5 mins | Mei 27th, 2022 | 20+ Discussions

Memulai bisnis di Indonesia memiliki banyak keuntungan mulai dari populasinya yang besar hingga pertumbuhan ekonominya. Bagi mereka yang berencana untuk mendirikan perusahaan di Indonesia Anda mungkin memiliki persepsi bahwa perusahaan PT (Perseroan Terbatas) lokal hanya dapat didirikan oleh penduduk setempat.

Sementara itu benar sampai batas tertentu, orang asing juga dapat mendirikan perusahaan PT lokal melalui pengaturan nominee lokal.

Apa itu Perusahaan PT Lokal

Ada 3 jenis badan usaha utama di Indonesia – perusahaan PT lokal, perusahaan PT PMA milik asing, dan kantor perwakilan (KPPA).

Perusahaan PT lokal adalah perseroan terbatas yang didirikan menurut hukum Indonesia. Untuk perusahaan PT lokal, hanya warga negara Indonesia dan badan hukum Indonesia yang boleh memegang saham sebagai pemegang saham terdaftar.

Manfaat Perusahaan PT Lokal di Indonesia

Perusahaan PT lokal adalah salah satu jenis perusahaan yang paling umum dan terkenal di Indonesia karena manfaat yang terkait dengannya. Beberapa keunggulan tersebut antara lain:

1. Persyaratan modal disetor yang lebih rendah

Dibandingkan dengan perusahaan PT PMA, perusahaan PT membutuhkan modal disetor yang jauh lebih rendah. Tergantung pada skala bisnis Anda, nilai investasi minimum berkisar antara Rp50 juta hingga Rp10 miliar. Untuk perusahaan PT PMA sebesar Rp 10 miliar.

Ukuran Badan Usaha Nilai Investasi Minimum
Bisnis skala kecil Rp 50 juta
Bisnis skala menengah Rp 500 juta
Bisnis skala besar Rp 10 miliar

2. Memiliki beberapa izin usaha tanpa perlu melakukan tambahan modal disetor

Sebagai struktur nominee lokal, perusahaan dapat memiliki tiga kegiatan bisnis utama tanpa mengeluarkan tambahan modal disetor untuk bisnis lainnya. Satu-satunya biaya yang dikeluarkan untuk pemeliharaan perusahaan PT lokal, seperti biaya tahunan berulang.

3. Kemampuan pendanaan

Dengan perusahaan PT lokal, Anda dapat dengan mudah mendapatkan tambahan dana dan modal melalui berbagai cara seperti dengan menerbitkan saham baru.

4. Peluang bisnis yang lebih luas

Di Indonesia, ada kegiatan usaha tertentu yang dibatasi dalam daftar investasi positif baru, yang menggantikan daftar negatif investasi. Perusahaan PT lokal tidak memiliki batasan seperti itu dan memiliki pilihan kegiatan bisnis yang lebih luas, dibandingkan dengan perusahaan PT PMA.

Persyaratan Mendirikan Perusahaan PT Lokal di Indonesia

Sebelum mendaftarkan perusahaan PT lokal, pastikan Anda dapat memenuhi persyaratan di bawah ini, jika tidak, pendaftaran perusahaan Anda tidak akan berhasil.

  • 2 pemegang saham lokal

  • 1 direktur

  • 1 komisi

  • Mampu memenuhi proyeksi nilai investasi minimum, tergantung pada skala bisnis Anda

  • Alamat bisnis terdaftar

Cara Memasukkan Perusahaan PT Lokal sebagai Orang Asing

Untuk mendapatkan keuntungan dari perusahaan PT lokal sebagai orang asing, diperlukan pengaturan nominee lokal. Ini berarti bahwa perusahaan akan didirikan oleh direktur calon lokal, dan direktur calon lokal akan memiliki kepemilikan hukum penuh atas perusahaan.

Cara Anda sebagai orang asing dapat menguasai perusahaan PT lokal di Indonesia adalah dengan membuka rekening bank perusahaan di Indonesia. Meskipun Anda tidak akan memiliki kepemilikan hukum atas perusahaan, Anda masih dapat mengendalikan dana perusahaan dari mengelola rekening dan transaksi bank.

Bagi mereka yang tidak nyaman dengan membiarkan individu atau entitas lain memiliki kepemilikan sah penuh atas perusahaan Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk mendirikan perusahaan PT PMA.

 Incorporation checker

Dokumen yang Diperlukan untuk Pendirian Perusahaan PT Lokal

Ada beberapa dokumen yang perlu Anda sediakan dan persiapkan untuk pendaftaran perusahaan Anda di Indonesia. Dokumen-dokumen ini tercantum di bawah ini.

Dokumen yang Diperlukan
Dokumen Perusahaan

  • Surat Kuasa untuk penyerahan dokumen yang ditandatangani oleh masing-masing pemegang saham
  • Dokumen pemegang saham
  • Perjanjian sewa antara perusahaan & manajemen gedung
  • Asli domisili/surat keterangan dari pengelola gedung
  • Penerimaan Pajak Bumi & Bangunan (PBB) termasuk persetujuan -pembayaran tahun berjalan
  • IMB atau sertifikat kepemilikan jika bangunan tersebut dimiliki
  • Surat Pernyataan Sewa (jika ada)
  • min. 3 foto kantor – resepsi, papan nama perusahaan & ruang kantor dengan aktivitas bisnis
  • Surat keterangan domisili yang dikeluarkan oleh perusahaan & diakui oleh pengelola gedung
  • Kop surat perusahaan & salinan atau contoh desain stempel perusahaan

Dokumen Pemegang Saham

  • Fotokopi Anggaran Dasar dan perubahannya – dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia
  • Sertifikat pendaftaran bisnis
  • Struktur Dewan Direksi

Dokumen Pribadi – Direksi & Komisaris

  • Orang Asing: Fotokopi paspor berwarna dengan min. Masa berlaku 18 bulan dan 4 halaman kosong
  • Lokal: KTP (KTP & NPWP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • cap visa indonesia
  • Surat domisili tempat tinggal hotel atau apartemen untuk direktur
  • Pas foto terbaru ukuran paspor dengan latar belakang merah untuk masing-masing Direksi

Siap untuk mendirikan perusahaan di Indonesia atau memerlukan visa kerja? Hubungi kami untuk konsultasi gratis dan lihat bagaimana kami dapat menjadi bagian dari perjalanan bisnis Anda.

whatsapp us
contact us

FAQs

Apa itu kantor perwakilan?2022-04-22T19:53:11+08:00

Kantor perwakilan adalah jenis badan usaha yang didirikan oleh perusahaan asing untuk melakukan penelitian karena tertarik untuk menggali potensi peluang bisnis sebelum mengambil keputusan untuk mendirikan kantor tetap. Itu tidak memiliki status hukum, dan tidak dapat terlibat dalam perdagangan atau kegiatan bisnis apa pun yang menghasilkan pendapatan. Namun, dapat melakukan kegiatan pemasaran dan promosi.

Apa itu Daftar Investasi Positif dan Negatif?2022-04-22T19:53:40+08:00

Daftar Negatif Investasi digantikan oleh Daftar Investasi Positif pada tahun 2021. Daftar tersebut merinci sektor-sektor terbatas yang dilarang pemerintah untuk diinvestasikan oleh investor dan pengusaha.

Apa itu Anggaran Dasar?2022-04-22T19:54:12+08:00

Anggaran dasar merupakan dokumen yang menetapkan peraturan untuk operasi perusahaan dan mendefinisikan tujuan perusahaan. Dokumen tersebut menjabarkan bagaimana tugas harus diselesaikan dalam organisasi, termasuk proses penunjukan direktur dan penanganan catatan keuangan.

Apa itu calon direktur?2022-04-22T19:54:50+08:00

Direktur nominee adalah orang yang ditunjuk untuk mewakili kepentingan kelompok atau orang lain. Misalnya, direktur calon dapat ditunjuk untuk duduk di dewan oleh pemegang saham substansial atau kelas khusus pemegang saham.

2022-05-27T11:06:26+08:00April 2, 2019|

Share This Story, Choose Your Platform!

Just keep reading…

Join our PHP Community ID Forum - Expert Tips & Resources

Join the discussions

Go to Top