PMDN populer karena membutuhkan waktu 3-4 minggu untuk mendirikan perusahaan, waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan waktu 10 minggu untuk mendirikan perusahaan asing. Ini juga memiliki kebutuhan modal yang lebih kecil dibandingkan dengan PT PMA.

  • Perusahaan Penanaman Modal Asing (PT PMA)

    PT PMA adalah perseroan terbatas asing yang dapat memiliki hingga 100% kepemilikan asing tergantung pada bidang usahanya. Mendirikan PT PMA adalah cara legal bagi orang asing untuk menghasilkan pendapatan dan beroperasi di Indonesia.

  • Kantor Perwakilan Perusahaan Asing (KPPA)

    KPPA adalah cara mudah bagi orang asing untuk membangun kehadiran di Indonesia. Ini berfungsi sebagai saluran bagi orang asing untuk terlibat dalam kegiatan promosi, penelitian, dan komunikasi dengan rekan-rekan Indonesia mereka.

    Mereka tidak diperbolehkan untuk menghasilkan pendapatan namun tidak memiliki modal maksimum yang dapat ditahan atau pembatasan dalam hal kepemilikan asing atau bidang usaha.

 Incorporation checker

Cara Memilih Nama Perusahaan di Indonesia

Memilih nama perusahaan akan menjadi langkah pertama mendaftarkan bisnis di Indonesia. Di antara semua kata umum yang digunakan dalam nama perusahaan, berikut adalah beberapa wawasan tentang mereka

Seperti yang diharapkan, ‘Indonesia’ adalah kata yang paling umum dalam nama perusahaan, bersama dengan kata-kata seperti ‘Jaya’ dan ‘Abadi’ yang masing-masing berarti Kemenangan dan Kekal. Serupa dengan negara lain, perusahaan juga biasa diberi nama berdasarkan nama pendirinya.

Ada beberapa persyaratan dalam memilih nama perusahaan PT PMA, yaitu:

  • Minimal 3 kata
  • Tidak bisa menyesatkan
  • Tidak boleh mirip dengan nama entitas atau lembaga pemerintah yang ada
  • Tidak menggunakan kata-kata vulgar
  • Gunakan hanya Alfabet Romawi
  • Tidak ada rangkaian huruf atau angka yang tidak membentuk kata

Cara Mengganti Nama Perusahaan di Indonesia

Mengubah nama perusahaan di Indonesia bukanlah hal yang mustahil. Namun, jika Anda bermaksud mengubah nama perusahaan, Anda akan diminta untuk mendapatkan kartu pajak baru.

Pihak berwenang juga harus menyetujui perubahan di kantor pajak daerah, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia juga. Ini hanya menandakan kertas kerja dan biaya yang datang dengan mengubah nama perusahaan.

Berpikir untuk mendirikan perusahaan Anda di Indonesia? Hubungi kami untuk konsultasi gratis tentang pendirian perusahaan dan layanan perusahaan lainnya seperti aplikasi visa & izin kerja hari ini!

FAQs

Apakah sulit untuk mendirikan perusahaan di Indonesia?2022-04-25T10:46:10+08:00

Sama seperti di negara mana pun, ada persyaratan dan kepatuhan yang harus diikuti oleh orang asing untuk menjalankan bisnis di Indonesia. Ini menjadi mudah karena ada banyak penyedia layanan yang dapat membantu Anda dalam hal ini, baik itu layanan perusahaan atau memperoleh visa dan lisensi. Contoh dari penyedia layanan ini adalah perusahaan kami, di sini di Paul Hype Page. 

 

Apa saja yang perlu diperhatikan dari Indonesia?2022-04-25T10:46:40+08:00

Indonesia adalah negara dengan mayoritas umat Muslim namun bukan merupakan negara Muslim. Meskipun demikian, prinsip-prinsip Islam memang mempengaruhi keputusan politik karena Indonesia memiliki populasi Muslim terbesar di dunia. 

Bahasa nasional Indonesia adalah Bahasa Indonesia dan bahasa Jawa juga merupakan salah satu bahasa utama yang paling umum digunakan. Hanya di kota Jakarta dan pusat-pusat wisata seperti Bali bahasa Inggris dituturkan karena ada segudang turis dan orang asing. 

Mengapa saya harus memasukkan perusahaan saya di Indonesia?2022-04-25T10:46:54+08:00

Indonesia memiliki ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, sudah ada komunitas bisnis asing yang besar di daerah seperti Bali dan Jakarta karena mereka melihat sejumlah besar wisatawan dan pelancong sepanjang tahun. 

Bali adalah pusat wisata yang terkenal di seluruh dunia, terkenal dengan pantainya yang cerah dan pemandangannya untuk dilihat. Jakarta di sisi lain adalah ibu kota negara, menjadi pusat ekonomi, budaya dan keuangan. 

Apakah menguntungkan mendirikan perusahaan di Indonesia?2022-04-25T10:47:10+08:00

Indonesia memiliki pertumbuhan ekonomi yang dilihat oleh banyak orang asing sebagai peluang. Meskipun situasi perjalanan internasional terbatas, industri perjalanan Indonesia masih memiliki potensi karena ribuan pulau yang terdiri dari Indonesia. 

Apalagi, sebelum pandemi Covid-19, Indonesia dianggap sebagai tujuan populer bagi wisatawan, terutama di Bali dan Jakarta. Ada banyak perusahaan asing yang didirikan di sana karena banyaknya turis yang bepergian ke sana. 

2022-04-25T13:37:23+08:00Oktober 27, 2021|

Share This Story, Choose Your Platform!

Join the discussions

Go to Top