Paul Hype Page Logo

Pendirian Perusahaan Elektronik Indonesia

What’s in this article
Can’t find what you’re looking for? Talk to our experts today.
SCHEDULE A CALL >

Kondisi Industri Elektronik Indonesia Saat Ini

Industri elektronika Indonesia telah mengalami masa pertumbuhan yang pesat. Menurut Gabungan Produsen Elektronik Indonesia (Gabel), penjualan produk elektronik di dalam negeri biasanya meningkat sekitar 11% setiap tahun. Di Indonesia, industri elektronik mencakup berbagai subsektor dari semikonduktor hingga elektronik konsumen.

Pada akhir 1990-an, terjadi revolusi dalam industri elektronik negara karena peningkatan kemampuan untuk mencapai efisiensi biaya melalui penggunaan skala ekonomi serta manajemen rantai pasokan. Pertumbuhan produksi elektronik di Indonesia tidak hanya terkait dengan pertumbuhan permintaan elektronik konsumen tetapi juga dengan meningkatnya jumlah aplikasi elektronik untuk produksi manufaktur dan pemrosesan informasi.

Saat membahas industri elektronik di Indonesia, sangat penting untuk diperhatikan pergeseran manufaktur elektronik dari Jepang, Taiwan, Korea Selatan, dan Singapura ke empat negara di Asia Tenggara salah satunya adalah Indonesia. Indonesia telah diuntungkan dengan relokasi pusat manufaktur elektronik dari Jepang, Taiwan, Korea Selatan, dan Singapura. Relokasi ini terutama disebabkan oleh apresiasi mata uang negara-negara tersebut. Faktor lainnya adalah fakta bahwa beberapa negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia mulai mendorong manufaktur elektronik di negara mereka. Negara lain seperti Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Industri Elektronika dan Perekonomian Indonesia

Industri elektronik memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Industri elektronik telah membawa dan diharapkan akan terus membawa manfaat ekonomi yang sangat besar bagi Indonesia jika pertumbuhan dan perkembangannya tidak terhambat. Ekspor produk elektronik merupakan salah satu produk ekspor utama Indonesia yang dapat memberikan kontribusi positif bagi perdagangan internasional Indonesia. Salah satu faktor penting yang mendukung peningkatan ekspor elektronik Indonesia di dunia adalah penurunan tarif internasional yang telah dikenakan terhadap produk elektronik Indonesia.

Namun demikian, industri elektronika Indonesia masih dapat dikembangkan lebih lanjut dengan didukung oleh strategi dan kebijakan pemerintah yang tepat serta partisipasi pemangku kepentingan. Untuk itu, pemerintah harus mengambil langkah-langkah seperti perbaikan iklim investasi, perbaikan infrastruktur, dan mendukung kegiatan penelitian dan pengembangan di industri elektronik. Melalui tindakan tersebut, diharapkan industri elektronik Indonesia tidak hanya semakin berkembang tetapi juga meningkatkan kontribusinya terhadap ekspor serta pertumbuhan ekonomi negara secara umum di masa mendatang.

Televisi memberikan kontribusi terbesar terhadap total penjualan elektronik di Indonesia. Mereka menyumbang sekitar sepertiga dari pasar. Mereka diikuti oleh lemari es dan peralatan listrik besar lainnya seperti AC dan mesin cuci. Penetrasi pasar elektronik dan peralatan rumah tangga masih relatif rendah di banyak daerah di tanah air, namun perluasan gerai ritel yang khusus menjual barang elektronik di seluruh Indonesia telah memungkinkan pertumbuhan industri di masa depan. Saat ini, toko elektronik individu pribadi menjual sebagian besar barang elektronik konsumen dan peralatan yang dibeli di Indonesia.

Merek elektronik lokal menguasai sebagian besar pangsa pasar peralatan kecil. Di Indonesia, peralatan elektronik yang lebih besar terutama dijual oleh merek asing. Mereka biasanya melakukannya melalui usaha patungan dengan produsen lokal yang terutama mengimpor komponen dan kemudian merakit produk di Indonesia untuk pasar lokal dan ekspor. Merek terkenal seperti Toshiba, LG, Sony, Panasonic, dan Samsung telah memantapkan diri di seluruh negeri melalui penggunaan jaringan distribusi serta strategi periklanan yang cerdas dan terencana.

Mengapa Seseorang Harus Memulai Perusahaan Elektronik di Indonesia

Lonjakan terakhir dalam kekayaan industri elektronik Indonesia menjadi alasan kuat bagi seseorang untuk memulai sebuah perusahaan elektronik di negara ini. Banyak pakar bisnis telah memperkirakan peningkatan lebih lanjut dalam pendapatan industri yang telah memantapkan keputusan banyak orang untuk mulai merencanakan perusahaan elektronik di Indonesia. Peningkatan konsumsi barang elektronik di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya menjadi salah satu pendorong utama investasi tersebut. Populasi besar Indonesia serta PDB yang terus meningkat telah menjadi kontributor utama permintaan produk tersebut. Sebagian besar barang elektronik yang dipajang di toko elektronik Indonesia dibuat dari suku cadang impor tetapi dirakit di dalam wilayah Indonesia.

Ketersediaan tenaga kerja yang murah di Indonesia dibandingkan dengan beberapa negara Asia lainnya juga menyebabkan banyak yang tertarik untuk mendirikan perusahaan elektronik di Indonesia. Upah minimum Indonesia ditetapkan di tingkat provinsi dan kabupaten daripada secara nasional. Mereka umumnya cukup tinggi bagi karyawan untuk hidup dari hari ke hari sementara pada saat yang sama tidak terlalu tinggi sehingga membebani pemberi kerja secara signifikan seperti yang sering terjadi di negara-negara lain di kawasan Asia-Pasifik.

Secara umum, permintaan barang elektronik dan peralatan elektronik di Indonesia terus meningkat. Fakta ini menjadikan memasuki sektor elektronik di Indonesia sebagai usaha yang menguntungkan. Pertumbuhan pasar domestik untuk elektronik konsumen tampaknya tidak akan berakhir dalam waktu dekat.

Bagaimana Memulai Perusahaan Elektronik di Indonesia

Untuk mendirikan perusahaan elektronik di Indonesia, sebuah perusahaan harus menyelesaikan tiga tahap. Tahapan tersebut adalah pendirian perusahaan, pembangunan pabrik, dan perolehan izin usaha tetap.

Pendirian Perusahaan

Sebelum perusahaan elektronik yang berbasis di Indonesia dapat didirikan, terlebih dahulu harus mendapatkan izin prinsip dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Ada beberapa poin penting yang tercantum dalam izin prinsip. Salah satunya adalah total investasi yang direncanakan. Ini dilakukan melalui perincian berdasarkan jumlah yang diinvestasikan dalam tanah dan bangunan, mesin, investasi lain, dan modal kerja. Lokasi kantor pusat dan pabrik perusahaan juga akan disebutkan. Dalam kebanyakan kasus, lokasi ini akan terdaftar sebagai tentatif. Produk dan keluaran tahunan serta bagan alir produksi rinci perusahaan juga harus dicantumkan.

Setelah BKPM memberikan izin prinsip, perusahaan selanjutnya akan diminta untuk membuka rekening bank perusahaan untuk kegiatan keuangannya. Mempekerjakan pekerja, baik lokal maupun asing yang telah mendapat persetujuan, juga harus dilakukan. Izin kerja harus dikeluarkan untuk setiap pekerja yang memenuhi syarat yang membutuhkannya, jika memungkinkan.

Jika Anda memerlukan bantuan untuk pendirian perusahaan di Indonesia, kami di Paul Hype Page & Co akan dapat melayani kebutuhan Anda. Pakar inkorporasi kami memahami banyak tentang inkorporasi perusahaan di Indonesia. Oleh karena itu, dengan bekerja sama dengan kami, Anda dapat yakin bahwa pendirian perusahaan baru Anda di Indonesia akan diselesaikan dengan cara yang paling sesuai.

Pembangunan Pabrik

Perusahaan diharuskan mendapatkan lahan untuk pembangunan pabrik. Dalam kasus di mana tanah akan disewakan, perjanjian sewa harus setidaknya selama tiga tahun.

Perusahaan harus memilih kawasan industri atau non-industri. Dalam kebanyakan kasus, kawasan industri lebih aman dan lebih efektif, tetapi kawasan non-industri bisa jauh lebih murah.

Permohonan API-P (Import Identification Number)

Dalam banyak kasus, perusahaan perlu mengimpor mesin dari luar negeri. Setiap perusahaan manufaktur yang berbasis di Indonesia dapat mengajukan permohonan izin impor yang dikenal sebagai API-P yang memungkinkan untuk mengimpor produk apa pun yang diperlukan oleh perusahaan.

Perizinan Terkait Perusahaan Elektronik Indonesia

Memperoleh Izin Usaha

Untuk memperoleh izin usaha, pelaku usaha harus terlebih dahulu memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) dan menyerahkan semua sertifikat yang dipersyaratkan. Sertifikat tersebut dapat berupa izin lokasi, izin lokasi perairan, izin lingkungan, dan izin mendirikan bangunan.

Setelah sertifikat yang diperlukan telah diserahkan, sistem OSS akan secara otomatis menghasilkan izin usaha untuk pemohon. Mereka yang telah mendapat izin usaha dapat memperoleh tanah, mengubah jumlah tanah yang akan digunakan oleh perusahaan, membangun dan mengoperasikan gedung yang akan digunakan oleh perusahaan, pengadaan peralatan dan fasilitas, mempekerjakan karyawan; sertifikasi lengkap atau pengujian kualitas, komisioning efek, dan menghasilkan barang atau jasa.

Memperoleh Lisensi Komersial atau Operasional

Untuk kegiatan usaha dan produk tertentu, pemilik usaha diharuskan untuk memiliki operasional atau komersial sebelum menjual produk di pasar Indonesia.

Izin Usaha Tetap

Jika pemilik bisnis berencana untuk membangun pabrik, proses ini dapat dimulai setelah izin prinsip diterbitkan. Setelah sekurang-kurangnya 80% mesin telah terpasang, namun selambat-lambatnya tiga tahun setelah diterbitkannya izin prinsip, perusahaan yang bersangkutan wajib mengajukan permohonan izin usaha tetap.

Memperoleh izin usaha yang diperlukan di Indonesia tidak selalu merupakan proses yang sederhana. Untungnya bagi Anda, kami di Paul Hype Page & Co selalu bersedia membawa Anda melalui proses ini. Melalui bantuan kami, kami akan memastikan bahwa perusahaan Anda memperoleh semua lisensi yang diperlukan secara sah dan etis. Kami juga akan menghubungi otoritas terkait atas nama Anda jika Anda membutuhkan kami untuk melakukannya untuk Anda.

FAQs

Apa itu jasa audit?2022-07-15T12:12:05+08:00

Layanan audit adalah layanan profesional yang memberikan laporan keuangan yang sesuai dan memastikan bahwa keuangannya teratur sebelum berkomunikasi dengan pemangku kepentingan utama.

Kapan saya harus menyampaikan laporan keuangan yang telah diaudit di Indonesia?2022-07-15T12:11:47+08:00

Laporan keuangan yang telah diaudit harus disampaikan dalam waktu 6 bulan sejak akhir tahun buku.

Berapa lama biasanya waktu audit di Indonesia?2022-07-15T12:11:32+08:00

Bergantung pada volume dan kompleksitas transaksi, audit dapat memakan waktu beberapa minggu atau hingga berbulan-bulan.

Seberapa sering perusahaan perlu diaudit?2022-07-15T12:11:16+08:00

Setiap perusahaan harus memiliki laporan keuangan dan catatan akuntansi yang diaudit setidaknya setahun sekali. Hanya perusahaan yang memenuhi kriteria pengecualian audit yang tidak harus diaudit.

Apa saja standar akuntansi yang digunakan di Indonesia?2022-07-15T10:51:52+08:00

Standar akuntansi di Indonesia adalah Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

Apakah Indonesia menggunakan IFRS?2022-07-15T10:51:37+08:00

Indonesia belum mengadopsi standar IFRS untuk pelaporan oleh perusahaan domestik.

Seberapa sering saya harus melakukan pembukuan saya?2022-07-15T10:51:17+08:00

Tergantung pada volume aktivitas Anda, beberapa perusahaan melakukan akuntansi harian, mingguan, bulanan atau bahkan tahunan. Selama akhir tahun buku perusahaan, ada akurasi yang wajar dicapai dalam menyusun akun untuk pelaporan pajak yang akurat.

Apakah akuntan profesional diperlukan untuk bisnis?2022-07-15T10:51:04+08:00

Sangat dianjurkan bagi setiap bisnis untuk memiliki akuntan profesional untuk mematuhi kepatuhan tahunan dan menghindari hukuman.

Apa sanksi jika tidak melewati batas waktu penyampaian Laporan Keuangan Tahunan di Indonesia?2022-07-15T10:50:47+08:00

Perusahaan yang tidak menyampaikan Laporan Keuangan Tahunan melalui portal Kementerian Perdagangan dapat mengalami konsekuensi sebagai berikut:

  • Peringatan tertulis
  • Pencabutan izin usaha dan/atau operasional perusahaan atau izin komersial
  • Rekomendasi pencabutan izin usaha dan/atau operasional perusahaan atau izin niaga

Peringatan harus dikirim dalam waktu 14 hari, hingga 3 kali.

Bagaimana NPWP di Indonesia?2022-07-15T10:14:41+08:00

Di Indonesia, semua wajib pajak diidentifikasi melalui NPWP. Nomor ini dikeluarkan oleh otoritas di Kantor Pajak. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) di Indonesia juga dikenal sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Apa saja kriteria untuk menjadi perusahaan wajib pajak di Indonesia?2022-07-15T10:14:27+08:00

Kriteria utama bagi suatu perusahaan untuk dianggap sebagai wajib pajak Indonesia adalah memiliki bentuk usaha tetap atau tempat kepengurusan utama di Indonesia. Perusahaan residen Indonesia dikenakan pajak berdasarkan pendapatan yang mereka peroleh di manapun di dunia.

Apakah Indonesia merupakan tax haven?2022-07-15T10:14:12+08:00

Sampai saat ini, Indonesia belum termasuk negara tax haven karena pajaknya tidak serendah negara lain dan ada kewajiban bagi semua orang untuk membayar pajak di negara tersebut. Salah satu surga pajak di Asia Tenggara adalah Singapura.

Apakah Indonesia memiliki PPN?2022-07-15T10:13:58+08:00

Pajak Pertambahan Nilai (PPN) adalah pajak konsumsi yang dikenakan pada setiap tahapan produk baik barang maupun jasa sampai dengan penjualan produk dan dikenakan pajak sebesar 11% di Indonesia. Tarif PPN akan meningkat menjadi 12% pada tahun 2025.

Apakah setiap perusahaan di Indonesia wajib mengangkat sekretaris perusahaan?2022-07-14T15:27:53+08:00

Tidak, hanya perusahaan publik (PT Lokal) yang wajib mengangkat sekretaris perusahaan di Indonesia. Namun, disarankan bagi semua perusahaan untuk menggunakan layanan kesekretariatan perusahaan untuk memastikan bahwa tata kelola administrasi dan perusahaan dipatuhi.

Apa saja persyaratan untuk mendapatkan izin kerja di Indonesia?2022-07-14T14:52:46+08:00

Malaysia Employment (EP) adalah jenis izin kerja yang berlaku hingga 5 tahun, tergantung pada kontrak dan gaji.

Siapa yang dapat mengajukan visa kerja Indonesia?2022-07-14T14:52:32+08:00

Visa kerja Indonesia diterapkan oleh majikan atas nama pekerja asing mereka.

Siapa yang tidak diizinkan untuk mengajukan visa bisnis Indonesia?2022-07-14T14:52:18+08:00

Pemegang paspor Afghanistan, Guinea, Israel, Irak, Korea Utara, Kamerun, Liberia, Nigeria, dan Somalia tidak memenuhi syarat untuk mengajukan visa bisnis Indonesia.

How long does it take to get a work visa in Indonesia?2022-07-14T14:22:04+08:00

The processing time required for a work visa in Indonesia is 2 months on average.

Berapa investasi minimum untuk mendirikan perusahaan PT PMA (swasta terbatas) di Indonesia?2022-07-12T17:07:51+08:00

Jumlah investasi minimum adalah Rp 10 miliar – namun, ini adalah angka kerja yang harus Anda kerjakan dalam 5 tahun dan dirinci dalam rencana investasi Anda. Hubungi kami untuk mendiskusikan hal ini lebih lanjut.

Apa itu Daftar Investasi Positif?2022-07-12T17:08:05+08:00

Daftar Positif Investasi di Indonesia menguraikan industri yang terbuka atau tertutup bagi investor asing. Ada 245 industri yang terbuka dan bisa dipilih oleh investor asing.

Mengapa bisnis mendirikan perusahaan di Indonesia?2022-07-12T17:08:20+08:00

Ada banyak alasan mendirikan perusahaan di Indonesia mulai dari perjanjian perdagangan bebas, kepemilikan tanah oleh asing, pertumbuhan kelas menengah, jumlah penduduk yang besar, hingga insentif investasi.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendaftarkan perusahaan di Indonesia?2022-07-12T17:08:33+08:00

Keseluruhan periode pendirian dan pendaftaran untuk mendirikan perusahaan Indonesia memakan waktu antara 2-3 bulan.

Bisakah orang asing mendaftarkan perusahaan di Indonesia?2022-07-12T17:08:48+08:00

Ya, orang asing dapat mendaftarkan perusahaan di Indonesia. Dalam kebanyakan kasus, mereka akan memilih perusahaan PT PMA (swasta terbatas). Namun, ada beberapa industri yang tidak terbuka untuk investasi asing – ini dapat ditemukan di Daftar Investasi Positif.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendaftarkan perusahaan di Indonesia?2022-05-10T16:31:08+08:00

Proses pendaftaran perusahaan di Indonesia bervariasi berdasarkan kasus per kasus. Namun, berdasarkan pengalaman kami, batas waktu pendirian perusahaan adalah 1-2 bulan.

Berapa tarif pajak badan di Indonesia?2022-05-10T16:30:56+08:00

Tarif pajak badan di Indonesia adalah 20%.

Apa saja jenis entitas yang dapat didirikan seseorang di Indonesia?2022-05-10T16:30:35+08:00

Ada 3 jenis entitas utama untuk dipertimbangkan – Perusahaan PT Lokal, Perusahaan PT PMA (Perusahaan Milik Asing) dan KPPA (Kantor Perwakilan).

Apa itu Daftar Positif Investasi?2022-05-10T16:30:08+08:00

Daftar Positif Investasi adalah daftar sektor terbatas di Indonesia yang tidak dapat diinvestasikan oleh investor asing. Anda dapat merujuk ke daftar di sini.

Bisakah pengusaha asing mendirikan perusahaan di Indonesia?2022-05-10T16:29:41+08:00

Ya, pengusaha asing selalu disambut untuk memulai perusahaan di Indonesia. Namun, mereka harus memperhatikan sektor-sektor yang tidak boleh mereka investasikan di bawah Daftar Investasi Positif.

Which state in Indonesia has the best business opportunities?2022-01-14T18:12:33+08:00

Indonesia has lots to offer, from agriculture, to manufacturing and business. Depending on the industry you are looking at, there are different areas in Indonesia that excels in these areas.  

For example, Surabaya, East Java is popular for foreign investments as it has one of the highest property growths in Indonesia, also ranking top five cities in Asia to invest in.  

Is Indonesia a good place for Expats?2022-01-14T18:12:04+08:00

Although the people are accommodating and welcoming, Indonesia also has a significant expat community especially in the island of Bali and the capital, Jakarta. The cost of living although varying, is still relatively very low compared to the western countries. There are still numerous different redeeming factors such as the entertainment life that is found everywhere in Indonesia as well as the sights the mountains and volcanoes have to offer.  

Why is Indonesia a good place to live?2022-01-14T18:11:33+08:00

The people of Indonesia have a culture of respect, and this makes tourists feel welcomes and equal instead of ostracised by the population. Additionally, if you are a Muslim, Indonesia is a majority Muslim country but is not a Muslim country per say. It is easy to find mosques and a very large Muslim community wherever you go.  

Is Indonesia a good destination for business?2022-01-14T18:10:10+08:00

Indonesia has a lot to offer, from their low cost of living to the attractiveness it holds to tourists with their myriad amount of islands. Indonesia is also 73rd worldwide when it comes to boing business, this is attractive to foreign investors who are looking to expand their business.  

Is English taught in Indonesia?2022-01-14T17:53:00+08:00

Indonesia is the only country in Southeast Asia that has not made English a compulsory subject at elementary level. 

Where is Indonesia ranked in education?2022-01-14T17:51:37+08:00

Indonesia’s average ranking across the three subjects is 65th out of 69 countries. Inequality and school performance remain an issue in Indonesia. The percentage of low performers in science among disadvantaged students is among the highest globally. 

What is the main culture of Indonesia?2022-01-14T17:29:30+08:00

Indonesia is centrally located along ancient trading routes between the Far East, South Asia and the Middle East, resulting in many cultural practices being strongly influenced by a multitude of religions, including Buddhism, Christianity, Confucianism, Hinduism, and Islam, all strong in the major trading cities. 

What is the safest city in Indonesia?2022-01-14T17:29:09+08:00

In Indonesia, thanks to incredibly friendly locals and a laid-back vibe. Although it may look tiny on the map, Bali is actually quite a large island with many different areas to explore 

Is Indonesia a good place for expats?2022-01-14T17:28:40+08:00

However, even though it is difficult to process documents in the archipelago, the country itself is affordable for expats. Additionally, entertainment and leisure are pretty much everywhere. 

Is Indonesia easy to immigrate to?2022-01-14T17:25:23+08:00

Applying for and acquiring a visa to Indonesia is a simple process, except for work visas, which are quite difficult to obtain. Expats can obtain several types of visas that dictate how long they can stay in the country and how much they pay for them. 

At what age can you get a driving license?2022-01-14T16:53:21+08:00

The current minimum driving age is 18 years, but people are allowed to apply for driving licenses at the age of 17 years and six months so they can obtain their license when they turn 18 

Do I need an international driving permit for Indonesia?2022-01-14T16:52:49+08:00

You can drive using an International Driving Permit issued in Indonesia. … Before driving, riding or hiring any type of vehicle, ensure that you have the appropriate license to do so, and check with your travel insurance company to confirm that you’re covered. 

How do I get a driver’s license in Indonesia?2022-01-14T16:51:56+08:00

The Indonesian driving license is issued by the Indonesian National Police (Polri). The general requirements for a license in Indonesia are to be at least 17 years old (for A-class; different age requirement exist for each class), pass the theory test, and pass the practical test. 

Can foreigners drive in Indonesia?2022-01-14T16:51:04+08:00

Foreigners are issued driver’s licenses valid for one year from the date of issuance. Foreigners are only permitted to obtain Class A licenses (private cars) or Class C licenses (motorcycles). Diplomats and KITAP holders can get a 5-year driver’s license.  

Does Indonesia get snow?2022-01-10T12:11:12+08:00

Indonesia experiences warm weather and does not have a winter season. The temperature is not low enough for snow formation. It is unlikely you will find snow anywhere else other than the mountain peaks in Papua Island. 

Is Indonesia hotter than Philippines?2022-01-10T12:10:35+08:00

Much of Indonesia is very close to the equator and quite tropical. From March to May, Philippines is the hottest and from June to October it is usually the wettest period. The coolest months are from November to February. 

What is the coolest month in Indonesia?2022-01-10T12:07:27+08:00

The coldest months (with the lowest average sea temperature) are January and February (28°C). 

What is the average temperature in Indonesia?2022-01-10T12:05:40+08:00

The coastal plains averaging 28 °C, the inland and mountain areas averaging 26 °C, and the higher mountain regions, 23 °C. 

Siapa yang bisa menjadi pemegang saham di Indonesia?2022-06-20T14:37:52+08:00

Salah satu dari berikut ini dapat menjadi pemegang saham di sebuah perusahaan di Indonesia:

  • Seorang individu;
  • Perusahaan;
  • Sebuah yayasan

Peraturan sebelumnya mewajibkan perusahaan di Indonesia memiliki minimal dua pemegang saham. Namun, dengan adanya Omnibus Law, sekarang dimungkinkan untuk memiliki satu pemegang saham untuk sebuah perusahaan kecil.

Bagaimana struktur perusahaan di Indonesia?2022-06-20T14:38:18+08:00

Sebagaimana dinyatakan dalam Hukum Perseroan Terbatas, struktur perusahaan perseroan terbatas terdiri dari:

  • Pemegang saham
  • Dewan Komisaris
  • Jajaran direktur

Pemegang saham memiliki perusahaan. Sementara itu, komisaris dan direktur mengawasi berbagai bidang bisnis. Kami akan membahas peran ini secara lebih rinci di bawah ini.

Apa yang dimaksud dengan komisaris dalam sebuah perusahaan?2022-06-20T14:38:33+08:00

Peran Dewan Komisaris secara bersama-sama melakukan pengawasan terhadap jalannya Perseroan, memberikan masukan mengenai kebijakan-kebijakan pengelolaan Perseroan yang dibuat oleh Direksi. Dewan Komisaris terus memantau efektivitas kebijakan Perusahaan.

Apa peran seorang komisaris?2022-06-20T14:38:44+08:00

Dewan komisaris tidak hanya menetapkan kebijakan tetapi juga bertanggung jawab atas pelaksanaannya. Komisaris adalah kepala eksekutif organisasi daerah. Peran eksekutif seorang komisaris sangat bervariasi dari satu daerah ke daerah lainnya

Apakah perusahaan yang bubar sama dengan likuidasi?2022-07-19T16:07:51+08:00

Likuidasi berarti penutupan formal oleh likuidator ketika masih ada aset dan kewajiban yang harus diselesaikan. Pembubaran sebuah perusahaan adalah di mana bisnis tersebut dicoret dari daftar di Companies House karena sekarang tidak aktif. 

Apa yang terjadi dengan direktur perusahaan yang dibubarkan?2022-07-19T16:08:04+08:00

Begitu sebuah perusahaan masuk ke likuidasi, kreditur yang memegang jaminan pribadi akan mengejar direktur untuk membayar hutang perusahaan yang belum dibayar. Kreditur yang hampir selalu memiliki jaminan pribadi termasuk, bank pembiayaan, pemilik, dan pemasok utama. 

Kapan perusahaan harus bubar?2022-07-19T16:08:16+08:00

Jika Anda telah menjalankan bisnis sebagai korporasi atau perseroan terbatas, Anda harus secara resmi membubarkan entitas Anda sehingga Anda tidak lagi bertanggung jawab atas pajak atau pengajuan bisnis di negara bagian Anda. Membubarkan bisnis Anda secara resmi juga memberi tahu kreditur bahwa entitas Anda tidak dapat lagi menanggung hutang bisnis. 

Apa yang terjadi jika perusahaan saya dibubarkan?2022-07-19T16:08:29+08:00

Ketika Anda membubarkan sebuah perseroan terbatas, baik melalui Likuidasi Sukarela Anggota (MVL) atau pemogokan sukarela, setiap hutang yang masih terutang harus dilunasi. Likuidasi Sukarela Anggota dikelola oleh praktisi kepailitan berlisensi (IP) yang memastikan bahwa kreditur dilunasi secara penuh. 

Seperti apa perekonomian di Indonesia?2022-06-22T17:42:56+08:00

Indonesia memiliki ekonomi berbasis pasar di mana pemerintah memainkan peran penting, termasuk mengatur harga beberapa barang pokok seperti bahan bakar, beras dan listrik. Dalam hal nilai tambah, sektor industri menyumbang 40 persen dari PDB pada tahun 2015. 

Apa Penyebab Korupsi di Indonesia?2022-06-22T17:43:09+08:00

Dalam kasus Indonesia, korupsi di negara ini kemungkinan akan difasilitasi oleh sejumlah faktor, seperti sejumlah besar sumber daya publik yang berasal dari sumber daya alam, kepentingan pribadi dan jaringan yang terhubung secara politik, pegawai negeri yang dibayar rendah, kualitas peraturan yang rendah, dan independensi peradilan yang lemah. 

Seperti Apa Indeks Korupsi Indonesia?2022-06-22T17:43:18+08:00

Indeks Persepsi Korupsi 2020 Transparency International menempatkan negara itu di peringkat 102 dari 180 negara, turun dari 96 tahun sebelumnya. Ada dua bidang utama di sektor publik di mana korupsi di Indonesia dapat ditemukan. 

Apakah bisnis Indonesia itu mudah?2022-06-22T17:43:50+08:00

Indonesia bukanlah tempat termudah untuk memulai suatu usaha atau, secara umum, untuk menjalankan bisnis. Hal ini tercermin dari indeks Doing Business 2018 Bank Dunia di mana negara ini menempati peringkat ke-72. 

Apakah Indonesia termasuk negara berkembang?2022-06-20T16:03:18+08:00

Perekonomian Indonesia adalah yang terbesar di Asia Tenggara dan merupakan salah satu ekonomi pasar berkembang di dunia. Ini adalah ekonomi terbesar ke-15 di dunia berdasarkan PDB nominal dan terbesar ke-7 dalam hal PDB (PPP). 

Apa saja peluang bisnis di Indonesia untuk penanaman modal asing langsung?2022-06-20T16:03:42+08:00

Inilah 4 Peluang Bisnis yang Muncul di Indonesia

 

  • Bisnis e-commerce
  • Industri perjalanan
  • Manufaktur
  • Infrastruktur
Mengapa Indonesia bagus untuk bisnis internasional?2022-06-20T16:03:57+08:00

Indonesia adalah negara demokrasi yang berkembang dengan otonomi daerah yang signifikan. Itu terletak di salah satu rute perdagangan utama dunia dan memiliki kekayaan sumber daya alam yang luas yang tersebar di wilayah seukuran Amerika Serikat dan terdiri dari lebih dari 17.000 pulau. Ini adalah pasar sepuluh besar untuk produk pertanian AS. 

Bisakah perusahaan asing melakukan bisnis di Indonesia?2022-06-20T16:04:11+08:00

Badan hukum yang melaluinya orang asing, perusahaan asing, atau badan pemerintah asing dapat menjalankan bisnis di Indonesia (artinya menghasilkan aliran pendapatan dan keuntungan) adalah PT PMA. Pendirian PT PMA diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UU Perseroan Terbatas). 

Bisakah saya mengakses perbankan online dari luar negeri?2022-06-20T17:36:48+08:00

Anda dapat menggunakan layanan ini di sebagian besar negara, tetapi beberapa tidak mengizinkan data terenkripsi dikirim melalui jaringan telepon umum. 

Bisakah saya membuka rekening bank online di Indonesia?2022-06-20T17:37:01+08:00

Sayangnya, sebagian besar bank di Indonesia tidak mengizinkan Anda untuk menyelesaikan proses pembukaan rekening bank online dari negara lain. Anda mungkin dapat memulai prosesnya dengan mengunduh atau melengkapi formulir aplikasi online. 

Bagaimana Anda membagi kepemilikan bisnis?2022-06-20T15:31:29+08:00

Para pendiri harus memiliki sekitar 50% dari total perusahaan. Masing-masing dari lima lapisan berikutnya harus berakhir dengan sekitar 10% dari perusahaan, dibagi rata di antara semua orang di lapisan. 

Apa yang terjadi ketika sebuah perusahaan mengubah kepemilikan?2022-06-20T15:31:40+08:00

Jika bisnis memiliki perubahan besar dalam kepemilikan, (penjualan bisnis, misalnya), bagian dari persyaratan penjualan dapat berupa pengalihan kontrak kepada pemilik baru. Sebagai bagian dari proses jual/beli, kontrak baru dapat menggantikan kontrak sebelumnya, dengan persetujuan kedua belah pihak. 

Apa itu perjanjian pengalihan bisnis?2022-06-20T15:31:55+08:00

Perjanjian Pengalihan Bisnis (“BTA”) disusun untuk memberikan efek penjualan komprehensif aset dan kewajiban dari satu entitas ke entitas lain. Ini dalam bentuk perjanjian pembelian dan pemindahan kepemilikan di mana rincian mengenai penjualan bisnis dan asetnya ditangkap. 

Apakah kepemilikan korporasi dapat dialihkan?2022-06-20T15:37:49+08:00

Kepemilikan dalam suatu korporasi dialihkan melalui penjualan saham. Perubahan kepemilikan tidak mempengaruhi keberadaan entitas perusahaan. Secara teknis, saham dalam suatu perusahaan dapat dipindahtangankan secara bebas. 

Asuransi apa yang harus dimiliki bisnis?2022-06-21T11:36:15+08:00

Pemerintah federal mengharuskan setiap bisnis dengan karyawan untuk memiliki kompensasi pekerja, pengangguran, dan asuransi cacat. Beberapa negara bagian juga memerlukan asuransi tambahan. Undang-undang yang mewajibkan asuransi berbeda-beda di setiap negara bagian, jadi kunjungi situs web negara bagian Anda untuk mengetahui persyaratan bisnis Anda.

Apa itu kebijakan modal kerja?2022-06-21T16:12:19+08:00

Kebijakan modal kerja bertujuan untuk memberikan pinjaman modal kerja murah kepada UMKM dalam bentuk deposito atau giro yang bekerja sama dengan bank umum. 

Pemerintah menganggarkan dana Rp 30 juta selama enam bulan untuk mempercepat pemberian kredit kepada UMKM khususnya industri padat karya. 

Bagaimana cara mendaftar dan mendaftar untuk hibah?2022-06-21T16:12:36+08:00

Langkah 1: Biasakan diri Anda dengan siklus hibah dan tentukan kelayakan Anda untuk peluang hibah.

Langkah 2: Cari hibah khusus yang akan Anda ajukan

Langkah 3: Setelah sosialisasi, siapkan daftar persyaratan pelaporan untuk mematuhi norma pemberian.

Langkah 4: Isi formulir dan ajukan hibah yang sesuai.

Langkah 5: Selesaikan proses registrasi, submit dan tunggu update dari pemerintah

Bagaimana angel investor dibayar?2022-06-22T14:55:22+08:00

Dari bunga, Biasanya investor menghasilkan uang dari persentase perusahaan yang mereka miliki — misalnya, mengambil 1% dari harga jual jika mereka memiliki 1%. 

Siapa contoh angel investor?2022-06-22T14:55:33+08:00

Misalnya, pada tahun 2013, angel investor Paul Buchheit dan Jeff Clavier termasuk di antara mereka yang terdaftar oleh Forbes karena memberikan pijakan bagi banyak startup yang sukses. Sebagai bagian dari perusahaan, Paul telah berinvestasi di sekitar 61 perusahaan seperti Reddit, Dropbox, dan Airbnb. 

Apakah angel investor kaya?2022-06-22T14:55:45+08:00

Angel investor juga disebut investor informal, angel funder, investor swasta, investor benih atau malaikat bisnis. Ini adalah individu, biasanya kaya, yang menyuntikkan modal untuk startup dengan imbalan ekuitas kepemilikan atau utang konversi. 

Berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk menjadi angel investor?2022-06-22T14:55:56+08:00

Apa itu angel investor? Angel investor biasanya adalah orang-orang dengan kekayaan bersih tinggi yang mendanai startup atau bisnis tahap awal. Banyak investor terakreditasi dengan kekayaan bersih minimal $1 juta atau setidaknya $200.000 dalam pendapatan tahunan. 

What is halal certification in Indonesia?2021-12-24T13:52:11+08:00

The halal certification process establishes if a product adheres to the Islamic law,” halal,” or if they contain pork or deviate from the Islamic law, “haram.” The Halal Product Guarantee Agency or Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) oversees all halal certification processes. 

Is Halal certification mandatory?2021-12-24T13:52:06+08:00

Under new rules, meat from India no longer needs to be certified halal – following Muslim rules – before it is exported. 

Does halal mean no pork?2021-12-24T13:51:55+08:00

According to the Muslims in Dietetics and Nutrition, a member group of the Academy of Nutrition and Dietetics, Halal food can never contain pork or pork products (that includes gelatin and shortenings), or any alcohol. 

Are Indonesian products Halal?2021-12-24T13:50:38+08:00

Both Government Regulation 31/2019 and 39/2021 were enacted as part of Indonesia’s mandatory halal product certification scheme, covering a broad range of halal-related matters, including food, beverages, drugs, cosmetics, chemical and biological products, and other products. 

Bisakah orang asing berbisnis di Indonesia?2022-07-18T13:31:11+08:00

Agar investor asing dapat menjalankan bisnis yang sukses di Indonesia, badan hukum yang dikenal sebagai perusahaan milik asing, atau PT PMA harus didirikan. Atau, orang asing dapat memilih kantor perwakilan! 

Mengapa Indonesia bagus untuk bisnis internasional?2022-07-18T13:31:23+08:00

Indonesia adalah negara demokrasi yang berkembang dengan otonomi daerah yang signifikan. Terletak di salah satu rute perdagangan utama dunia dan memiliki kekayaan sumber daya alam yang luas yang tersebar di wilayah seluas Amerika Serikat dan terdiri dari lebih dari 17.000 pulau. Ini adalah pasar sepuluh besar untuk produk pertanian AS. 

Apakah mudah berbisnis di Indonesia?2022-07-18T13:31:34+08:00

Indonesia menempati peringkat ke-73. Negara tersebut mengalami peningkatan sebesar 1,42 poin, namun peningkatan tersebut lebih rendah dibandingkan tahun lalu yang skornya meningkat 2,25 poin menjadi 66,54. 

Berapa biaya untuk memulai bisnis di Indonesia?2022-07-18T13:31:45+08:00

Investasi minimum untuk perusahaan FDI adalah di atas Rp 10 miliar (tidak termasuk biaya tanah dan bangunan), sedangkan modal disetor dan ditempatkan minimum adalah Rp 2,5 miliar. 

Bagaimana Indonesia memperlakukan pendapatan dividen?2022-06-22T14:36:24+08:00

Dividen yang diterima dari perseroan terbatas Indonesia dikenakan pajak penghasilan final dengan tarif 10%. Namun menjadi tidak kena pajak jika penerimanya adalah Wajib Pajak orang pribadi dalam negeri yang dividennya ditanamkan kembali di Indonesia dalam jangka waktu tertentu. 

Apakah dividen dibayarkan secara otomatis?2022-06-22T14:36:36+08:00

Untuk meringkas: Dewan perusahaan mengumumkan dividen, yang akan dibayarkan pada tanggal tertentu kepada pemegang saham yang tercatat pada tanggal sebelumnya. Untuk menjadi salah satu pemegang saham yang tercatat, Anda harus membeli atau sudah memiliki saham sebelum tanggal ex-div, yaitu hari kerja sebelum tanggal pencatatan. 

Bagaimana pembayaran dividen dibayarkan?2022-06-22T14:36:52+08:00

Dividen biasanya dibayarkan dalam bentuk cek dividen 

Apakah penghasilan dividen kena pajak di Indonesia?2022-06-22T14:37:04+08:00

Badan WP DN dengan kepemilikan kurang dari 25% (<25%) dikenakan pajak penghasilan biasa, kecuali mereka menanamkan modalnya kembali di Indonesia dalam jangka waktu tertentu. 

How corrupt is Indonesia?2021-12-23T11:54:46+08:00

Transparency International’s 2020 Corruption Perception Index ranks the country 102 place out of 180 countries, dropped from 96 the previous year. There are two key areas in the public sector in which corruption in Indonesia can be found. 

How does government stability affect business?2021-12-23T11:54:24+08:00

The stability of a political system can affect the appeal of a particular local market. Government’s view business organisations as a critical vehicle for social reform. Governments pass legislation, which impacts the relationship between the firm and its customers, suppliers, and other companies. 

Why is it difficult to do business in Indonesia?2021-12-23T11:54:04+08:00

What are the primary challenges for businesses in Indonesia? The primary challenges in doing business include a complex market, business culture, the persistence of corruption, bureaucratic inefficiency, elaborate tax system, and mobile-only population. 

How stable is the political environment in Indonesia?2021-12-23T11:53:18+08:00

The Indonesia Political Stability index is at -2.5 weak; 2.5 strong. 

Apa itu perusahaan modal ventura?2022-06-22T15:16:03+08:00

Modal ventura (VC) adalah bentuk investasi untuk bisnis inovatif tahap awal dengan potensi pertumbuhan yang kuat. 

Bisakah saya membuat Perusahaan LTD saya tidak aktif?2022-06-22T14:04:27+08:00

Pertama-tama Anda harus memberi tahu kantor Pajak Perusahaan, klien, dan agen Anda bahwa Anda tidak akan lagi berdagang. Anda juga harus mengejar faktur yang belum dibayar dan menyiapkan akun akhir hingga akhir tahun keuangan seperti biasanya. 

Bisakah perusahaan yang tidak aktif memiliki rekening bank?2022-06-22T14:04:45+08:00

Perusahaan non-perdagangan (tidak aktif) tidak memerlukan rekening bank karena tidak ada uang yang dikeluarkan atau dihasilkan oleh bisnis; oleh karena itu, tidak ada transaksi keuangan yang memerlukan entri dalam rekening perusahaan. 

Berapa lama perusahaan bisa tidak aktif?2022-06-22T14:05:00+08:00

Karena perusahaan dapat tetap tidak aktif tanpa batas selama memenuhi persyaratan tertentu, Anda dapat mengatur perusahaan beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelum mulai berdagang. 

Apa yang dimaksud dengan perusahaan yang tidak aktif?2022-06-22T14:05:13+08:00

Dalam bahasa umum, kata “Dormant” berarti tidak aktif atau tidak beroperasi. Perusahaan yang tidak aktif adalah peluang bagus untuk memulai perusahaan untuk proyek masa depan atau memegang aset/kekayaan intelektual tanpa memiliki transaksi akuntansi yang signifikan. 

What is NIB Indonesia?2021-12-09T11:46:05+08:00

A Business Identification Number or Nomor Induk Berusaha (NIB) is a number required to start a business in Indonesia. 

Apakah Indonesia bagian dari perjanjian perdagangan?2022-06-21T12:03:21+08:00

Indonesia adalah anggota dari pengaturan perdagangan bebas antara sepuluh negara anggota ASEAN dan Cina. 

Berapa lama merek dagang berlaku?2022-06-21T16:44:34+08:00

10 tahun. Bagaimana cara memperbarui Merek Dagang? 

Sebuah merek dagang terdaftar hanya berlaku selama 10 tahun, setelah itu perlu diperbarui. Pencatat merek dagang akan mengirimi Anda surat pengingat berakhirnya merek dagang 6 bulan sebelum kedaluwarsa 

What is the main business in Indonesia?2021-12-07T10:04:29+08:00

The main business activity in Indonesia is the exporting goods such as palm oil, liquefied natural gas, machinery, steel, metal, textiles products, footwear products, automobiles, transportation products, chemicals products, wooden products, plastics. 

Can foreigners do business in Indonesia?2021-12-07T10:04:11+08:00

For foreign investors to run a successful business in Indonesia, a legal entity known as foreign-owned company, or PT PMA must be established. Alternatively, foreigners can opt for representative offices or Special Purpose Vehicle (SPV). 

Is it easy to do business Indonesia?2021-12-07T10:03:56+08:00

Indonesia is not the easiest place to start an enterprise or, generally, to conduct business. This is reflected by the World Bank’s Doing Business 2018 index in which the country ranks 72nd. However, with the help of an incorporation specialist like Paul Hype Page, incorporation can be a simple process as we handle the work for you! 

What is the most profitable business in Indonesia?2021-12-07T09:58:51+08:00

Some of the most profitable businesses in Indonesia include, among others:

  • Manufacturing
  • Leisure and Tourism
  • Mining and Energy
  • Infrastructure
  • Maritime, Shipping, and Ports Industry
Apakah sulit mendirikan perusahaan di Indonesia?2022-04-26T12:43:11+08:00

Indonesia mengizinkan orang asing untuk mendirikan perseroan terbatas asing dengan kepemilikan hingga 100%, meskipun ada beberapa persyaratan dan kepatuhan yang harus diikuti, itu menjadi mudah karena ada banyak penyedia layanan yang dapat membantu dalam hal ini, seperti perusahaan kami Paul Hype Page.

Negara bagian mana di Indonesia yang memiliki peluang bisnis terbaik?2022-04-26T12:43:28+08:00

Indonesia memiliki banyak hal untuk ditawarkan, mulai dari pertanian, hingga manufaktur dan bisnis. Tergantung pada industri yang Anda lihat, ada berbagai daerah di Indonesia yang unggul di bidang ini.

Misalnya, Surabaya, Jawa Timur populer untuk investasi asing karena memiliki salah satu pertumbuhan properti tertinggi di Indonesia, juga peringkat lima kota teratas di Asia untuk berinvestasi.

Jika saya bekerja di Indonesia, apakah saya bisa membawa keluarga saya ke Indonesia untuk tinggal di sana bersama saya?2022-04-26T12:43:49+08:00

Untuk bekerja di Indonesia, seorang pekerja asing perlu mendapatkan izin kerja. Pemegang izin kerja kemudian memenuhi syarat untuk mengajukan visa tanggungan, untuk tanggungan mereka yang meliputi pasangan dan anak-anak mereka jika mereka berniat untuk tinggal di Indonesia.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk penutupan total sebuah perusahaan di Indonesia?2022-04-26T12:44:04+08:00

Sebagai perkiraan, dibutuhkan sekitar satu tahun hingga satu setengah tahun untuk menyelesaikan penutupan perusahaan di Indonesia secara penuh karena pencabutan izin dan nomor pokok wajib pajak membutuhkan waktu sekitar 180 hari kerja untuk menyelesaikannya.

Apakah pemilik bisnis berhak menolak layanan?2022-04-29T10:11:17+08:00

Di bawah undang-undang anti-diskriminasi federal, bisnis dapat menolak layanan kepada siapa pun dengan alasan apa pun, kecuali jika bisnis mendiskriminasi kelas yang dilindungi. Di tingkat nasional, kelas yang dilindungi termasuk, Ras atau warna kulit, kewarganegaraan atau status kewarganegaraan. 

Apa batasan bank?2022-04-26T12:30:15+08:00

Arti Akun Terbatas. Rekening bank dapat dibatasi dengan berbagai cara. Bank mungkin membatasi berapa banyak transaksi yang dapat Anda lakukan, termasuk melakukan penarikan, menulis cek, dan melakukan setoran. Bisnis dan organisasi nirlaba mungkin membatasi siapa yang dapat menggunakan akun mereka atau untuk apa uang itu digunakan.

Siapa yang mengatur bank-bank di Indonesia?2022-04-26T12:30:32+08:00

OJK. Bisnis perbankan Indonesia dianggap sangat diatur dan diawasi oleh OJK. Untuk bank umum, OJK melalui Peraturan OJK No. 6/POJK.

Bisakah saya mempekerjakan karyawan asing untuk perusahaan saya di Indonesia?2022-04-26T12:11:40+08:00

Tergantung pada sifat bisnis Anda, mempekerjakan karyawan asing untuk perusahaan Anda di Indonesia sebagian besar dapat diterima. Adalah bijaksana untuk membaca dan mendidik diri sendiri mengenai pedoman dan persyaratan untuk melakukannya. Jika Anda membutuhkan bantuan, Anda dapat menghubungi Paul Hype Page untuk membantu Anda mengajukan permohonan izin kerja atau visa.

Apa perjanjian wajib untuk kemitraan?2022-04-28T15:26:01+08:00

Perjanjian Kemitraan harus secara jelas menyebutkan nama perusahaan kemitraan, nama-nama mitra, modal yang akan disumbangkan oleh masing-masing mitra, rasio bagi hasil antara mitra, bisnis kemitraan, tugas, hak, kekuasaan dan kewajiban masing-masing mitra dan dokumen terkait lainnya. 

Negara bagian mana di Indonesia yang memiliki peluang bisnis terbaik?2022-04-28T12:14:51+08:00

Indonesia memiliki banyak hal untuk ditawarkan, mulai dari pertanian, hingga manufaktur dan bisnis. Tergantung pada industri yang Anda lihat, ada berbagai daerah di Indonesia yang unggul di bidang ini. 

Misalnya, Surabaya, Jawa Timur populer untuk investasi asing karena memiliki salah satu pertumbuhan properti tertinggi di Indonesia, juga peringkat lima kota teratas di Asia untuk berinvestasi. 

Jika saya bekerja di Indonesia, apakah saya bisa membawa keluarga saya ke Indonesia untuk tinggal di sana bersama saya?2022-04-28T12:15:04+08:00

Untuk bekerja di Indonesia, seorang pekerja asing perlu mendapatkan izin kerja. Pemegang izin kerja kemudian memenuhi syarat untuk mengajukan visa tanggungan untuk tanggungan mereka yang meliputi pasangan dan anak-anak mereka jika mereka berniat untuk tinggal di Indonesia. 

Berapa biaya untuk memulai bisnis di Indonesia?2022-04-27T09:16:04+08:00

Perusahaan Indonesia menetapkan biaya di Tahun 1 berjumlah US$4.250 dan biaya tahunan perusahaan di Tahun 2 dan setelahnya berjumlah US$2.300. Total biaya rata-rata per keterlibatan pembentukan perusahaan Indonesia berjumlah US$19.440 termasuk pendirian perusahaan, sekretaris perusahaan, pendaftaran Pemerintah dan rekening bank perusahaan. 

Apakah LLC benar-benar melindungi Anda?2022-04-27T09:16:29+08:00

Tanggung Jawab Pribadi untuk Tindakan oleh Pemilik dan Karyawan LLC. Di semua negara bagian, memiliki LLC akan melindungi pemilik dari tanggung jawab pribadi atas kesalahan apa pun yang dilakukan oleh pemilik bersama atau karyawan LLC selama menjalankan bisnis. 

Jenis bisnis apa yang ada di Indonesia?2022-04-27T09:16:42+08:00

Perusahaan lokal, atau PT PMDN dalam Bahasa Indonesia, adalah bentuk badan usaha yang paling umum di Indonesia. 

Apa itu hukum perusahaan Peraturan apa yang mengatur hukum perusahaan di Indonesia?2022-04-27T09:16:55+08:00

Undang-Undang Perseroan Terbatas (UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas) mengatur bagaimana perusahaan menjalankan perusahaannya di Indonesia 

Bisakah perusahaan memiliki tanah di Indonesia?2022-04-29T17:07:57+08:00

Warga negara Indonesia dapat memiliki hak-hak ini, seperti halnya badan hukum (seperti PT/Perseroan Terbatas) yang didirikan berdasarkan hukum Indonesia dan berkedudukan di Indonesia, baik untuk 100 persen milik asing, usaha patungan atau 100 persen milik perusahaan Indonesia. 

Apa itu layanan sekretaris perusahaan?2022-04-26T11:59:24+08:00

Menjaga, memelihara, dan memutakhirkan buku-buku dan register-register perundang-undangan. Memberikan bantuan dengan pemahaman & kepatuhan dengan Undang-Undang Perusahaan. Pengingat dari berbagai tenggat waktu kepatuhan hukum. 

Apa tanggung jawab utama yang dituntut dari Sekretaris Perusahaan?2022-04-26T11:59:53+08:00

Kualitas yang diinginkan dari sekretaris perusahaan meliputi:

  • Mengetahui dan memahami ketentuan Memorandum dan Anggaran Dasar perusahaan.
  • Jadilah fasih dan sesuai dengan badan hukum dan peraturan yang berbeda.
  • Memastikan prosedur yang benar diikuti dan ditaati sesuai dengan Memorandum dan Anggaran Dasar Perusahaan (M&A) dan Companies Act, 2016.
  • Memberi nasihat kepada dewan dan memastikan kepentingan dewan dan perusahaan selalu diperhatikan.
Apa keahlian utama yang harus dimiliki Sekretaris Perusahaan?2022-04-26T12:00:13+08:00
  • Keahlian untuk hukum Perusahaan
  • Kemampuan berkomunikasi
  • Kepatuhan
  • Manajemen Waktu & Multi-Tugas
  • Perhatian terhadap detail
  • Perencanaan yang Teliti
Apakah semua perusahaan wajib memiliki sekretaris perusahaan?2022-04-26T12:00:28+08:00

Perusahaan swasta tidak wajib mengangkat sekretaris perusahaan di Indonesia. Namun, itu wajib bagi perusahaan publik. 

Apakah impor paralel legal di Indonesia?2022-04-26T17:41:13+08:00

Di bidang hak cipta, Hong Kong, Taiwan, dan Indonesia, misalnya, melarang impor paralel sedangkan Singapura dan Malaysia mengizinkan praktik tersebut.

Mengapa perusahaan Indonesia memulai dengan PT?2022-04-26T11:45:38+08:00

PT adalah singkatan dari Perseroan Terbatas yang artinya Perseroan Terbatas. Oleh karena itu, semua nama perusahaan di Indonesia harus diawali dengan “PT” setelah disetujui. Nama resmi yang diawali dengan PT ini akan digunakan dalam semua izin, lisensi dan transaksi yang dimiliki perusahaan.

Apakah audit wajib di Indonesia?2022-04-28T13:04:26+08:00

UUPT mengamanatkan bahwa laporan keuangan perseroan terbatas harus diaudit oleh akuntan publik yang terdaftar di Indonesia jika memenuhi setidaknya satu dari kriteria berikut:

  • Perusahaan dengan aset melebihi 50 miliar rupiah (US$3,6 juta);
  • Perusahaan publik;
  • Perusahaan yang menerbitkan instrumen utang;
  • Perusahaan tersebut merupakan badan usaha milik negara; atau
  • Perusahaan menghimpun atau mengelola dana masyarakat (seperti bank dan perusahaan asuransi).
Apa itu regulasi Indonesia?2022-04-28T13:04:40+08:00

Di Indonesia, peraturan daerah (bahasa Indonesia: peraturan daerah atau perda) adalah peraturan yang disahkan oleh pemerintah daerah Indonesia dan memiliki kekuatan hukum di daerah tersebut. 

Apa arti PT bagi perusahaan Indonesia?2022-04-26T16:29:07+08:00

“PT” secara sederhana berarti perseroan terbatas. Itu sebabnya Anda hampir selalu melihat nama perusahaan Indonesia dimulai dengan “PT.”. Ini hanya mengacu pada status tanggung jawab terbatas mereka. 

Apa yang dimaksud dengan perseroan terbatas dalam bisnis?2022-04-26T16:29:22+08:00

Perseroan Terbatas (LLC) adalah struktur bisnis yang diizinkan oleh undang-undang negara bagian. Sebagian besar negara bagian tidak membatasi kepemilikan, sehingga anggota dapat mencakup individu, perusahaan, LLC lain, dan entitas asing. Tidak ada jumlah maksimum anggota. 

Apa hukum di Indonesia?2022-04-26T16:29:40+08:00

Indonesia menerapkan sistem hukum campuran dengan sistem hukum sipil sebagai sistem hukum utama yang diadopsi dari hukum kolonial Belanda. Indonesia juga mengenal sistem hukum adat dan sistem hukum agama (hukum syariah Islam). 

Apa itu hukum perusahaan Peraturan apa yang mengatur hukum perusahaan di Indonesia?2022-04-26T16:29:54+08:00

Undang-Undang Perseroan Terbatas (UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas) mengatur bagaimana perusahaan menjalankan perusahaannya di Indonesia. Sejak UUPT diundangkan pada tahun 2007, belum ada perubahan dan tidak ada peraturan baru yang dikeluarkan pada tahun 2015 terkait UUPT. 

Apakah undang-undang hak cipta berlaku secara internasional?2022-04-28T10:59:56+08:00

Tidak ada yang namanya “hak cipta internasional” yang secara otomatis melindungi sebuah karya di seluruh dunia. Perlindungan terhadap penggunaan yang tidak sah di negara tertentu tergantung pada hukum nasional negara tersebut. 

Berapa upah minimum di Indonesia?2022-04-27T09:51:35+08:00

Upah minimum tahunan Indonesia adalah $1.027,00 dalam Mata Uang Internasional. 

Apakah wajib bayar bulan ke-13 di Indonesia?2022-04-27T09:51:50+08:00

Karyawan dibayar dengan pembayaran gaji wajib 13 bulan di Indonesia, yang sering disebut sebagai THR. 

Bagaimana cara memberhentikan karyawan di Indonesia2022-04-27T09:52:02+08:00

Berdasarkan undang-undang ketenagakerjaan Indonesia, pemutusan hubungan kerja di Indonesia dapat dimulai oleh pemberi kerja melalui pemecatan atau oleh karyawan melalui pengunduran diri. 

Apa hukum Ketenagakerjaan di Indonesia?2022-04-27T09:52:12+08:00

Prinsip dasar hukum perburuhan Indonesia adalah bahwa pemecatan seorang karyawan harus dicegah dan, dalam beberapa kasus, dilarang. Pada dasarnya, otoritas terkait pada awalnya harus menyetujui setiap pemutusan hubungan kerja. 

Perusahaan yang berbasis di Singapura mana yang tidak wajib diaudit?2022-06-03T12:08:08+08:00

Perusahaan kecil di Singapura tidak perlu diaudit. Perusahaan kecil didefinisikan sebagai perusahaan terbatas swasta yang memiliki:

  • kurang dari S$10 juta dari total pendapatan tahunan,
  • total aset kurang dari S$10 juta selama tahun keuangan tertentu, dan
  • kurang dari 50 karyawan pada akhir tahun keuangan tertentu.

Perusahaan yang merupakan bagian dari perusahaan grup juga dikecualikan jika seluruh grup memenuhi minimal dua kriteria sebelumnya dan telah melakukannya selama dua tahun buku sebelumnya.

Haruskah perusahaan swasta di Singapura diaudit?2022-06-03T12:08:21+08:00

Undang-undang Perusahaan Singapura menyatakan bahwa setiap perusahaan, termasuk perusahaan swasta, harus memiliki laporan keuangan dan catatan akuntansi yang diaudit setidaknya sekali setiap tahun. Hanya perusahaan yang memenuhi kriteria pengecualian audit yang tidak harus diaudit. 

Apakah perusahaan asing di Singapura harus diaudit?2022-06-03T12:08:36+08:00

Hanya perusahaan yang berbasis di Singapura yang telah memenuhi kriteria pengecualian audit yang diizinkan untuk tetap tidak diaudit. Hal ini juga berlaku untuk semua perusahaan asing yang berbasis di Singapura. 

Apakah perusahaan saya masih harus menyampaikan laporan keuangan jika perusahaan dibebaskan dari audit?2022-06-03T12:08:50+08:00

Ya, pengajuan pengajuan laporan keuangan tahunan Anda adalah wajib meskipun perusahaan Anda dibebaskan dari audit. Namun, mereka tidak perlu diaudit secara resmi. 

Apakah startup perlu mempekerjakan akuntan profesional?2022-06-03T12:35:04+08:00

Itu tergantung pada latar belakang dan keahlian pemilik. Jika pemilik bisnis tidak tahu harus mulai dari mana dan pengetahuan akuntansi dasar, yang terbaik adalah menyewa satu untuk memastikan perusahaan mematuhi kepatuhan tahunan. 

Bagaimana saya mengevaluasi apakah saya harus mempekerjakan seorang akuntan profesional untuk bisnis saya?2022-06-03T12:35:18+08:00

Anda harus mempertimbangkan untuk mempekerjakan seorang akuntan profesional untuk bisnis Anda jika Anda tidak memahami peraturan pajak perusahaan, persyaratan, dan undang-undang pajak Singapura. Ini juga merupakan tanda untuk menyewa seorang akuntan profesional untuk bisnis Anda jika Anda tidak yakin kapan harus mendaftar GST. 

Haruskah hanya perusahaan besar yang mempertimbangkan untuk mengalihdayakan fungsi akuntansi mereka?2022-06-03T12:35:31+08:00

Tidak, Perusahaan kecil yang baru saja mendirikan perusahaannya harus dan dapat mempekerjakan akuntan outsourcing untuk membantu fungsi akuntansi terutama jika pemiliknya tidak memiliki pengetahuan akuntansi atau bermaksud untuk fokus pada aspek bisnis lainnya. 

Apakah aman untuk melakukan outsourcing fungsi akuntansi?2022-06-03T12:35:47+08:00

Saat memilih penyedia layanan, Anda harus meninjau langkah-langkah keamanan, penyimpanan data, keamanan data, dan kesadaran staf mereka. 

Dengan outsourcing, ini juga mengurangi penipuan karena pihak ketiga akan menangani fungsi akuntansi. 

Apakah PT PMA perlu diaudit?2022-06-03T15:35:29+08:00

Perseroan Terbatas perlu diaudit jika termasuk dalam salah satu kriteria:

  • Kegiatan usaha perusahaan adalah menghimpun dan mengelola dana dari masyarakat
  • Perusahaan menerbitkan surat promes kepada publik
  • Perusahaan adalah Perusahaan Terbuka
  • Aset perusahaan dan/atau pendapatannya paling sedikit Rp.50.000.000.000
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendirikan perusahaan di Indonesia?2022-06-03T15:35:49+08:00

Sebuah PT dan PT PMA mungkin membutuhkan waktu 30 hari untuk mendirikan dan kantor perwakilan membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 8 minggu untuk melakukannya. Namun, prosesnya mungkin memakan waktu lebih lama tergantung pada wilayah dan kelengkapan dokumen Anda.

Berapa besaran modal disetor untuk PT dan PT PMA?2022-06-03T15:36:42+08:00

Sesuai dengan perubahan terakhir yang diatur dalam UU Cipta Kerja, klasifikasi PT Lokal di Indonesia berdasarkan modal disetor adalah sebagai berikut:

  • Usaha mikro: kurang dari Rp 1 miliar
  • Usaha kecil: Rp 1 – 5 miliar
  • Usaha menengah: Rp 5-10 miliar
  • Perusahaan besar: lebih dari Rp 10 miliar
  • Modal disetor PMA: Orang asing harus menunjukkan setidaknya Rp 10 miliar dalam rencana investasinya dengan modal disetor minimal Rp 10 miliar.
Apa saja jenis badan hukum yang dapat Anda daftarkan di Indonesia?2022-06-03T15:37:02+08:00

Pada dasarnya, ada tiga jenis badan hukum umum yang harus Anda pertimbangkan: perusahaan lokal (PT), perusahaan asing (PT PMA) dan kantor perwakilan.

Bisakah saya membawa keluarga saya ke Indonesia jika saya bekerja di Indonesia?2022-07-26T10:34:33+08:00

Berdasarkan izin kerja, pemegang izin kerja memenuhi syarat untuk mengajukan izin tanggungan bagi keluarga pemegangnya, termasuk anak-anak dan pasangannya untuk datang ke Indonesia. 

Negara bagian mana di Indonesia yang memiliki peluang bisnis terbaik?2022-07-26T10:34:45+08:00

Indonesia memiliki banyak hal untuk ditawarkan, mulai dari pertanian, hingga manufaktur dan bisnis. Tergantung pada industri yang Anda lihat, ada berbagai daerah di Indonesia yang unggul di bidang ini. 

Misalnya, Surabaya, Jawa Timur populer untuk investasi asing karena memiliki salah satu pertumbuhan properti tertinggi di Indonesia, juga peringkat lima kota teratas di Asia untuk berinvestasi. 

Apakah Indonesia tempat yang baik untuk bekerja atau tinggal?2022-07-26T10:34:58+08:00

Indonesia memiliki ekonomi terbesar di Asia Tenggara, artinya ada potensi pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, Indonesia memiliki berbagai macam barang dan jasa serta standar hidup yang lebih baik. 

Di kota Jakarta dan Bali, ada komunitas ekspatriat yang besar karena populer di kalangan turis dan pelancong. 

Bagaimana cara karyawan membayar pajak penghasilan di Indonesia?2022-07-26T10:35:10+08:00

Di Indonesia, karyawan biasanya membayar pajak penghasilan melalui majikan mereka, yang dipotong dari gaji mereka setiap bulan. Bagi Wajib Pajak yang berada di Indonesia, berlaku tarif pajak tersebut di atas. Untuk wajib pajak bukan penduduk, pemotongan pajak adalah 20% persen dari jumlah bruto (kecuali jika ada perjanjian pajak, dalam hal ini jumlahnya dapat bervariasi). 

Apakah Bali bebas pajak?2022-06-07T17:07:21+08:00

Tidak ada pajak atas modal atau aset, selain pajak bumi dan bangunan. 

Bagaimana cara mengajukan pengembalian pajak di Indonesia?2022-06-07T17:08:06+08:00

Wajib pajak orang pribadi dapat menyampaikan SPT tahunan melalui sistem e-filing yang disediakan oleh Kantor Pelayanan Pajak Indonesia (KPP). Mulai tahun 2013, DJP aktif mendorong perusahaan untuk melakukan pendaftaran kolektif bagi pegawainya untuk mempermudah pendaftaran e-filing. 

Berapa pajak yang Anda bayarkan di Indonesia?2022-06-07T17:08:19+08:00

Wajib Pajak luar negeri dikenakan pajak dengan tarif tetap sebesar 20% atas semua penghasilan yang berasal dari Indonesia. Jika individu penduduk tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak, tarif pajak untuk pemotongan pajak atas penghasilan pekerjaan dinaikkan sebesar 20%. Akibatnya, tarif berkisar dari 6% hingga 36%. 

Apa perbedaan utama antara Standar Akuntansi keuangan psak Indonesia dan pelaporan interim IFRS?2022-06-07T17:08:33+08:00

IFRS 17 menggantikan IFRS 4. perbedaan yang dicatat adalah sebagai berikut: PSAK 1 mendefinisikan bahwa IFAS terdiri dari Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan, interpretasinya dan aturan pelaporan keuangan yang dikeluarkan oleh otoritas pasar modal. IAS 1 tidak termasuk yang terakhir. 

Apa saja 3 jenis audit?2022-06-07T17:53:06+08:00

Ada tiga jenis utama audit: audit eksternal, audit internal, dan audit Internal Revenue Service (IRS). Audit eksternal biasanya dilakukan oleh kantor Akuntan Publik Bersertifikat (CPA) dan menghasilkan opini auditor yang dimasukkan dalam laporan audit. 

Manakah badan akuntansi terbesar pertama di dunia?2022-06-07T17:53:17+08:00

Chartered Institute of Management Accountants (CIMA) adalah badan akuntan manajemen profesional terbesar dan terkemuka di dunia. 

Apakah Indonesia mengadopsi IFRS?2022-06-07T17:53:29+08:00

Ya. Indonesia belum mengadopsi Standar IFRS. Komitmen Indonesia adalah untuk mendukung Standar IFRS sebagai standar akuntansi yang diterima secara global dan melanjutkan proses konvergensi Standar IFRS, semakin meminimalkan kesenjangan antara SAK dan IFRS. 

Siapa yang wajib diaudit?2022-06-07T18:00:18+08:00

UUPT mengamanatkan bahwa laporan keuangan perseroan terbatas harus diaudit oleh akuntan publik yang terdaftar di Indonesia jika memenuhi setidaknya satu dari kriteria berikut:

  • Perusahaan dengan aset melebihi 50 miliar rupiah (US$3,6 juta);
  • Perusahaan publik;
  • Perusahaan yang menerbitkan instrumen utang;
  • Perusahaan tersebut merupakan badan usaha milik negara; atau
  • Perusahaan menghimpun atau mengelola dana masyarakat (seperti bank dan perusahaan asuransi).

 

Apa bisnis terbaik untuk dibuka di Indonesia?2022-05-25T16:27:45+08:00

Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau, ini memungkinkan agen perjalanan untuk menuai hasil dari lalu lintas turis yang tinggi. Selain itu, Indonesia unggul dalam industri manufaktur, konstruksi dan e-commerce untuk investasi asing.

Apakah orang Indonesia ramah terhadap orang asing?2022-05-25T16:27:57+08:00

Ya. Salah satu aspek Indonesia yang paling berkesan yang diingat orang asing adalah kehangatan dan keramahan penduduknya. Orang-orangnya ramah dan karena budaya hormat mereka, orang asing merasa nyaman ketika berbicara dengan penduduk setempat, mulai dari senyum sederhana atau anggukan pengakuan hingga memanggil satu sama lain dengan ‘Nona’ dan ‘Tuan’.

Seberapa ketat undang-undang perpajakan Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain?2022-05-25T16:28:11+08:00

Hukum yang mengatur perpajakan, penghindaran pajak, dan penghindaran pajak sangat ketat di Indonesia. Pemerintah Indonesia sengaja memilih untuk memperketat undang-undang perpajakan negara untuk mencegah calon pelanggar melakukan kejahatan pajak.

Negara bagian mana di Indonesia yang memiliki peluang bisnis terbaik?2022-05-25T16:28:23+08:00

Indonesia memiliki banyak hal untuk ditawarkan, mulai dari pertanian, hingga manufaktur dan bisnis. Tergantung pada industri yang Anda lihat, ada berbagai daerah di Indonesia yang unggul di bidang ini.

Misalnya, Surabaya, Jawa Timur populer untuk investasi asing karena memiliki salah satu pertumbuhan properti tertinggi di Indonesia, juga peringkat lima kota teratas di Asia untuk berinvestasi.

Apa sanksi keterlambatan pajak di Indonesia?2022-06-17T11:25:29+08:00

Jawab: Dalam hal keterlambatan pembayaran, seseorang dapat dikenakan denda bunga, ini akan dihitung dari pajak yang kurang dibayar dan dikenakan tingkat bunga yang diterapkan oleh Kementerian Keuangan setiap bulan. Untuk keterlambatan pengajuan, dikenakan denda sebesar Rp100.000. 

Bagaimana sejarah upah minimum di Indonesia belakangan ini?2022-06-17T11:26:18+08:00

Pada 2019, upah minimum resmi di Indonesia adalah 3,94 juta rupiah per bulan. Angka ini menunjukkan peningkatan; angka tersebut adalah 3,6 juta rupiah per bulan pada tahun 2018. Secara umum, upah minimum di Indonesia terus meningkat. 

Apakah perubahan upah minimum di Indonesia dipengaruhi oleh nilai rupiah?2022-06-17T11:26:41+08:00

Dalam beberapa tahun terakhir, nilai rupiah mengalami penurunan. Selama satu dekade terakhir, nilai rupiah telah jatuh dari sekitar 9.000 rupiah ke dolar AS menjadi sekitar, 14.000 rupiah ke dolar AS. Oleh karena itu, meskipun nilai nominal upah minimum telah meningkat, nilai aktual upah minimum di Indonesia telah turun karena penurunan nilai rupiah. 

Pajak apa saja yang harus dibayar oleh perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia?2022-06-17T11:32:13+08:00

Undang-undang tentang perpajakan di Indonesia, tergantung pada apakah perusahaan tersebut memperkerjakan orang asing. Beberapa pajak utama yang harus dibayar oleh perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia adalah pajak penghasilan orang pribadi untuk karyawan di Indonesia, pajak capital gain, pemotongan pajak, pajak gaji, pajak bisnis, dan pajak penjualan. 

Apakah Indonesia adalah tempat yang baik untuk tinggal dan bekerja2022-05-25T09:51:41+08:00

Indonesia mempunyai perkembangan ekonomi terbesar di Asia tenggara, artinya terdapat potensi dalam pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, Indonesia memiliki Indonesia memiliki berbagai macam barang dan jasa serta standar hidup yang lebih baik. 

Di kota Jakarta dan Bali, ada komunitas ekspatriat yang besar karena populer di kalangan turis dan pelancong. 

Apa penalti untuk pengembalian atau pembayaran yang terlambat?2022-05-25T09:51:55+08:00

Pengembalian atau pembayaran terlambat dikenakan sanksi 2% dari jumlah PPNatau denda IDR 500,000. Jika terdapat kasus serius. Dalam kasus aktivitas penipuan yang serius, tanggung jawab pidana mungkin berlaku

Bagaimana PPN memfasilitasi pendirian perusahaan di Indonesia?2022-05-25T09:52:10+08:00

PPN adalah komponen penting dalam menghasilkan pendapatan bagi perekonomian negara mana pun. Penegakan yang tepat dapat membawa pertumbuhan ekonomi yang signifikan. PPN yang telah dipungut oleh pemerintah Indonesia juga menyebabkan terjadinya pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi ini pada gilirannya mendorong banyak orang untuk memilih mendirikan perusahaan sendiri di Indonesia. 

Apakah Sebagian besar orang Indonesia menganggap PPN itu berlebihan?2022-05-25T09:52:26+08:00

Bagi mereka yang tinggal di Indonesia sekarang, PPN sangatlah terjangkau. Maka, sebagian barang dan jasa terjangkau juga. Oleh karena itu, biaya hidup di Indonesia tidak berlebihan karena biaya PPN yang wajar. 

Apa sanksi penghindaran pajak di Indonesia?2022-05-25T10:31:50+08:00

Orang pribadi yang tidak menyampaikan SPT atau salah menyampaikan SPT akan dikenakan 1 sampai 2 kali pajak kurang bayar atau kurungan dari 3 bulan sampai 1 tahun. 

Berapa banyak negara yang menjadi bagian dari Perjanjian Pajak Berganda dengan Indonesia?2022-05-25T10:32:04+08:00

Dari tahun 2021, Indonesia adalah bagian dari perjanjian Pajak Berganda dengan 71 negara lainnya. Beberapa negara termuka yang ikut dalam Perjanjian Pajak Berganda dengan Indonesia contohnya adalah, Singapore, Malaysia, Hong Kong, Australia, Prancis, Jepang, Inggris dan Amerika.  

Apakah Perjanjian Pajak Berganda mempengaruhi Hukum Perpajakan Indonesia?2022-05-25T10:32:16+08:00

Penandatanganan P3B dengan negara lain terkadang dapat memaksa perubahan undang-undang perpajakan yang telah dibuat oleh pemerintah Indonesia. Selain itu, kebijakan pemerintah mengenai investasi asing langsung terkadang dapat berubah setelah penandatanganan P3B. 

Bisakah perjanjian pajak berganda diperbarui atau dihapuskan?2022-05-25T10:32:34+08:00

Bergantung pada jenis DTA yang ditandatangani, DTA apa pun dapat dianggap usang. Ada kasus ketika suatu negara memperbarui sistem perpajakannya yang akan memerlukan pembaruan satu atau lebih perjanjian pajak dengan negara lain untuk mencegahnya menjadi usang. 

DTA dapat dihapuskan jika ada situasi yang tidak menguntungkan bagi negara-negara yang terlibat. Alasan penghapusan tersebut dapat mencakup penghindaran atau penghindaran pajak oleh investor dari negara tertentu serta alasan hukum lainnya yang mungkin tidak menguntungkan DTA negara yang terlibat. 

Jika saya mempunyai izin kerja di Indonesia, bolehkah saya membawa keluarga saya ke Indonesia?2022-05-25T13:34:49+08:00

Ya, pemegang izin kerja memenuhi syarat untuk mengajukan visa tanggungan untuk pasangan dan anak-anak mereka jika mereka ingin tinggal di Indonesia bersama Anda.

Apakah Indonesia merupakan tempat kerja dan tinggal yang baik?2022-05-25T13:35:06+08:00

Indonesia mempunyai ekonomi terbesar di Asia Tenggara, artinya terdapat potensi pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, Indonesia mempunyai jangkauan luas untuk barang dan jasa dan juga memiliki taraf hidup yang diatas rata-rata.

Di kota Jakarta dan Bali, terdapat komunitas ekspat yang besar karena popular di kalangan turis dan pelancong.

Seberapa ketat undang-undang perpajakan Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain?2022-05-25T13:35:21+08:00

Hukum yang mengatur perpajakan, penghindaran pajak, dan penghindaran pajak sangat ketat di Indonesia. Pemerintah Indonesia sengaja memilih untuk memperketat undang-undang perpajakan negara untuk mencegah calon pelanggar melakukan kejahatan pajak.

Bagaimana upaya Pemerintah Indonesia untuk menekan angka kejahatan perpajakan?2022-05-25T13:35:34+08:00

Pemerintah Indonesia sangat serius dalam mengurangi tingkat kejahatan perpajakan. Ini terus memodifikasi undang-undang perpajakan negara untuk mencegah orang melakukan kejahatan pajak serta menghukum pelanggar pajak dengan lebih berat. Pihak berwenang Indonesia juga telah meningkatkan intensitas penegakan hukum terhadap kejahatan perpajakan.

Apakah Indonesia mengikuti IFRS?2022-06-17T11:57:41+08:00

Pendekatan Indonesia terhadap adopsi IFRS adalah dengan mempertahankan GAAP nasional (Standar Akuntansi Keuangan Indonesia, IFAS) dan menyatukannya secara bertahap dengan IFRS sebanyak mungkin. Saat ini tidak ada rencana (dan akibatnya tidak ada jadwal) untuk adopsi penuh IFRS. 

Standar Akuntansi Keuangan manakah yang saat ini dianut Indonesia?2022-06-17T11:57:54+08:00

Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS) diadopsi di Indonesia. 

Siapa yang menetapkan standar Akuntansi di Indonesia?2022-06-17T11:58:05+08:00

Komite Standar Akuntansi Pemerintah (KSAP), yang dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan No. 379 Tahun 2004, bertanggung jawab untuk menetapkan Standar Akuntansi Sektor Publik di Indonesia. 

Standar Akuntansi apa yang digunakan Indonesia?2022-06-17T11:58:16+08:00

Komitmen Indonesia adalah untuk mendukung Standar IFRS sebagai standar akuntansi yang diterima secara global dan melanjutkan proses konvergensi Standar IFRS, semakin meminimalkan kesenjangan antara SAK dan IFRS. Indonesia belum mengumumkan rencananya untuk adopsi penuh Standar IFRS di Indonesia. 

Apakah Indonesia negara bebas pajak?2022-05-25T12:36:45+08:00

Wajib pajak dalam negeri Indonesia dikenakan pajak atas penghasilan di seluruh dunia. Bukan penduduk hanya dikenakan pajak atas penghasilan yang berasal dari Indonesia. Diplomat dan perwakilan organisasi internasional tertentu dikecualikan dari pajak Indonesia jika negara yang mereka wakili memberikan pengecualian timbal balik. 

Apakah ada pembebasan pajak Indonesia saat ini yang diharapkan akan dihapus?2022-05-25T12:36:59+08:00

Baru-baru ini, belum ada diskusi besar tentang kemungkinan penghapusan pembebasan pajak di Indonesia. Oleh karena itu, tidak satupun dari mereka diharapkan untuk dihapus. 

Bisakah seseorang memenuhi syarat untuk lebih dari satu pembebasan pada saat yang sama?2022-05-25T12:38:01+08:00

Tidak ada undang-undang yang mencegah setiap individu di Indonesia yang memenuhi syarat dalam beberapa pembebasan untuk mengklaim semuanya. Ini berarti bahwa seseorang dapat memenuhi syarat untuk lebih dari satu pembebasan pada waktu yang sama. 

Apakah sebuah perusahaan bisa mendapatkan pembebasan lebih dari satu pada saat yang sama?2022-05-25T12:40:09+08:00

Seperti halnya dengan individu, tidak ada undang-undang yang mencegah perusahaan mana pun di Indonesia yang memenuhi syarat untuk beberapa pembebasan untuk mengklaim semuanya; dengan demikian, sebuah perusahaan dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan lebih dari satu pembebasan pada saat yang bersamaan. 

Siapa yang tidak berhak mendapatkan insentif pajak?2022-07-19T17:08:22+08:00

Anda harus memiliki nomor identifikasi pajak, membayar semua biaya bea cukai yang diperlukan, membayar kewajiban pajak apa pun yang mungkin masih terutang, dan menunjukkan perincian pendapatan terbaru untuk tahun keuangan terbaru sebelum diizinkan secara hukum untuk mengklaim pembebasan pajak apa pun di Indonesia. Jika tidak, Anda tidak memenuhi syarat untuk insentif pajak. 

Mengapa pemerintah Indonesia menurunkan pajak perusahaan?2022-07-19T17:08:39+08:00

Salah satu dari banyak alasan untuk menurunkan tarif pajak perusahaan di Indonesia adalah untuk menarik lebih banyak investasi asing langsung di negara ini. 

Apa itu Nomor Pokok Wajib Pajak?2022-07-19T17:08:50+08:00

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dikenal di Indonesia sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Adalah sekumpulan angka yang diberikan kepada Wajib Pajak (baik orang pribadi maupun badan) sebagai tanda pengenal diri dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya (yaitu Pajak Penghasilan, dan PPN). NPWP diberikan kepada Wajib Pajak yang memenuhi syarat yang telah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan perpajakan. 

Apakah orang asing perlu membayar pajak di Indonesia?2022-07-19T17:09:04+08:00

Jika Anda tinggal di Indonesia selama total kumulatif 183 hari dalam satu tahun pajak, Anda harus mengajukan dan membayar pajak. 

Apakah Indonesia tempat yang baik untuk bekerja atau tinggal?2022-05-25T13:40:52+08:00

Indonesia memiliki ekonomi terbesar di Asia Tenggara, artinya ada potensi pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, Indonesia memiliki berbagai macam barang dan jasa serta standar hidup yang lebih baik. 

 

Di kota Jakarta dan Bali, ada komunitas ekspatriat yang besar karena populer di kalangan turis dan pelancong. 

Saya memperoleh materai sebelum penerapan undang-undang bea meterai yang baru, apakah masih berlaku?2022-05-25T13:41:03+08:00

Ya. Itu masih akan berlaku satu tahun sejak penerapan undang-undang baru dengan total nilai minimum sembilan ribu rupiah. 

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan bea materai untuk dokumen saya?2022-05-25T13:41:16+08:00

Bea meterai dapat diperoleh di setiap kantor pos di Indonesia dan dengan demikian dapat dibayar dan diperoleh dalam sehari. 

Jika saya tidak membayar Bea Meterai, apakah itu mempengaruhi keabsahan perjanjian?2022-05-25T13:41:30+08:00

Meskipun tidak membayar bea meterai tidak mempengaruhi keabsahan atau keabsahan suatu perjanjian, namun kelalaian membayar bea meterai akan mengakibatkan dokumen-dokumen tersebut tidak diakui di pengadilan sebagai alat bukti. 

 

Jika Anda ingin menambahkan bea materai, Anda dapat membelinya di kantor pos mana pun dengan biaya lebih tinggi karena denda 200%. 

Apakah Perjanjian Pajak Berganda mempengaruhi Hukum Perpajakan Indonesia?2022-05-24T16:28:59+08:00

Penandatanganan P3B dengan negara lain terkadang dapat memaksa perubahan undang-undang perpajakan yang telah dibuat oleh pemerintah Indonesia. Selain itu, kebijakan pemerintah mengenai investasi asing langsung terkadang dapat berubah setelah penandatanganan P3B.

Apakah hukuman dari penggelapan pajak di Indonesia?2022-05-24T16:28:56+08:00

Orang pribadi yang tidak menyampaikan SPT atau salah menyampaikan SPT akan dikenakan 1 sampai 2 kali pajak kurang bayar atau kurungan dari 3 bulan sampai 1 tahun.

Apakah ada peluang bisnis di Indonesia?2022-05-24T16:29:21+08:00

Banyak ekspatriat menganggap Indonesia menarik karena pemandangannya yang indah tetapi juga karena peluang bisnis yang ada di Indonesia. Kota Jakarta dan pulau Bali adalah contoh ramainya pariwisata yang memunculkan peluang bisnis.

Kedua kota ini populer di kalangan wisatawan dan juga investor karena tingginya lalu lintas wisata yang menariknya. Di daerah lain di Indonesia, meskipun lebih pedesaan, kaya akan daerah lain, beberapa seperti batu bara dan sumber daya alam lain yang dimiliki Indonesia.

Apakah Indonesia mempunyai hukum pajak yang ketat?2022-05-24T16:29:34+08:00

Di Indonesia, kejahatan perpajakan merupakan masalah yang terus diupayakan oleh pemerintah. Hukuman, tergantung pada sifatnya berkisar dari membayar jumlah uang yang kurang dibayar yang tidak dibayar, dikenakan biaya tambahan atau penjara.

Apakah ada pembebasan pajak untuk perusahaan Indonesia?2022-05-25T16:16:18+08:00

Iya, ada banyak pembebasan pajak baik untuk individu maupun perusahaan di Indonesia. Kamu bisa mencari tau lebih banyak mengenai hal ini di sini .

Apa itu Pajak Pertambahan Nilai?2022-05-25T16:16:35+08:00

Pajak Pertambahan Nilai (PPN) adalah pajak konsumsi yang dikenakan pada setiap tahap produksi baik barang maupun jasa sampai dengan penjualan produk akhir. Pemilik bisnis di Indonesia harus sepenuhnya menyadari sistem PPN karena mempengaruhi kegiatan bisnis mereka di seluruh negeri.

Apa itu Nomor Pokok Wajib Pajak?2022-05-25T16:16:49+08:00

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dikenal di Indonesia sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Adalah sekumpulan nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak (baik orang pribadi maupun badan) sebagai tanda pengenal diri dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya (yaitu Pajak Penghasilan, dan PPN). NPWP diberikan kepada Wajib Pajak yang memenuhi syarat yang telah memenuhi syarat subjektif dan objektif sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan perpajakan.

Berapa tarif pajak perusahaan di Indonesia?2022-05-25T16:16:59+08:00

Tarif pajak perusahaan di Indonesia sebesar 22%, dan akan disesuaikan menjadi 20% mulai tahun 2022 dan seterusnya.

Bisakah saya bekerja di Indonesia?2022-04-26T09:35:34+08:00

Selain Visa Bisnis, seseorang tidak diperbolehkan bekerja untuk mendapatkan penghasilan. Di Indonesia, individu tersebut dapat mengubah visanya menjadi visa kerja jika mereka berniat bekerja untuk mendapatkan penghasilan

Apakah Indonesia tempat yang baik untuk bekerja?2022-04-26T09:35:52+08:00

Indonesia memiliki ekonomi terbesar di Asia Tenggara, artinya ada potensi pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, Indonesia memiliki berbagai macam barang dan jasa serta standar hidup yang lebih baik.

Apa hukuman untuk overstay periode visa bisnis?2022-04-26T09:36:09+08:00

Visa bisnis memungkinkan pemegang untuk tinggal di Indonesia untuk jangka waktu 60 hari. Setiap hari melebihi jangka waktu yang ditunjukkan untuk visa dikenakan tarif Rp 1.000.000 atau USD 70.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk aplikasi Visa Bisnis?2022-04-26T09:36:25+08:00

Seluruh proses diperkirakan akan memakan waktu 6-10 hari jika set lengkap dokumen yang diperlukan diserahkan.

Apa yang terjadi jika saya melanggar hukum di Indonesia sebagai Pemegang Izin Kerja?2022-04-27T10:36:15+08:00

Jika aturan dan peraturan Kementerian Tenaga Kerja dan otoritas terkait lainnya dilanggar, izin kerja setiap orang dapat dicabut. Karena izin kerja memungkinkan orang asing untuk tinggal dan bekerja di Indonesia, penting bagi orang asing untuk menghindari keadaan negatif ini.

Apakah izin kerja bisa diperpanjang?2022-04-27T10:37:47+08:00

Ya, perusahaan sponsor dapat memperpanjang izin paling lambat 2 bulan sebelum masa berlaku izin kerja berakhir.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan izin kerja?2022-04-27T10:46:41+08:00

Seluruh proses diperkirakan memakan waktu 6-10 hari kerja jika semua dokumen yang diperlukan sudah beres dan diserahkan segera. 

Bisakah saya membawa keluarga saya ke Indonesia ketika saya bekerja di sana dengan izin kerja?2022-04-27T10:48:14+08:00

Ya. Pemegang Izin Kerja memenuhi syarat untuk mengajukan Tanggungan Visa untuk membawa pasangan atau anak-anak mereka ke Indonesia.

Apakah Indonesia tempat yang baik untuk bekerja atau tinggal?2022-04-26T10:19:55+08:00

Indonesia memiliki ekonomi terbesar di Asia Tenggara, artinya ada potensi pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, Indonesia memiliki berbagai macam barang dan jasa serta standar hidup yang lebih baik. 

Di kota Jakarta dan Bali, ada komunitas ekspatriat yang besar karena populer di kalangan turis dan pelancong. 

Bisakah saya mengubah visa dependen saya menjadi visa tinggal permanen?2022-04-26T10:20:34+08:00

Ya, seseorang yang memenuhi syarat untuk visa dependen dapat mengubah visa kunjungan tunggal mereka menjadi visa dependen saat tiba dan setelah 3 tahun memegang visa dependen, individu tersebut memenuhi syarat untuk mengubah izin mereka menjadi KITAP, izin tinggal permanen . 

Apakah Pemegang visa Dependen dapat bekerja di Indonesia?2022-04-26T10:21:04+08:00

Tidak, tanggungan tidak diperbolehkan bekerja di Indonesia dengan visa tanggungan. Namun tanggungan dapat mengajukan IMTA dan KITAS yang memungkinkan mereka bekerja penuh waktu di Indonesia. 

Apa hukuman yang mungkin dihadapi seseorang jika mereka tinggal lebih lama?2022-04-26T10:21:21+08:00

Overstay selama lebih dari 60 hari dianggap sebagai kejahatan di Indonesia, individu dapat dikenakan denda Rp 1000.000 setiap hari keterlambatan, risiko dideportasi dan dimasukkan dalam daftar hitam. 

Bagaimana Anda menjadi pemilik waralaba tanpa uang?2022-04-25T11:56:05+08:00

Tidak mungkin memulai waralaba tanpa uang. Anda harus membayar biaya waralaba awal, dan Anda akan memiliki biaya awal lainnya. Selanjutnya, pemilik waralaba ingin melihat bahwa Anda memiliki kemampuan dalam permainan dalam bentuk uang muka.

Apakah pemilik waralaba harus bekerja?2022-04-25T11:56:20+08:00

Ada berbagai tempat pemilik waralaba dapat bekerja, tergantung pada jenis waralaba yang mereka miliki. Beberapa pemilik waralaba memilih untuk mengambil peran aktif, dan akan bekerja bersama karyawan mereka, sekaligus mengelola bisnis.

Apakah membuka waralaba merupakan investasi yang baik?2022-04-25T11:56:38+08:00

Jika Anda ingin memiliki bisnis, tetapi tidak memiliki ide untuk membangun dari awal dan Anda memiliki sumber daya untuk menjalankannya, waralaba bisa menjadi pilihan yang baik. Pastikan Anda siap membayar biaya yang terkait dengan waralaba dan bahwa kantor pusat perusahaan kemungkinan besar akan memberikan dukungan yang Anda butuhkan.

Berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk memulai toko waralaba?2022-04-25T11:56:56+08:00

Biaya waralaba umumnya berkisar antara $ 20.000 hingga $ 30.000, meskipun mereka dapat mencapai $ 100.000 untuk merek kelas atas dan lebih mapan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan visa kerja?2022-04-26T09:45:06+08:00

Seluruh proses diperkirakan memakan waktu 5 hari jika set lengkap dokumen yang diperlukan diserahkan. 

Apakah Indonesia tempat yang baik untuk bekerja?2022-04-26T09:45:30+08:00

Indonesia memiliki ekonomi terbesar di Asia Tenggara, artinya ada potensi pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, Indonesia memiliki berbagai macam barang dan jasa serta standar hidup yang lebih baik. 

Di kota Jakarta dan Bali, ada komunitas ekspatriat yang besar karena populer di kalangan turis dan pelancong. 

Apa hukuman bekerja di Indonesia tanpa Visa Kerja?2022-04-26T09:45:48+08:00

Orang asing yang bekerja tanpa izin akan dikenakan denda Rp 500 Miliar dan penjara 5 tahun yang disebutkan dalam Undang-Undang Keimigrasian Indonesia. Di sisi lain, majikan juga akan dikenakan denda sebesar Rp 36 Miliar. 

Apakah ada batas waktu maksimal perpanjangan visa kerja?2022-04-26T09:48:58+08:00

Ya. Untuk KITAS, Visa Izin Tinggal Sementara, dapat diperpanjang setiap tahun selama maksimal 5 tahun. 

Apa itu visa bisnis untuk Indonesia?2022-04-25T11:02:59+08:00

Visa Bisnis 60-Hari Single Entry diberikan kepada warga negara asing yang ingin mengunjungi Indonesia untuk tujuan bisnis. Visa ini berlaku (harus digunakan) dalam waktu 90 (sembilan puluh) hari sejak tanggal diterbitkan, izin tinggal 60 hari dimulai dari tanggal pelancong masuk ke Indonesia.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendaftarkan perusahaan di Indonesia?2022-04-25T11:03:52+08:00

Proses penggabungan biasanya memakan waktu 1-2 bulan, tetapi ini adalah perkiraan dan waktu yang dibutuhkan berdasarkan kasus per kasus.

Apa Keuntungan Mendirikan Perusahaan Anda di Indonesia?2022-04-25T11:03:20+08:00

Memasukkan perusahaan Anda memberi Anda wewenang untuk mengelola perusahaan Anda dan yurisdiksi lain yang didukung oleh Indonesia.

Berapa nomor registrasi perusahaan di Indonesia?2022-04-25T11:03:33+08:00

Nomor pendaftaran perusahaan Indonesia adalah nomor unik yang ditetapkan untuk setiap bisnis yang berbadan hukum di negara ini. Selain itu, memiliki nomor pendaftaran perusahaan berarti bisnis Anda diakui dan dilindungi oleh hukum Indonesia.

Apa itu PT PMA di Bali?2022-04-22T20:53:19+08:00

Bagian ini membahas pendirian perseroan terbatas penanaman modal asing di Indonesia, yang dikenal sebagai Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing (disingkat PT PMA). Ini adalah badan hukum yang melaluinya investor asing dapat melakukan kegiatan komersial di Indonesia. 

Bagaimana cara mendaftar PT PMA?2022-04-22T20:54:04+08:00

Pendaftaran dilakukan melalui sistem Online Single Submission (OSS). 

Apa itu perusahaan PMA di Indonesia?2022-04-22T20:54:37+08:00

PMA Indonesia (Penanaman Modal Asing) atau PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing) juga dikenal sebagai Badan Usaha Milik Asing. Ini adalah bentuk badan hukum yang dibuat berdasarkan Hukum Indonesia di mana investor asing dapat memilih untuk melakukan bisnis di Indonesia untuk menghasilkan pendapatan atau keuntungan. 

Apa arti PT di Indonesia?2022-04-22T20:55:20+08:00

Perseroan Terbatas, PT adalah singkatan dari Perseroan Terbatas, suatu perseroan terbatas yang modalnya terbagi atas saham dan tanggung jawab pemegang saham berdasarkan jumlah saham yang dimilikinya. Untungnya, sejak awal 2016, prosedur pendirian perusahaan PT terus disederhanakan. 

Siapa yang mendapat keuntungan dari kepemilikan tunggal?2022-04-25T10:08:58+08:00

Kepemilikan tunggal adalah bisnis yang tidak berhubungan dengan hanya satu pemilik yang membayar pajak penghasilan pribadi atas keuntungan yang diperoleh. 

Sebutkan 3 kerugian perusahaan perseorangan?2022-04-25T10:11:44+08:00

Tidak ada perlindungan kewajiban, kewajiban tidak terbatas dan kurangnya kontrol keuangan dan kesulitan melacak biaya.  

Apa saja contoh perusahaan perseorangan?2022-04-25T10:12:54+08:00

Contoh kepemilikan tunggal termasuk usaha kecil seperti, toko kelontong lokal, toko pakaian lokal, seniman, penulis lepas, konsultan IT, desainer grafis lepas, dll.  

Siapa yang memenuhi syarat sebagai pemilik tunggal?2022-04-25T10:14:36+08:00

Pemilik tunggal adalah seseorang yang memiliki bisnis tanpa penggabungan apapun. Namun, jika Anda adalah satu-satunya anggota (LLC), Anda bukan pemilik tunggal jika Anda memilih untuk memperlakukan LLC sebagai korporasi.  

Berapa Standar Tarif Pajak Penghasilan Badan di Indonesia?2022-04-25T17:25:50+08:00

Sebagian besar perusahaan di Indonesia dikenakan pajak sebesar 25%. Namun, perusahaan yang memiliki setidaknya 40% sahamnya tersedia untuk publik dan tercatat di Bursa Efek Indonesia dikenakan pajak sebesar 20%.

Mengapa perusahaan Indonesia dimulai dengan PT?2022-04-22T18:33:40+08:00

PT adalah singkatan dari Perseroan Terbatas yang artinya Perseroan Terbatas. Oleh karena itu, semua nama perusahaan di Indonesia harus diawali dengan “PT” setelah disetujui. Nama resmi yang diawali dengan PT ini akan digunakan dalam semua izin, lisensi dan transaksi yang dimiliki perusahaan.

 

Apakah LLC saya adalah S atau C Corp?2022-04-22T18:35:08+08:00

LLC adalah badan hukum saja dan harus memilih untuk membayar pajak baik sebagai S Corp, C Corp, Kemitraan, atau perusahaan perseorangan. Oleh karena itu, untuk keperluan pajak, LLC dapat menjadi S Corp, jadi sebenarnya tidak ada perbedaan.

Bisakah saya mendirikan perusahaan lokal asing?2022-04-22T18:35:19+08:00

Ya kamu bisa. Anda akan membutuhkan calon direksi lokal untuk pendirian perusahaan lokal asing Anda.

Apa itu Daftar Positif dan Negatif Investasi?2022-04-22T18:35:27+08:00

Daftar Negatif Investasi digantikan oleh Daftar Investasi Positif pada tahun 2021. Daftar tersebut merinci sektor-sektor terbatas yang dilarang pemerintah untuk diinvestasikan oleh investor dan pengusaha.

Apa update terbaru dari Daftar Positif dan Negatif Investasi?2022-04-22T18:35:39+08:00

Pada 4 Maret 2021, Daftar Positif  Investasi diperkenalkan untuk secara signifikan mengurangi jumlah sektor terbatas yang mencegah orang asing masuk dari 350 menjadi 46.

Apa itu Anggaran Dasar?2022-04-22T18:35:46+08:00

Anggaran dasar merupakan dokumen yang menetapkan peraturan untuk operasi perusahaan dan mendefinisikan tujuan perusahaan. Dokumen tersebut menjabarkan bagaimana tugas harus diselesaikan dalam organisasi, termasuk proses penunjukan direktur dan penanganan catatan keuangan.

Mengapa saya harus mendirikan perusahaan lepas pantai?2022-04-25T10:29:16+08:00

Alasan umum untuk mendirikan perusahaan lepas pantai adalah untuk memenuhi persyaratan hukum negara tempat Anda ingin membeli properti.

Apa keuntungan dari perusahaan lepas pantai?2022-04-25T10:30:34+08:00

Beberapa keuntungan memiliki perusahaan lepas pantai meliputi:

  • Privasi
  • Perlindungan aset
  • Pengurangan kewajiban pajak
  • Perlindungan dari tuntutan hukum
  • Hukum bisnis yang fleksibel
  • Kemudahan pengoperasian
  • Kerahasiaan
Keistimewaan apa yang diperoleh perusahaan PT PMA?2022-04-25T10:30:56+08:00

Di Indonesia, perusahaan milik asing mendapatkan banyak keistimewaan dan keuntungan, hal-hal tersebut akan disebutkan sebagai berikut;

  • Kemudahan mendapatkan lisensi dan izin – Sebagian besar pemeriksaan dilakukan dalam waktu singkat dengan referensi jenis badan usaha lain.
  • Sponsorship Tenaga Kerja Asing – Tenaga kerja asing dapat menerima sponsorship dari perusahaan jika memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah.
  • Bea Masuk yang Lebih Rendah – Jumlah bea masuk lebih sedikit dibandingkan dengan badan usaha lain, memungkinkan pemilik bisnis untuk mendapatkan keuntungan dari pajak dan keuntungan finansial lainnya jika mereka memenuhi syarat.
Apa itu Daftar Positif Investasi Indonesia?2022-04-25T10:31:12+08:00

Daftar Negatif Investasi digantikan oleh Daftar Positif Investasi pada tahun 2021. Daftar tersebut merinci sektor-sektor terbatas yang dilarang pemerintah untuk diinvestasikan oleh investor dan pengusaha.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendaftarkan perusahaan?2022-04-22T16:57:15+08:00

Aplikasi dan persetujuan untuk berbagai dokumen memakan waktu sekitar 1-2 bulan, terkadang hingga 3 bulan. Namun, ini adalah perkiraan kasar karena setiap penggabungan memiliki kerangka waktu yang berbeda tergantung pada bisnisnya.

Apa update terbaru dari Daftar Positif dan Negatif Investasi?2022-04-22T21:15:49+08:00

Pada 4 Maret 2021, Daftar Positif  Investasi diperkenalkan untuk secara signifikan mengurangi jumlah sektor terbatas yang mencegah orang asing masuk dari 350 menjadi 46.

Apa itu Daftar Positif dan Negatif Investasi?2022-04-25T10:48:55+08:00

Daftar Negatif Investasi digantikan oleh Daftar Positif Investasi pada tahun 2021. Daftar tersebut merinci sektor-sektor terbatas yang dilarang pemerintah untuk diinvestasikan oleh investor dan pengusaha.

Apakah orang asing diperbolehkan mendirikan perusahaan PT lokal di Indonesia?2022-04-25T10:50:29+08:00

Ya, orang asing dapat memasukkan perusahaan PT lokal melalui pengaturan perwakilan lokal. Untuk mengontrol perusahaan sebagai orang asing, Anda dapat mengelola semua keuangan perusahaan dengan memegang rekening bank perusahaan.

Apakah sulit untuk mendirikan perusahaan di Indonesia?2022-04-25T10:46:10+08:00

Sama seperti di negara mana pun, ada persyaratan dan kepatuhan yang harus diikuti oleh orang asing untuk menjalankan bisnis di Indonesia. Ini menjadi mudah karena ada banyak penyedia layanan yang dapat membantu Anda dalam hal ini, baik itu layanan perusahaan atau memperoleh visa dan lisensi. Contoh dari penyedia layanan ini adalah perusahaan kami, di sini di Paul Hype Page. 

 

Apa saja yang perlu diperhatikan dari Indonesia?2022-04-25T10:46:40+08:00

Indonesia adalah negara dengan mayoritas umat Muslim namun bukan merupakan negara Muslim. Meskipun demikian, prinsip-prinsip Islam memang mempengaruhi keputusan politik karena Indonesia memiliki populasi Muslim terbesar di dunia. 

Bahasa nasional Indonesia adalah Bahasa Indonesia dan bahasa Jawa juga merupakan salah satu bahasa utama yang paling umum digunakan. Hanya di kota Jakarta dan pusat-pusat wisata seperti Bali bahasa Inggris dituturkan karena ada segudang turis dan orang asing. 

Mengapa saya harus memasukkan perusahaan saya di Indonesia?2022-04-25T10:46:54+08:00

Indonesia memiliki ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, sudah ada komunitas bisnis asing yang besar di daerah seperti Bali dan Jakarta karena mereka melihat sejumlah besar wisatawan dan pelancong sepanjang tahun. 

Bali adalah pusat wisata yang terkenal di seluruh dunia, terkenal dengan pantainya yang cerah dan pemandangannya untuk dilihat. Jakarta di sisi lain adalah ibu kota negara, menjadi pusat ekonomi, budaya dan keuangan. 

Apakah menguntungkan mendirikan perusahaan di Indonesia?2022-04-25T10:47:10+08:00

Indonesia memiliki pertumbuhan ekonomi yang dilihat oleh banyak orang asing sebagai peluang. Meskipun situasi perjalanan internasional terbatas, industri perjalanan Indonesia masih memiliki potensi karena ribuan pulau yang terdiri dari Indonesia. 

Apalagi, sebelum pandemi Covid-19, Indonesia dianggap sebagai tujuan populer bagi wisatawan, terutama di Bali dan Jakarta. Ada banyak perusahaan asing yang didirikan di sana karena banyaknya turis yang bepergian ke sana. 

Apa saja yang perlu diperhatikan dari Indonesia sebelum bepergian?2022-04-25T12:50:14+08:00

Bahasa nasional Indonesia adalah bahasa Indonesia, meskipun mirip dengan bahasa Melayu, tetapi tidak sama. Selain itu, bahasa Jawa juga merupakan salah satu bahasa utama yang paling umum digunakan. Indonesia juga bukan negara Islam meskipun memiliki penduduk Muslim terbesar di dunia.

Meskipun Indonesia bukan negara Islam resmi, prinsip-prinsip Islam memang mempengaruhi keputusan politik. Hal ini juga mempengaruhi budaya di Indonesia, misalnya kesopanan dalam berpakaian.

Apakah sulit mendirikan perusahaan di Indonesia?2022-04-25T12:50:27+08:00

Indonesia mengizinkan orang asing untuk mendirikan perseroan terbatas asing dengan kepemilikan hingga 100%, meskipun ada beberapa persyaratan dan kepatuhan yang harus diikuti, itu menjadi mudah karena ada banyak penyedia layanan yang dapat membantu dalam hal ini, seperti perusahaan kami Paul Hype Page.

Apakah ada komunitas ekspatriat yang besar di Indonesia?2022-04-25T12:50:46+08:00

Ada sejumlah besar ekspatriat di Indonesia, untuk pendidikan serta peluang bisnis. Paling signifikan di Bali dan Jakarta, ada komunitas besar ekspatriat yang tinggal di sana.

Bali adalah pusat wisata yang menarik banyak sekali turis dan pelancong ke pantainya untuk berjemur di pantai yang cerah. Jakarta adalah ibu kota dan pusat ekonomi, budaya dan keuangan Indonesia.

Wilayah Indonesia mana yang populer di kalangan bisnis?2022-04-25T12:52:27+08:00

Dua negara bagian utama yang meraup pendapatan terbesar adalah Bali dan Jakarta. Bali adalah pulau yang populer di kalangan wisatawan karena pemandangan dan pantainya, bersama dengan variasi bisnis asing yang didirikan di sana untuk menarik para pelancong ini.

Jakarta di sisi lain adalah ibu kota Indonesia. Kedua negara bagian ini juga populer karena kedekatannya dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Orang-orang dari kedua negara ini biasanya sering ke Indonesia saat liburan untuk berlibur.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendirikan perusahaan Indonesia?2022-04-25T12:52:43+08:00

Prosesnya tergantung pada kasus per kasus, tetapi biasanya diperlukan waktu sekitar 1-2 bulan untuk pendaftaran lengkap.

Apa itu kantor perwakilan?2022-04-22T19:53:11+08:00

Kantor perwakilan adalah jenis badan usaha yang didirikan oleh perusahaan asing untuk melakukan penelitian karena tertarik untuk menggali potensi peluang bisnis sebelum mengambil keputusan untuk mendirikan kantor tetap. Itu tidak memiliki status hukum, dan tidak dapat terlibat dalam perdagangan atau kegiatan bisnis apa pun yang menghasilkan pendapatan. Namun, dapat melakukan kegiatan pemasaran dan promosi.

Apa itu Daftar Investasi Positif dan Negatif?2022-04-22T19:53:40+08:00

Daftar Negatif Investasi digantikan oleh Daftar Investasi Positif pada tahun 2021. Daftar tersebut merinci sektor-sektor terbatas yang dilarang pemerintah untuk diinvestasikan oleh investor dan pengusaha.

Apa itu Anggaran Dasar?2022-04-22T19:54:12+08:00

Anggaran dasar merupakan dokumen yang menetapkan peraturan untuk operasi perusahaan dan mendefinisikan tujuan perusahaan. Dokumen tersebut menjabarkan bagaimana tugas harus diselesaikan dalam organisasi, termasuk proses penunjukan direktur dan penanganan catatan keuangan.

Apa itu calon direktur?2022-04-22T19:54:50+08:00

Direktur nominee adalah orang yang ditunjuk untuk mewakili kepentingan kelompok atau orang lain. Misalnya, direktur calon dapat ditunjuk untuk duduk di dewan oleh pemegang saham substansial atau kelas khusus pemegang saham.

Apa itu Anggaran Dasar?2022-04-22T21:12:35+08:00

Anggaran dasar merupakan dokumen yang menetapkan peraturan untuk operasi perusahaan dan mendefinisikan tujuan perusahaan. Dokumen tersebut menjabarkan bagaimana tugas harus diselesaikan dalam organisasi, termasuk proses penunjukan direktur dan penanganan catatan keuangan.

Apa update terbaru dari Daftar Positif dan Negatif Investasi?2022-04-22T21:17:16+08:00

Pada 4 Maret 2021, Daftar Positif  Investasi diperkenalkan untuk secara signifikan mengurangi jumlah sektor terbatas yang mencegah orang asing masuk dari 350 menjadi 46.

Apa itu Daftar Investasi Positif dan Negatif?2022-04-22T21:19:31+08:00

Daftar Negatif Investasi digantikan oleh Daftar Investasi Positif pada tahun 2021. Daftar tersebut merinci sektor-sektor terbatas yang dilarang pemerintah untuk diinvestasikan oleh investor dan pengusaha.

Bisakah saya mendirikan perusahaan lokal asing?2022-04-22T21:20:49+08:00

Ya kamu bisa. Anda akan membutuhkan calon direksi lokal untuk pendirian perusahaan lokal asing Anda.

Jika saya memiliki KITAS investor, dapatkah saya bekerja di Indonesia?2022-04-26T13:54:17+08:00

Seorang direktur perusahaan pemegang KITAS investor dapat bekerja di Indonesia jika memenuhi persyaratan berikut:

  • Semua tugas yang ditangani oleh direktur harus memenuhi ruang lingkup kegiatan usaha perusahaan
  • Perusahaan memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mencari nafkah.
Apakah saya diperbolehkan bekerja jika saya adalah pemegang KITAS?2022-04-26T13:55:49+08:00

Anda hanya diperbolehkan bekerja jika Anda telah berhasil memperoleh KITAS kerja, bersama dengan IMTA. Jenis KITAS lainnya tidak memberi Anda izin untuk bekerja, kecuali untuk KITAS investor. Namun, ada kriteria tertentu yang perlu dipenuhi.

Bisakah saya mengajukan KITAS secara online?2022-04-26T13:58:09+08:00

Ya, pengajuan KITAS dapat dilakukan melalui website Izin Tiinggal. Perhatikan bahwa Anda diminta untuk memberikan Nomor Otorisasi VITAS Anda. Meskipun aplikasi dapat dilakukan secara online, Anda harus pergi ke kantor Imigrasi secara langsung untuk membayar biaya aplikasi dan mendapatkan stempel ITAS Anda.

Bisakah saya memperpanjang Visa Kerja Indonesia?2022-04-26T13:59:26+08:00

Ya, perpanjangan dapat diterapkan sebelum visa kerja Anda berakhir. Jika Anda telah tinggal di Indonesia selama 3 tahun berturut-turut, Anda juga dapat memilih untuk mengajukan permohonan Izin Tinggal Tetap (KITAP) yang masa berlakunya lebih lama yaitu 5 tahun dan dapat diperpanjang.

Bagaimana cara mengajukan Visa Kerja di Indonesia?2022-06-02T11:33:44+08:00

KITAS akan dilakukan oleh pemberi kerja atas nama pekerja asingnya.

Apa saja persyaratan untuk mendapatkan Izin Kerja?2022-06-02T11:34:21+08:00

Kandidat harus memiliki

  • Pendidikan yang berkaitan dengan jabatan yang akan ia ambil di Indonesia,
  • Memberikan bukti asuransi kesehatan atau jiwa untuk seluruh masa tinggal selama bekerja di Indonesia,
  • Harus memiliki minimal 5 tahun pengalaman kerja untuk posisi terkait atau dia harus menunjukkan sertifikat kompetensi di bidang itu.
Siapa saja warga negara yang tidak dapat mengajukan Visa Bisnis?2022-06-02T11:34:37+08:00

Imigrasi Indonesia memiliki kebijakan di mana mereka tidak menyetujui aplikasi visa dari negara-negara berikut: Afghanistan, Guinea, Israel, Irak, Korea Utara, Kamerun, Liberia, Nigeria dan Somalia.

Apakah hak tenaga kerja yang sama berlaku untuk pekerja lokal dan asing di Indonesia?2022-06-02T11:34:56+08:00

Orang asing dari negara manapun diperbolehkan bekerja di Indonesia selama tidak ada warga negara Indonesia atau mampu melakukan tugas-tugas yang dipersyaratkan dalam jabatan tersebut.

Namun demikian, bukan berarti hak tenaga kerja asing di Indonesia berbeda dengan warga negara Indonesia. Pekerja asing berhak atas perlindungan yang sama di bawah undang-undang dan peraturan ketenagakerjaan Indonesia yang relevan seperti rekan-rekan mereka di Indonesia.

Negara mana yang paling banyak mengirim TKA ke Indonesia?2022-06-02T11:35:11+08:00

Sebagian besar tenaga kerja asing di Indonesia berasal dari negara-negara Asia Timur. China mengirimkan pekerja asing terbanyak ke Indonesia, dengan Jepang dan Korea Selatan berada di peringkat kedua dan ketiga berdasarkan metrik ini. Ketiga negara ini merupakan gabungan hampir 60% dari seluruh TKA yang bekerja di Indonesia.

Apakah saya perlu menyampaikan laporan pajak jika perusahaan saya sudah berdiri tetapi tidak ada kegiatan usaha?2022-06-02T15:21:41+08:00

Ya, wajib menyampaikan laporan pajak bulanan dan tahunan meskipun perusahaan Anda tidak memiliki kegiatan usaha. Oleh karena itu, Pemilik Usaha tidak diwajibkan untuk melakukan pajak apapun.

Perusahaan mana saja yang perlu mengajukan Laporan Keuangan Tahunan di Indonesia?2022-06-02T15:23:24+08:00
  1. Perseroan Terbatas dengan salah satu kriteria sebagai berikut:

    • Perusahaan Terbuka (Tbk);
    • Perusahaan yang kegiatan usahanya berkaitan dengan pengelolaan dana masyarakat;
    • Perusahaan yang telah menerbitkan pernyataan pengakuan utang;
    • Perusahaan dengan total aset paling sedikit Rp25.000.000.000,00 (dua puluh lima miliar Rupiah); atau
    • Debitur, yang laporan keuangan tahunannya dimandatkan oleh bank untuk diaudit tahunan.

  2. Perusahaan asing yang berkedudukan dan melakukan kegiatan usaha di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk kantor cabang, kantor pembantu, anak perusahaan, agen, dan perwakilan perusahaan yang berwenang mengadakan perjanjian.
  3. Perusahaan milik Pemerintah (PERSERO), Perusahaan Umum (PERUM) dan Perusahaan Daerah.
Apa sanksi yang saya terima jika saya melewatkan batas waktu pengisian Laporan Keuangan Tahunan di Indonesia?2022-06-02T15:24:01+08:00

Perusahaan yang tidak menyampaikan Laporan Keuangan Tahunan melalui portal Kementerian Perdagangan dapat mengalami konsekuensi sebagai berikut:

  • Peringatan tertulis
  •  Pencabutan izin usaha dan/atau izin operasional atau izin komersial perusahaan
  • Rekomendasi pencabutan izin usaha dan/atau operasional perusahaan atau izin niaga

(Peringatan akan dikirim dalam waktu 14 hari, hingga 3 kali.)

Mengapa beberapa Undang-Undang Perpajakan Indonesia telah diubah?2022-06-02T14:46:26+08:00

Undang-undang perpajakan suatu negara harus mencerminkan realitas ekonomi yang ada di negara tersebut. Pada titik-titik tertentu, undang-undang perpajakan Indonesia tidak sejalan dengan kondisi ekonomi negara. Oleh karena itu, mereka harus diubah untuk memperbaiki masalah ini.

Mengapa Indonesia memiliki Skema Jaminan Sosial?2022-06-02T14:47:16+08:00

Skema jaminan sosial Indonesia dimaksudkan untuk melindungi kesejahteraan karyawan. Mereka memberikan manfaat kepada karyawan dalam kasus usia tua atau pensiun, cedera yang diderita di tempat kerja, atau bahkan kematian. Melalui skema ini, pemerintah Indonesia menjunjung tinggi hak-hak pekerja.

Bagaimana Tarif Pajak Badan Indonesia berubah selama bertahun-tahun?2022-06-02T14:47:37+08:00

Perubahan terakhir tarif pajak badan di Indonesia terjadi pada tahun 2010. Pada tahun itu, tarif pajak turun dari 28% menjadi 25%. Tarif pajak badan tertinggi yang pernah ada di Indonesia adalah 39%.

Perusahaan Manakah Wajib Pajak di Indonesia?2022-06-02T14:47:56+08:00

Kriteria utama bagi suatu perusahaan untuk dianggap sebagai wajib pajak Indonesia adalah memiliki bentuk usaha tetap atau tempat kepengurusan utama di Indonesia. Perusahaan residen Indonesia dikenakan pajak berdasarkan pendapatan yang mereka peroleh di manapun di dunia.

Berapa Tarif Pajak di Indonesia?2022-06-02T14:48:12+08:00

Tarif tetap 25%.

Keahlian apa yang harus dimiliki Sekretaris Perusahaan?2022-06-02T15:57:13+08:00

Kualitas yang diinginkan dari sekretaris perusahaan meliputi:

  • Mengetahui dan memahami ketentuan Memorandum dan Anggaran Dasar perusahaan.
  • Jadilah fasih dan sesuai dengan badan hukum dan peraturan yang berbeda.
  • Memastikan prosedur yang benar diikuti dan ditaati sesuai dengan Memorandum dan Anggaran Dasar Perusahaan (M&A) dan Companies Act, 2016.
  • Memberi nasihat kepada dewan dan memastikan kepentingan dewan dan perusahaan selalu diperhatikan.
Keahlian apa yang harus dimiliki Sekretaris Perusahaan?2022-06-02T10:29:07+08:00

Keahlian untuk hukum Perusahaan

  • Sekretaris Perusahaan (CS) harus mengetahui hukum negara untuk melaksanakan tanggung jawab hukum.

Kemampuan berkomunikasi

  • Mengikuti perubahan terbaru dan berinteraksi dengan dewan direksi untuk mengambil keputusan terkait rapat dewan, tata kelola perusahaan, dll. Oleh karena itu, keterampilan menulis dan komunikasi lisan yang efektif merupakan bagian penting dari Sekretaris Perusahaan.

Kepatuhan

  • Memastikan bahwa Direksi mengikuti peraturan dan perundang-undangan sesuai dengan Undang-Undang Perusahaan dan kepatuhan terhadap peraturan lainnya, yang akan diberitahukan kepada mereka dalam mengelola semua kegiatan.
  • Manajemen Waktu & Multi-Task
  • Kepatuhan tepat waktu sangat diperlukan untuk masalah hukum perusahaan untuk menghindari hukuman. Seorang CS harus waspada tentang masalah kepatuhan, yang sangat diperlukan baginya untuk multi-task
  • Perhatian terhadap detail
  • Memastikan tepat waktu, informasi yang tepat, dengan mempertimbangkan keluhan pemegang saham, bernegosiasi dengan pemangku kepentingan, dll.

Perencanaan yang Teliti

  • Memastikan bahwa semua departemen mematuhi hukum dan mematuhi syarat dan ketentuan.
Apa itu Daftar Negatif Investasi Indonesia?2022-04-22T16:25:29+08:00

Daftar sektor yang tertutup untuk investasi asing atau di mana investasi asing dibatasi.

What are the requirements to open a Corporate Bank Account in Indonesia?2021-06-05T09:26:25+08:00

They are required to meet the following criteria under the specific category; 

  • Company’s memorandum 
  • Articles of Association 

(If is an Indonesian company) 

  • Company’s business licenses 
  • Tax identification number 

(If is a foreign company)  

  • A deposit of one million rupiah 
  • A completed and appropriately signed application form 
  • Copies of any necessary; Identity cards, Business licenses, Tax registration number, Certificate of Incorporation and Company Registration Certificate 

(If is a representative office) 

  • Company Registration certificate 
  • Business licenses 
  • Tax registration number 
Ada berapa jenis perusahaan di Indonesia?2022-04-22T16:29:59+08:00

Di Indonesia, ada enam jenis perusahaan yang dapat Anda gunakan untuk memulai bisnis.

Perseroan Terbatasa (PT)

  • Sebuah perseroan terbatas dan opsi perusahaan asing yang paling umum didirikan di Indonesia. Ada tiga kategori perusahaan PT; Berukuran kecil, berukuran sedang, dan berukuran besar. Perbedaan antara keduanya adalah modal disetor, dan diatur oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing (PT PMA) / Penanaman Modal Asing (PMA)

  • Perusahaan milik asing yang didirikan berdasarkan peraturan yang ditetapkan dalam Undang-Undang Penanaman Modal Asing dan disetujui oleh Badan Koordinasi Permodalan Indonesia. Selama waktu kemudian, jika perusahaan mempertimbangkan untuk menjadi publik, mereka memenuhi syarat untuk melakukannya.

Kantor Perwakilan Perusahaan Asing (KPPA)

  • Kantor perwakilan asing, dirancang untuk investor yang ingin mempelajari pasar Indonesia untuk tujuan penelitian dan pengembangan terkait bisnis. Keberadaan KPPA adalah sebagai agen jual beli induk perusahaan tetapi dengan batasan-batasan, karena terbatas pada wilayah usaha tertentu seperti jasa, perbankan, perdagangan, pertambangan, gas, dan minyak.

Kantor Perwakilan Perdagangan (KP3A)

  • Kantor perwakilan perdagangan luar negeri, dirancang untuk pemilik bisnis asing untuk mempelajari lebih lanjut tentang pasar Indonesia sebelum memulai sebuah perusahaan di Indonesia, sehingga memberikan mereka keunggulan yang melekat pada pesaing mereka

Perseroan Terbatas Nominee

  • Opsi bisnis yang memungkinkan pemilik bisnis untuk segera memulai operasinya, memungkinkan mereka untuk mendaftarkan perusahaan di Indonesia melalui nominee Indonesia. Jenis perusahaan ini memungkinkan Anda untuk mempercepat proses; seperti melewati batasan investasi asing, menutup transaksi dengan cepat dan mendapatkan kontrak.

Perusahaan Umum

  • Jenis perusahaan yang harus mematuhi peraturan pendaftaran perusahaan yang ketat. Itu mengharuskan perusahaan memiliki setidaknya 300 pemegang saham dan modal disetor Rp satu miliar, untuk dicatatkan di bursa.
Keistimewaan apa yang diperoleh perusahaan PT PMA?2022-04-22T16:39:05+08:00

Di Indonesia, perusahaan milik asing mendapatkan banyak keistimewaan dan keuntungan, hal-hal tersebut akan disebutkan sebagai berikut;

  • Kemudahan mendapatkan lisensi dan izin – Sebagian besar pemeriksaan dilakukan dalam waktu singkat dengan referensi jenis badan usaha lain.
  • Sponsorship Tenaga Kerja Asing – Tenaga kerja asing dapat menerima sponsorship dari perusahaan jika memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah.
  • Bea Masuk yang Lebih Rendah – Jumlah bea masuk lebih sedikit dibandingkan dengan badan usaha lain, memungkinkan pemilik bisnis untuk mendapatkan keuntungan dari pajak dan keuntungan finansial lainnya jika mereka memenuhi syarat.
Mengapa saya perlu membuka Rekening Bank Korporat untuk perusahaan saya?2022-04-22T16:43:03+08:00

Di Indonesia, wajib untuk membuka Rekening Bank Korporat sebelum Anda dapat memulai sebuah perusahaan dan mendapatkan keuntungan dari proses tanpa kerumitan saat bekerja dengan berbagai layanan bank.

Selain itu, rekening bank perusahaan dari perusahaan itu tidak dapat dibagi dengan perusahaan lain.

Bisakah Orang Asing Menjadi Komisaris Perusahaan di Perusahaan Indonesia?2022-04-22T16:51:45+08:00

Ya, Orang Asing dapat mengabdi di Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing (PT PMA) – Jenis perusahaan milik asing yang membutuhkan pemegang saham, direktur, dan komisaris perusahaan; jika mereka memenuhi persyaratan tertentu yang dinyatakan oleh peraturan.

Siapa yang dapat memberhentikan komisaris atau direktur di perusahaan?2022-06-22T10:25:10+08:00

Pemegang saham berhak memberhentikan seorang komisaris atau direktur dalam perseroan. Untuk memberhentikan seorang komisaris atau direktur dalam perseroan, pemegang saham harus mengeluarkan surat pemberhentian, surat pernyataan, dan menyelenggarakan sidang. 

Proses memberhentikan komisaris atau direktur di perusahaan memang merepotkan. Apakah ada cara agar saya dapat menghindari proses penghentian?2022-06-22T10:25:23+08:00

Ya, ada cara untuk menghindari kerumitan penghentian. Dalam anggaran dasar perusahaan, pemegang saham dapat membatasi masa jabatan (satu sampai lima tahun) komisaris atau direktur. Setelah komisaris atau direktur mencapai masa jabatan maksimum, komisaris atau direktur harus mengosongkan peran tersebut. Dengan begitu, perusahaan tidak harus melalui proses pemutusan hubungan kerja. 

Siapa yang bertanggung jawab untuk meninjau dan menyetujui laporan keuangan tahunan perusahaan? Direksi atau Dewan Komisaris?2022-06-22T10:25:35+08:00

Dewan Komisaris bertanggung jawab untuk menelaah dan menyetujui laporan keuangan tahunan perusahaan. 

Bisakah orang asing menjadi komisaris di Indonesia?2022-06-22T10:25:45+08:00

Selama orang asing memiliki izin kerja di Indonesia, ia dapat menjadi komisaris di perusahaan milik asing. Namun, perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh orang Indonesia tidak diperbolehkan mempekerjakan orang asing sebagai komisaris perusahaan. 

What is a Deed of Establishment?2020-12-11T15:47:03+08:00

Deed of Establishment is a company registration document obtained from the Ministry of Justice. It contains company details and articles of association. It also contains the company name, location, objective, capital amount, value and classification of company shares, incorporation period, members’ details (number, name & position), procedure, and place for general meeting and distribution procedures for dividends and profits. 

Why does the Indonesian government deem the Negative Investment List to be necessary?2020-12-11T15:46:47+08:00

The Indonesian government introduced the Negative Investment List to prevent the Indonesian market from becoming oversaturated with foreign-owned companies. It also saw the Negative Investment List as a method through which entrepreneurial activity conducted by Indonesians could be encouraged. 

What is the duration of the license for a Representative Officer?2020-12-11T15:46:29+08:00

The representative officer’s license goes for a maximum of five years. The first three initial years can be extended for two more years.  

This is a document needed in the company registration process as stated by the Indonesian law and is obtained from the Ministry of Law and Human Rights. 

What is a Negative Investment list?2020-12-11T15:36:55+08:00

Daftar Negatif Investasi is a list of businesses that foreigners cannot invest in Indonesia. 

Do I entitle to holiday pay if I must work on a public holiday in Indonesia?2020-10-26T15:32:11+08:00

If you have to work on a public holiday in Indonesia, then you are entitled to an overtime pay rate.  

Is Diwali a public holiday in Indonesia?2020-10-26T15:31:47+08:00

No. Diwali is not a public holiday in Indonesia. 

What are the main holidays in Indonesia?2020-10-26T15:30:43+08:00

The main holidays in Indonesia are the religious holidays, focusing on the Muslim community. 

Is Christmas a holiday in Indonesia?2020-10-26T15:26:37+08:00

Yes. Christmas is a holiday in Indonesia. 

What is The Benefit of Incorporating Your Company in Indonesia?2020-10-19T17:47:10+08:00

Incorporating your company gives you the authority to manage your company and other jurisdictions supported by Indonesia. 

What is a Negative Investment list?2020-10-19T17:46:27+08:00

Daftar Negatif Investasi is a list of business that foreigners cannot invest in Indonesia. 

What is the difference between the Deed of Establishment (DOE), Memorandum of Association, and the Article of Association?2020-10-19T17:46:07+08:00

DOE outlines the company details and company operations. 

On the other hand, Memorandum & Article of Association can be used interchangeably with DOE except that it only refers to the powers and responsibilities of the company’s directors and how members exercise control in the company directors’ governance. 

What is Deed of Establishment?2020-10-19T17:45:44+08:00

Deed of Establishment is a company registration document that obtained from the Ministry of Justice. It contains company details and articles of association. It also contains the company name, location, objective, capital amount, value and classification of company shares, incorporation period, members’ details (number, name & position), procedure and place for general meeting and distribution procedures for dividends and profits. 

What is the duration of the license for a Representative Officer?2020-10-19T17:42:32+08:00

The representative officer’s license goes for a maximum of five years. The first three initial years can be extended for two more years. 

This is a document needed in the company registration process as stated by the Indonesian law, and is obtained from the Ministry of Law and Human Rights. 

Apa risiko utama memiliki perusahaan modal ventura?2022-06-22T15:16:21+08:00

Risiko utama meliputi: 

Manajemen yang buruk oleh pemilik startup yang dapat menyebabkan kegagalan dan hilangnya dana yang disumbangkan oleh malaikat bisnis. 

Tren pasar yang dapat menggeser kebutuhan dan membuat perusahaan modal ventura beroperasi pada kerugian. 

Bisakah orang asing memulai perusahaan modal ventura di Indonesia?2022-06-22T15:16:32+08:00

Indonesia menerima investor asing baik secara mandiri atau melalui kemitraan dengan perusahaan domestik jika mereka mematuhi aturan dan peraturan yang mengatur perusahaan modal. 

Industri mana di Indonesia yang memiliki perusahaan modal ventura paling banyak?2022-06-22T15:16:45+08:00

Industri digital yang menangani konten teknologi dan e-commerce termasuk layanan cloud. 

Do most people in Indonesia consider the cost of VAT to be excessive?2020-04-02T17:13:03+08:00

For most who live in Indonesia today, the cost of VAT is affordable. Thus, most goods and services are affordable as well. Therefore, the cost of living in Indonesia is not excessive because of the reasonable cost of VAT.

How has VAT facilitated the creation of companies in Indonesia?2020-04-02T17:12:22+08:00

VAT is a crucial component of revenue generation for any country’s economy. Its proper enforcement can bring about significant growth to the economy. The VAT which has been collected by the Indonesian government has similarly caused economic growth to take place. This economic growth has in turn encouraged many people to choose to start a company of their own in Indonesia.

Has the number of permanent residents of Indonesia been increasing?2020-04-02T17:10:58+08:00

The steady growth of Indonesia’s economy has caused more people from all over the world are opting to move the country to test the waters. Among these people, many choose to become permanent residents of Indonesia. Although it is not easy to become a permanent resident of Indonesia, the government is working towards amending the regulations in order to make it easier for anyone to do so. This is a move which is intended to increase business activities conducted by foreigners in the country in an effort to boost the country’s economic growth.

What are the primary differences between permanent residents and citizens of Indonesia?2020-04-02T17:09:42+08:00

It is important to note that there are significant differences between a permanent resident and a citizen of Indonesia. A permanent resident is granted the right to live in Indonesia on an indefinite basis. Permanent residency also allows one to continue holding the citizenship of the permanent resident’s country of origin. On the other hand, an Indonesian citizen is one who does not require any form of permit to live in Indonesia because Indonesia would be where the citizen born and raised. However, Indonesian citizens are not eligible for dual citizenship according to the laws of the land.

Apakah banyak kendaraan buatan Indonesia yang diekspor?2022-07-12T10:54:58+08:00

Pemerintah Indonesia mengharapkan ekspor kendaraan di dalam negeri meningkat, terutama sejak pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang menjadikan kawasan Asia Tenggara menjadi satu pasar dan kawasan produksi tunggal. MEA diharapkan dapat memberikan lebih banyak peluang bagi eksportir dengan meningkatkan jumlah perdagangan regional yang dilakukan. Pasar ekspor terpenting di Asia Tenggara adalah Thailand, Filipina, dan Malaysia. Banyak kendaraan buatan Indonesia juga diekspor ke Jepang dan Arab Saudi.

Namun, sulit bagi Indonesia untuk meningkatkan ekspor kendaraannya karena industri otomotif nasional masih berada di level Euro 2, sehingga menyiratkan standar emisi yang relatif rendah jika dibandingkan dengan negara lain. Masalah lain yang membatasi ekspor kendaraan buatan Indonesia adalah kekhawatiran tentang standar keselamatan serta relatif kurangnya pengembangan teknologi dan infrastruktur.

Kesulitan apa yang mungkin dihadapi oleh seseorang yang memulai bisnis otomotif di Indonesia?2022-07-12T10:55:11+08:00

Setiap usaha bisnis dihadapkan pada berbagai tantangan, tidak terkecuali bisnis otomotif di Indonesia. Tantangan utama yang harus diatasi oleh pemilik bisnis otomotif Indonesia meliputi: kemampuan untuk memenuhi pasar lokal, bea masuk, keunggulan atau kekurangan merek, ketersediaan produk, fluktuasi nilai tukar mata uang, hambatan bahasa, perbedaan metode pembayaran, dan hukum dan peraturan asing jika berlaku.

Selain Indomare dan Alfamart, apa saja jaringan toko swalayan terkemuka di Indonesia?2022-07-12T11:44:44+08:00

Terlepas dari dominasi mereka di pasar lokal, Indomaret dan Alfamart bukan satu-satunya jaringan toko serba ada di Indonesia. Alfamidi, Circle K, dan Lawson adalah beberapa jaringan toko serba ada lainnya yang memiliki banyak gerai di seluruh negeri. 

Masalah kebersihan apa yang dihadapi toko serba ada di Indonesia?2022-07-12T11:44:57+08:00

Karena banyaknya pelanggan, sulit untuk menjaga toko serba ada tetap bersih setiap saat. Ini telah membuat toko-toko perlu mengalihdayakan layanan pembersihan dari perusahaan pembersih yang menangani pembersihan pada interval yang ditentukan. Namun, ini terkadang terbukti agak mahal. 

Masalah keamanan apa yang dihadapi toko serba ada di Indonesia?2022-07-12T11:45:08+08:00

Sementara toko serba ada terbukti efektif bagi konsumen, mereka juga menghadapi berbagai tantangan keamanan seperti mengutil dan kejahatan berbasis geng. Terlepas dari pemasangan sistem keamanan yang sangat efektif, tindakan kriminal tetap terjadi di toko serba ada. Mereka rentan terhadap serangan penjahat yang menerobos masuk dan pergi dengan membawa uang dalam jumlah besar. Tindakan ini sering membuat pelanggan yang mungkin merasa tidak cukup aman untuk berbelanja di toko seperti itu lagi. 

Which countries are Indonesia’s primary trading partners?2020-04-02T17:02:22+08:00

Most of Indonesia’s trade is conducted with other Asian countries. Of these, the majority of such trading activities is conducted with South Korea, Japan, Singapore, and China.

What are the primary products exported out of Indonesia?2020-04-02T17:01:48+08:00

Indonesia’s leading exports include minerals, oil and gas, rubber, electrical appliances, and palm oil. The exports of such products account for approximately 20% of the country’s GDP.

What are the primary products imported into Indonesia?2020-04-02T17:00:58+08:00

The products of which Indonesia imports large quantities from abroad include mineral fuels, oil, machinery, computers, iron, steel, plastics, and vehicles. Items in these categories constitute almost 60% of all products which are imported into Indonesia.

Merek elektronik konsumen apa yang paling dihormati di Indonesia saat ini?2022-07-15T11:32:14+08:00

Menurut statistik terbaru, lima merek elektronik konsumen yang memiliki reputasi terbaik di kalangan konsumen di Indonesia adalah Samsung, Apple, Sony, Philips, dan Asus. Perlu dicatat bahwa kelimanya adalah merek asing, bukan lokal. 

Apa tantangan utama yang dihadapi industri elektronik Indonesia saat ini?2022-07-15T11:32:25+08:00

Salah satu tantangan utama yang mengganggu industri ini adalah relatif kurangnya penjualan selama periode perayaan. Dalam beberapa tahun terakhir, penjualan produk elektronik selama waktu seperti itu dalam setahun belum mencapai puncaknya seperti yang mereka lakukan di masa lalu. 

Apa itu Gabel?2022-07-15T11:32:37+08:00

Gabel adalah Gabungan Industri Elektronik Indonesia. Mengawasi kegiatan bisnis perusahaan elektronik yang berlokasi di seluruh Indonesia. Banyak pengecer elektronik Indonesia yang tergabung dalam Gabel. 

Apa yang akan terjadi pada jasa kurir Indonesia yang tidak memiliki lisensi yang diperlukan?2022-07-18T11:35:19+08:00

Meskipun layanan kurir yang berbasis di Indonesia dapat tetap beroperasi meskipun tidak memiliki semua lisensi yang diperlukan, kegagalan untuk melakukannya juga akan menyebabkan hak istimewa yang diberikan melalui kepemilikan lisensi tersebut menjadi tidak dapat diakses oleh bisnis dan pemiliknya.

Bagaimana cara jasa kurir di Indonesia mengirimkan barang?2022-07-18T11:35:43+08:00

Jasa kurir di Indonesia memiliki pilihan pengiriman barang melalui jalur darat, udara, atau laut. Namun, ukuran dan susunan geografis Indonesia telah menyebabkan pengiriman melalui udara menjadi yang paling umum.

Apa itu skema pembagian saham?2022-07-18T12:15:36+08:00

Skema distribusi saham adalah kebijakan perusahaan yang menentukan bagaimana saham perusahaan harus dibagi di antara para pemegang sahamnya. Skema distribusi saham dibuat untuk kepentingan pemegang saham perusahaan.

Apa saja pelabuhan tersibuk di Indonesia?2022-07-18T12:15:33+08:00

Dua pelabuhan tersibuk di Indonesia adalah Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Tanjung Perak. Pada tahun 2018, Pelabuhan Tanjung Priok melihat 7,64 juta unit setara dua puluh kaki (TEUs) melewati pelabuhan, sedangkan Pelabuhan Tanjung Perak memiliki 3,866 juta yang sama.

Are foreigners allowed to start a publishing company in Indonesia?2020-04-02T16:50:57+08:00

Foreigners are allowed to start a publishing company in Indonesia as long as they have acquired the necessary licenses and the work permit which will allow them to work in Indonesia. 

Why has the publishing industry in Indonesia grown rapidly?2020-04-02T16:50:08+08:00

The abundance of printed materials and the growth of the publishing industry in Indonesia can primarily be credited to the relative lack of limitations in the establishment of an outlet for printingMuch of the growth of the publishing industry in Indonesia has been driven by an increased demand for newspapers as well as advertorial material. For this reason, it is now more advantageous than ever before for one to start a publishing company in Indonesia. 

Is there much English-language published material in Indonesia?2020-04-02T16:49:05+08:00

As is to be expected, Indonesian is the official language of the country. However, many Indonesians are also fluent in English. There are almost 25 million people who are able to speak English in Indonesia today. Therefore, there is a market for published material in English; for this reason, there is a considerable amount of published material originating from Indonesia which is in English. 

Apa saja yang perlu diperhatikan dari Indonesia sebelum bepergian?2022-04-26T12:12:01+08:00

Bahasa nasional Indonesia adalah bahasa Indonesia, meskipun mirip dengan bahasa Melayu, tetapi tidak sama. Selain itu, bahasa Jawa juga merupakan salah satu bahasa utama yang paling umum digunakan. Indonesia juga bukan negara Islam meskipun memiliki penduduk Muslim terbesar di dunia.

Meskipun Indonesia bukan negara Islam resmi, prinsip-prinsip Islam memang mempengaruhi keputusan politik. Hal ini juga mempengaruhi budaya di Indonesia, misalnya kesopanan dalam berpakaian.

Kapan saya mengadakan RUPS?2022-04-26T12:12:18+08:00

RUPST diadakan kapan saja antara rilis laporan keuangan tahunan dan 6 bulan setelahnya. Adalah bijaksana untuk memberikan waktu yang cukup bagi para anggota untuk meninjau sendiri laporan keuangan tahunan sebelum mengadakan RUPS.

Jika ada hal yang mendesak yang perlu ditangani, apakah saya dapat mengadakan RUPS lebih awal dari rilis laporan keuangan tahunan?2022-04-26T12:12:41+08:00

Dalam hal rapat harus diadakan sebelum dikeluarkannya laporan keuangan tahunan, maka Rapat Umum Luar Biasa dapat diadakan setiap saat dengan tidak ada larangan seperti RUPS. RUPSLB ini dapat dipanggil oleh seorang pemegang saham, tidak hanya membatasi hak untuk memanggil rapat direksi saja.

How powerful is the glass ceiling in Indonesia?2020-04-02T16:44:31+08:00

The glass ceiling is fairly powerful in Indonesia. This is evidenced by the fact that women in Indonesia seldom take a leading managerial position compared to their male counterparts with similar qualifications. Such is especially true in the private sector. Today, women in Indonesia occupy approximately a quarter of all managerial positions in the country, thus providing evidence of the strength of the glass ceiling in Indonesia.

How prevalent is gender discrimination in Indonesian workplaces?2020-04-02T16:44:16+08:00

The most prevalent form of gender discrimination in the average Indonesian is gender-based violence. Many women in Indonesian workplaces face challenges in this area on a frequent basis. Some incidents of gender discrimination go unreported while others come to public notice. Some other forms gender discrimination include physical assault or violence, sexual harassment, payment below minimum wage in some informal sectors, and even demands for sexual favors for money. These are several of the ways in which women in an Indonesian workplace might face gender discrimination which their male counterparts who work in similar conditions will not usually face.

How does Indonesia’s wage gap compare to those of other countries?2020-04-02T16:42:47+08:00

The pay gap in Indonesia is relatively large; the average man working in Indonesia earns almost twice the amount earned by his female counterpart. According to the Gender Development Index of the United Nations, other countries with a similar income ratio between men and women when compared to that of Indonesia include Cuba, Argentina, Tajikistan, and Fiji.

Can double tax agreements be either updated or abolished?2020-04-02T16:41:20+08:00

Depending on the type of double tax agreement which is signed, any double tax agreement could be rendered obsolete. There are instances when a country updates its taxation system which will require updating of one or more tax treaties with other countries to prevent it from becoming obsolete. 

Double tax agreements can be abolished if there are situations which are not favorable to the countries which are involved. The reasons for such an abolition may include tax evasion or avoidance by investors from a given country as well any other legal reasons which not be favourable to the double tax agreements of the countries which are involved. 

Do double tax agreements affect Indonesia’s Tax laws?2020-04-02T16:40:44+08:00

The signings of double taxation agreements with other countries may sometimes force changes of the taxation laws which have been created by the Indonesian government. Furthermore, the government policies with regard to foreign direct investment may sometimes change after the signing of a double taxation agreement. 

How many countries are part of double tax agreements with Indonesia?2020-04-02T16:40:05+08:00

As of 2018, Indonesia is part a double tax agreement with 68 countries. Some of the most notable countries with which Indonesia has signed a double taxation agreement include the Australia, Canada, France, Japan, the Netherlands, SingaporeSouth Korea, the United Kingdom, and the United States among othersAlthough Indonesia is involved in many double tax agreements, it has only ever abolished one. In 2005, its double tax agreement with Mauritius was abolished. 

What laws govern telecommunications companies in Indonesia?2020-04-02T16:38:28+08:00

Telecommunications companies in Indonesia are regulated by Law No. 36 of 1999 on Telecommunication. This law is supplemented by Government Regulation No. 52 of 2000 concerning Implementation of Telecommunication (GR 52/2000). These laws work together to regulate the operation of the telecommunications networks, telecommunications services and special telecommunications which exist in Indonesia. 

Another important law regarding telecommunications in Indonesia is Government Regulation No. 53 of 2000 on the use of radio frequency spectrums and satellite orbits (GR 53/2000). This law regulates the operation of and also specifies the mandatory fees and licensing requirements for the use of radio frequency spectrums and satellite orbits by any telecommunications company in Indonesia. 

There are also specific decrees and regulations which are issued by the Ministry of Communication and Information Technology. Such decrees and regulations are intended to govern the telecommunications networks, telecommunications services, and special telecommunications operations of Indonesia. 

All information and electronic transactions which take place in Indonesia are specifically regulated by Law No. 11 of 2008 on information and electronic transactions. This law regulates the use of electronic documents and/or information as evidence before Indonesian courts, electronic signatures and transactions, domain names, intellectual property, and the protection of personal rights. It also specifies which related actions are deemed to be illegal as well as the punishments which will be suffered by such offenders. 

Which authorities govern telecommunications companies in Indonesia?2020-04-02T16:38:07+08:00

The Indonesian Telecommunication Regulatory Authority (BRTI) is in charge of regulating Indonesia’s telecommunications sector. The BRTI has the authority to prepare and stipulate regulations on the operation of telecommunications networks and services which are related to areas such as licensing, standards of operational performances, charges with regard to connections, and standards of equipment used for telecommunication purposes in Indonesia. The BRTI also monitors the operational performance of and level of competition among Indonesia’s telecommunications companies. It also serves as the arbiter of any disputes between telecommunications operators in Indonesia, oversees the use of telecommunications equipment by such companies, and implements quality service standards. 

Another important regulatory authority in relation to the telecommunications industry of Indonesia is the Ministry of Communication and Information Technology. The Ministry of Communication and Information Technology oversees the regulation of telecommunication networks and services in Indonesia. Law 36/1999 provides the Ministry of Communication and Information Technology with the right to direct policies of, regulate, supervise, and control the telecommunications industry of Indonesia.  

What percentage of the shares of an Indonesian telecommunications company may be owned by a foreigner?2020-04-02T16:37:02+08:00

Any foreigner who plans to own shares in an Indonesian telecommunications company must abide by the specifications stated in the Negative Investment List. Foreign owners of shares are permitted to own up to 49% of the shares of a company which provides telecommunications services including content services, call centers and other added-value telephony servicesInternet services, as well as certain other multimedia services. 

Foreign shareholderare allowed to own up to 65% of the shares of any company involved in the operation of telecommunications networks consisting of fixed network providers and mobile network providers as well as telecommunications network providers which have been integrated with telecommunication services. 

It is also possible for a foreigner to own up to 95% of the shares of any company in Indonesia which has established or is in the process of establishing a testing telecommunication device agency. 

Are event management companies in Indonesia subject to different corporate tax rates to those of other companies?2020-04-02T16:35:36+08:00

The standard corporate tax rates applied across Indonesia are also applicable to event management companies based there. For this reason, Indonesian event management companies are to pay corporate tax at a rate which is the same as that of other companies in the country. 

Which cities in Indonesia are the most expensive?2020-04-02T16:34:48+08:00

According to the latest figures, the three most expensive cities in Indonesia are Balikpapan, Jakarta, and Jayapura. Therefore, prospective business owners should proceed with caution and pay close attention to the state of the business’s as well as their own finances before choosing to start a company in any of these three cities. 

Are foreigners allowed to own event management companies in Indonesia?2020-04-02T16:34:15+08:00

All company ownership by foreigners in Indonesia is regulated by the Negative Investment List. According to the latest specifications of the Negative Investment List, foreigners are currently permitted to own Indonesia-based event management companies. 

Do any gorvernment ministries deal with foreign direct investment companies?2020-04-02T16:32:39+08:00

There are multiple government ministries which deal with the various elements of foreign direct investment. Some of the most important policies regarding foreign investment are reflected in the Central Government’s Master Plan for the Acceleration and Expansion of the Indonesian Economic Development. All business activities of foreign companies in Indonesia are overseen by the Ministry of Finance which also regulates the financial activities of such companies.

The Ministry of Trade oversees the trade activities regarding exports and imports carried out in the country by foreign investors. The Directorate General of Customs and Excise is also involved in this matter. The Ministry of Law and Human Rights ensures that the rights of foreign investors in Indonesia are always protected so that they will not be mistreated by any authorities or suffer due to nepotism or institutional corruption.

Do any laws in Indonesia specifically pertain to foreign direct investment companies?2020-04-02T16:32:00+08:00

There are many laws in Indonesia which are used for the regulation of foreign direct investment companies. Foreign direct investment companies in Indonesia are regulated by Law No. 25 of 2007 with regard to investment as well as adherence to investment regulations. This law also states that any form of foreign direct investment done in Indonesia is to be carried out by a limited liability company owned by foreigners. In Indonesia, such a company is known as a Penanaman Modal Asing (PMA). PMAs in Indonesia are regulated by Law No. 40 of 2007.

The Investment Law also protects the investors because it states that the Indonesian government will remove neither the ownership rights of the investors nor those of any of the country’s foreign investors. When one takes into account all the laws in Indonesia which concern FDI companies, it will be shown that the laws which specifically pertain to foreign direct investment companies include articles which include information such as licensing, closed or restricted sectors for foreign direct investment, general incentives, fiscal concessions, labor issues, and compensation, among others.

How do foreign direct investment companies contribute to Indonesia’s economy?2020-04-02T16:31:10+08:00

Foreign direct investment companies have contributed significantly towards Indonesia’s economic growth as by bringing in foreign capital as investment in various sectors. In recent years, the total amount of FDI in Indonesia has increased by a large amount. The countries which have placed the largest sums of FDI into Indonesia are Singapore, the Netherlands, and China. The sectors in Indonesia which receive the most FDI are warehousing, transportation, and telecommunications.

Recent reports from the BKPM have shown that foreign direct investment in Indonesia has reached unprecedented levels, thus leading to the many benefits being received by the country. Capital formation, net export revenue, generation of tax revenue, improvement of technological standards, and development of certain industries have all come to Indonesia as a direct result of the FDI which has entered the country.

What matters are overseen by the National Agency of Drug and FOdd Control?2020-04-02T16:28:53+08:00

The National Agency of Drug and Food Control oversees many different yet important matters to preserve the health and safety of everyone living in Indonesia today. Some of these matters include regulation and supervision of medicine, cosmetics, vaccines, and dietary supplements in Indonesia. It is also in charge of all issues related to food safety.

Why is halal certification required?2020-04-02T16:28:07+08:00

Approximately 87% of the Indonesian population today is Muslim. Thus, they will require assurance that the food which they are to consume is not in violation of their religious beliefs. This also means that an F&B business’s failure to obtain halal certification will cause them to be unable to sell products to the vast majority of Indonesians. 

Can a company be eligible for more than one exemption at the same time?2020-04-02T16:24:56+08:00

Just as is the case with people, there are no laws which prevent any company in Indonesia who is eligible for multiple exemptions from claiming all of them; thus, company can be eligible for more than one exemption at the same time. 

Can a person be eligible for more than one exemption at the same time?2020-04-02T16:24:32+08:00

There are no laws which prevent any individual in Indonesia who is eligible for multiple exemptions from claiming all of them. This means that a person can be eligible for more than one exemption at the same time. 

Are any of Indonesia’s current tax exemptions expected to be removed?2020-04-02T16:23:44+08:00

Recently, there have not been any major discussions on the possible removal of any tax exemptions in Indonesia. Therefore, none of them are expected to be removed. 

Are foreigners allowed to own a real estate agency in Indonesia?2020-04-02T16:21:32+08:00

Indonesian laws do not allow foreigners to own a real estate agency in Indonesia by themselves; they must do so alongside a permanent resident or citizen of Indonesia. Foreigners may set up a real estate agency under the name of the Indonesian property developer or an agent with whom they will be working. Foreign real estate agents may also opt to obtain a long-term lease.

Are Indonesian real estate agencies allowed to sell land which is located abroad?2020-04-02T16:20:54+08:00

Indonesian real estate agencies are allowed to sell land which is located abroad if it is sold by an agent who is a certified international real estate agent. To become one, a real estate agent must possess the requisite qualifications which are relevant in the global market.

Indonesia-based real estate agency owners must obtain the Certified International Property Specialist (CIPS) certification before they may practice at an international level. To do so, they must receive CIPS training in which they can learn about global real estate practice and learn more about different geographical areas. They are also required to become a member of and receive a license from the National Association of the Realtors.

What difficulties might be faced by one who starts a real estate agency in Indonesia?2020-04-02T16:19:51+08:00

There are many challenges which might be faced by a person who enters the real estate business in Indonesia. Among these challenges are those of making proper investments in the business as well as marketing it to the people who are expected to be the business’s primary customers. Every country has its own individual licensing requirements, as does Indonesia. Indonesian authorities ensure that all real estate business activities are conducted according to the rules and regulations of the country. Despite this fact, many realtors also face certain challenges even if they adhere to the rules and regulations.

Several required licenses may take a considerable amount of time before approval to start a real estate business in Indonesia is received. Foreign investors also cannot hold the freehold property title in Indonesia. They need to involve a permanent resident of Indonesia or start a company of their own in order to set up a real estate agency.

The lack of transparency in Indonesia’s real estate sector often leads to nepotism or corruption. However, the enforcement of anti-corruption and transparency laws have been of assistance in this regard. Real estate startups have also been facing much competition from established real estate agencies in Indonesia as well as their more established foreign counterparts. It can also sometimes be difficult to receive appropriate credit for purchases of property according to the rules which currently exist in Indonesia. For this reason, the government must improve the existing asset-based lending system.

What are some unique features of the city of Bandung?2020-04-02T16:17:39+08:00

Bandung is another rapidly-growing major city of Indonesia. By population, it is the third-largest city in Indonesia. The latest statistics show that its population is just under 2.6 million. The city is home to several large companies and is a hub for Indonesia’s manufacturing and financial industries. Much like Surabaya, Bandung also contains many educational institutions and universities

What are some unique features of the city of Surabaya?2020-04-02T16:17:12+08:00

Surabaya is the second-largest city in Indonesia after Jakarta. Much like Jakarta, its population has been growing at a steady rate every year. Its population is currently just over 2.9 million people. Surabaya is known for its busy port which exports many agricultural goods such as tobacco, coffee, and sugar. The revenue generated by business activities at its port have caused the city to grow quickly. It is also home to various educational institutions and universities that have contributed much towards its economic growth by equipping graduates with suitable qualifications.

What are some unique features of the city of Jakarta?2020-04-02T16:16:26+08:00

Jakarta is the capital city of Indonesia. It also serves as the center of the government’s financial and business activities. The city is one of the fastest-growing in Indonesia. Over the past decade, its population has increased by over one million people; it rose from around 9.6 million to 10.8 million during this period. It also ranks among the world’s leading cities for tourist arrivals.

What should foreign workers in Indonesia do if they believe their labor have been violated?2020-04-02T16:14:05+08:00

Foreign employees who believe that their labor rights have been violated should report to the Directorate General of Labor. Through the relevant authorities and via the court of law, the necessary measures will be taken against the employer who violated the labor rights of the employee. Foreign workers are protected by the same Indonesian labor laws and regulations as are Indonesian workers. 

Are any Indonesian labor regulations expected to be changed?2020-04-02T16:13:12+08:00

The Indonesian government plans to reduce the unemployment rate of Indonesian citizens. Thus, it plans to limit limitation to the hiring of foreign employees. For this reason, the government through the Directorate General of Immigration and Ministry of Manpower might make it more difficult for a foreigner to acquire a work visa which is valid in Indonesia. 

Which countries send the most foreign workers to Indonesia?2020-04-02T16:12:19+08:00

The vast majority of foreign workers in Indonesia are from East Asian countries. China sends the most foreign workers to Indonesia, with Japan and South Korea ranking second and third by this metric. These three countries combine for almost 60% of all the foreign workers who work in Indonesia. 

What is the Palapa Ring Project?2020-04-02T16:10:59+08:00

The Palapa Ring project is a government infrastructure project which is intended to improve Internet access across in Indonesia. It will use 13,000 kilometers of underwater fiber-optic cables as well as almost 22,000 kilometers of such cables to be placed over land. The Palapa Ring project is Indonesia’s first government telecommunications scheme which also involves telecommunications businesses. 

What is Indonesia’s annual economic growth rate?2020-04-02T16:10:35+08:00

Indonesia’s economy has been growing steadily for many years. Its economy typically grows between 5% and 6% during each calendar year. This figure continues to hold true today, as that is the rate by which the country’s economy is expected to grow in 2019.

Which countries are Indonesia’s primary trading partners?2020-04-02T16:09:45+08:00

According to the latest statistics, the countries to which Indonesia exports the most are China, the United States, Japan, India, and Singapore. The countries from which Indonesia imports the most are China, Singapore, Japan, Malaysia, and Thailand. The three countries which appear on both lists are China, Singapore, and Japan; thus, these countries are Indonesia’s primary trading partners.

Apakah undang-undang Indonesia tentang pembatasan impor diperkirakan akan diubah?2022-04-26T17:41:30+08:00

Belum ada diskusi besar tentang perubahan undang-undang Indonesia tentang pembatasan impor. Dengan demikian, mereka tidak diharapkan untuk diubah dalam waktu dekat.

Mengapa impor barang tertentu ke Indonesia harus dibatasi?2022-04-26T17:41:45+08:00

Pemerintah Indonesia harus memberlakukan pembatasan impor barang-barang tertentu ke Indonesia. Hal itu harus dilakukan karena dampak buruk produk tersebut terhadap masyarakat Indonesia secara keseluruhan serta kedaulatan dan kesejahteraan umum negara.

Mengapa orang mencoba untuk mengimpor barang-barang yang dibatasi atau dilarang ke Indonesia?2022-04-26T17:45:44+08:00

Beberapa barang yang dikenai pembatasan atau larangan pemasukan ke Indonesia antara lain bahan pornografi, bahan sensitif politik, narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya, serta senjata dan senjata tertentu jika orang yang mengimpornya di Indonesia tidak memiliki izin yang diperlukan. Beberapa melanggar undang-undang impor Indonesia karena ketidaktahuan akan detail spesifik undang-undang tersebut; namun, ada juga orang lain yang memiliki niat jahat dan secara terang-terangan berusaha melanggar hukum dengan memaksa barang-barang tersebut di Indonesia

Adakah yang bisa menolak bisnis asuransi di Indonesia?2022-06-21T11:36:30+08:00

Seorang individu atau bisnis di Indonesia secara hukum dapat ditolak pertanggungan asuransi jika individu atau bisnis telah terlibat dalam kegiatan bisnis ilegal. Sebuah bisnis yang memiliki sejarah kebangkrutan juga dapat ditolak asuransi oleh penyedia asuransi mana pun di Indonesia. Sebuah perusahaan juga dapat ditolak asuransi bisnis jika perusahaan asuransi percaya bahwa operasi bisnis perusahaan terlalu berbahaya dan akan membuat karyawannya cedera dan kecelakaan. Seorang pemilik bisnis juga dapat secara hukum ditolak asuransi bisnis di Indonesia jika pemilik bisnis telah membuat klaim yang berlebihan di masa lalu

Bisakah pemilik bisnis asing menerima asuransi bisnis di Indonesia?2022-06-21T11:36:43+08:00

Setiap pemilik bisnis, baik lokal maupun asing, dapat menerima asuransi bisnis di Indonesia. Agar orang asing dapat menerima asuransi bisnis, orang asing tersebut harus sudah memiliki tiga jenis asuransi bisnis. Yakni BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, dan program jaminan sosial. Orang asing disarankan untuk selalu merujuk pada perusahaan asuransi terpercaya dari negara asalnya yang mengeluarkan polis serupa seperti yang dilakukan perusahaan asuransi di Indonesia jika memiliki masalah asuransi yang menyangkut asuransi di negara asalnya.

Seberapa mahal asuransi bisnis di Indonesia jika dibandingkan dengan negara tetangga?2022-06-21T11:39:41+08:00

Bisnis asuransi di Indonesia lebih murah dibandingkan kebanyakan negara Asia Tenggara. Tingkat asuransi jiwa turun menjadi 15,8% pada tahun 2017 dari 17,9% pada tahun 2013. Asuransi jiwa di Indonesia termasuk yang termurah di kawasan; 50% penduduk Indonesia memiliki polis asuransi jiwa. Asuransi properti Indonesia bila dibeli di daerah non-perkotaan jauh lebih murah daripada asuransi yang dibeli di daerah perkotaan. Dengan demikian, ada banyak potensi keuntungan dan pertumbuhan bisnis yang ada.

Apakah LLC saya adalah S atau C Corp?2022-04-26T11:45:52+08:00

LLC adalah badan hukum saja dan harus memilih untuk membayar pajak baik sebagai S Corp, C Corp, Kemitraan, atau Kepemilikan Tunggal. Oleh karena itu, untuk keperluan pajak, LLC dapat menjadi S Corp, jadi sebenarnya tidak ada perbedaan.

Bisakah saya mendirikan perusahaan lokal asing?2022-04-26T11:46:10+08:00

Ya kamu bisa. Anda akan membutuhkan calon direktur lokal untuk pendirian perusahaan lokal asing Anda.

Apa itu Daftar Positif dan Negatif Investasi?2022-04-26T11:46:27+08:00

Daftar Negatif Investasi digantikan oleh Daftar Positif Investasi pada tahun 2021. Daftar tersebut merinci sektor-sektor terbatas yang dilarang pemerintah untuk diinvestasikan oleh investor dan pengusaha.

How have Indonesia’s educational standards improved over the years?2020-04-02T15:59:37+08:00

Indonesia has taken many different but effective approaches to improve the educational standards of the country, especially since the country became a democracy in 1998. In 2002, Indonesia made it a constitutional requirement that governments at all levels must allocate at least 20% of their budgets to the financing of education. This was an obvious improvement from previous years; in 1995, spending on education totaled less than 1% of Indonesia’s GDP. This improvement is reflected in the country’s literacy rates of 95.4% among the general population and 99% among its youth. In general, education and culture surrounding education in Indonesia is better now than it has ever been.

What are the main destinations of Indonesian students who leave the country to further their studies?2020-04-02T15:58:43+08:00

The primary destinations of Indonesian students who leave the country for tertiary education are Australia and the United States. According to the latest statistics, approximately 20,000 Indonesian students study in a higher educational institution in Indonesia, while around 9,000 do so in a higher educational institution in the United States. In total, approximately 46,000 Indonesian students study at a tertiary level in an educational institution abroad. Therefore, around 62% of Indonesian students who leave the country to further their studies go to either Australia or the US to do so.

Can any foreigner of any nationality start a PT PMA?2020-04-02T15:57:05+08:00

PT PMAs may be started by any foreigner. No restrictions with regard to nationality apply.

Can Indonesian citizens start a PT PMA?2020-04-02T15:56:41+08:00

Those who are allowed to start a PT PMA in Indonesia include foreign individuals and foreign legal entities. Indonesian citizens are not mentioned in this group. However, Indonesian citizens and Indonesian legal entities may hold shares of a PT PMA.

What laws govern PT PMAs in Indonesia?2020-04-02T15:55:59+08:00

All PT PMAs are to be established under Indonesian laws, of which the most important is Law No. 40 of 2007 regarding Limited Liability Company. Law Number 25 of 2007 regarding Capital Investment is also relevant to PT PMAs in Indonesia because it is related to foreign investment.

Bagaimana perusahaan dapat mencegah terjadinya tindakan penipuan terkait perbankan online?2022-06-20T17:37:12+08:00

Banyak perusahaan di Indonesia menghadapi beberapa masalah dalam menangani tindakan penipuan yang terkait dengan rekening bank perusahaan. Namun, ada langkah-langkah tertentu yang dapat diambil oleh perusahaan untuk mencegah tindakan tersebut dilakukan. Pemilik bisnis harus memastikan bahwa rekening bank perusahaan seaman mungkin; akses ke rekening bank online perusahaan harus dijaga ketat. Untuk memastikan bahwa rekening bank online perusahaan dapat dipantau setiap saat, lebih dari satu orang tepercaya harus diberikan akses ke rekening tersebut. Melakukan hal itu mungkin tidak serta merta memastikan bahwa tidak ada tindakan penipuan yang akan dilakukan; namun, akan menjadi jauh lebih sulit untuk melakukan tindakan tersebut jika langkah-langkah sebelumnya diambil. 

Seberapa umum layanan perbankan online di Indonesia?2022-06-20T17:37:23+08:00

Menurut laporan yang dilakukan pada tahun 2018, saat ini terdapat sekitar 132 juta pengguna internet di Indonesia. Dari 132 juta pengguna tersebut, sekitar 50 juta di antaranya menggunakan smartphone sebagai sarana utama dalam menggunakan Internet. Meskipun tidak ada angka pasti mengenai jumlah pengguna yang menggunakan layanan perbankan online, fakta bahwa penggunaan layanan perbankan online di Indonesia telah meningkat memungkinkan seseorang untuk menyimpulkan bahwa layanan perbankan online di Indonesia digunakan oleh sebagian besar. dari populasi Indonesia dan menjadi lebih umum digunakan sepanjang waktu. 

Seberapa baik bank-bank Indonesia dipandang secara internasional?2022-04-26T12:30:53+08:00

Reputasi global bank-bank Indonesia telah meningkat belakangan ini. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki beberapa bank terkemuka yang telah menempatkan bank-bank Indonesia dalam sorotan di tingkat internasional.

Namun, ada beberapa masalah yang dihadapi oleh banyak bank di Indonesia yang mengancam akan merusak reputasi global bank-bank negara. Salah satu bidang masalah ini adalah nilai tukar mata uang asing. Nilai tukar mata uang asing di Indonesia penting karena negara ini memiliki hampir 15% pinjamannya dalam bentuk mata uang asing. Dengan demikian, untuk menjaga reputasi internasional yang positif dari bank-bank Indonesia, bank-bank di Indonesia harus menilai kembali strategi mereka seiring dengan perubahan nilai tukar mata uang asing. Oleh karena itu, bank asing, bank Indonesia, dan pemerintah Indonesia harus bekerja sama untuk mencapai hasil terbaik bagi bank-bank negara. Dengan begitu, mereka akan meningkatkan pendapatan dan tingkat investasi yang masuk ke Indonesia. Hal ini pada saatnya akan menjadi dorongan signifikan bagi reputasi internasional bank-bank Indonesia.

Apa saja detail mengenai bank di Indonesia?2022-04-26T12:31:22+08:00

Bank di Indonesia berfungsi pada hari kerja dan Sabtu. Jam buka mereka diatur oleh otoritas perbankan negara tersebut. Biasanya, jam buka bank pada hari kerja adalah dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore. Pada hari Sabtu, mereka biasanya jam 8 pagi hingga jam 1 siang.

Rekening bank di Indonesia dapat dibuka hanya dalam satu hari. Mereka yang telah membuka rekening bank di Indonesia dapat menerima kartu ATM atau kartu debit pada hari yang sama dengan pembukaan rekening. Sebelum seseorang dapat membuka rekening bank di bank besar mana pun di Indonesia, biasanya harus dilakukan setoran minimum. Setoran minimum ini biasanya 500.000 rupiah atau lebih.

Can a company have mroe than one resident director?2020-04-02T15:48:32+08:00

Indonesia’s company laws specify that all companies in the country are to have at least one resident director. However, these laws do not mention a maximum number of resident directors which a company may have. Therefore, it can be concluded that a company in Indonesia may have as many resident directors as desired or needed.

Can an Indonesian Company operate without a resident director?2020-04-02T15:48:03+08:00

Resident directors are crucial to the operation of any company in Indonesia. According to Indonesia’s current company laws, every company in the country is required to have a minimum of one resident director. Thus, an Indonesian company may not be operational if it does not have a resident director.

How have Indonesia’s personal income Tax Rates changed over the years?2020-04-02T15:45:24+08:00

Indonesia’s highest personal income tax rate is 30%. This figure has remained constant since 2009. In 2009, it was lowered from its previous rate of 35%. 

How much revenue through Taxation does the Indonesian government receive every year?2020-04-02T15:44:42+08:00

Much of the Indonesian government’s revenue comes from tax money which it receives. According to the latest statistics, the Indonesian government received over 1.566 quadrillion rupiah in tax money in 2017. This figure is equivalent to over US$111 billion.

What is the Directorate General of Taxes?2020-04-02T15:43:59+08:00