Indonesia adalah pasar yang berkembang pesat dengan beberapa peluang dan potensi investasi yang signifikan dari perusahaan internasional. Ini telah menarik perhatian banyak investor internasional di seluruh dunia karena kebutuhan infrastrukturnya, luasnya pasar domestiknya, populasinya yang besar, dan yang terpenting, sumber daya alamnya yang melimpah.

Untuk mendirikan perusahaan di Indonesia, Anda harus terlebih dahulu mendapatkan nomor registrasi bisnis Indonesia.

Mengapa saya harus mendapatkan Nomor Pendaftaran Bisnis?

Nomor pendaftaran perusahaan adalah nomor unik yang diberikan oleh otoritas untuk mendaftar pajak perusahaan, pengajuan dan penyampaian pengembalian pajak, dan banyak lagi.

Ada beberapa alasan mengapa memperoleh nomor registrasi bisnis sangat penting dalam mendirikan sebuah perusahaan di Indonesia. Alasannya adalah sebagai berikut:

  • Setiap perseroan terbatas, baik PT Lokal maupun Badan Usaha Milik Asing (PT PMA), dapat dibekukan dan dibubarkan oleh pemerintah jika dilakukan pemeriksaan dan perusahaan tersebut tidak memiliki nomor induk usaha. Masyarakat dapat melaporkan kepada pemerintah tentang perusahaan yang tidak memiliki izin karena perusahaan tersebut akan dianggap ilegal dan tidak bertanggung jawab.

  • Jika perusahaan memperoleh nomor registrasi bisnis, itu hanya berarti bahwa perusahaan tersebut telah diakui oleh pemerintah dan bisnis akan dilindungi oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  • Perusahaan yang memiliki nomor induk usaha di Indonesia akan masuk dalam daftar perusahaan yang diakui negara di Indonesia. Dengan pengakuan ini, masyarakat akan percaya dengan semua kinerja dan aktivitas yang diklaim oleh perusahaan.

Manfaat mendapatkan Nomor Registrasi Usaha di Indonesia

Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan dengan nomor registrasi bisnis. Manfaat ini adalah:

  • Anda akan dapat mengajukan permohonan visa untuk setiap karyawan asing yang Anda pekerjakan atas nama perusahaan Anda

  • Anda akan dapat memperoleh sponsor visa bisnis untuk klien Anda dari perusahaan Anda

  • Anda juga dapat mengikuti dan mengikuti semua tender bisnis di Indonesia dengan memasukkan nama perusahaan Anda

Namun perlu diperhatikan bahwa memperoleh nomor pendaftaran hanyalah bagian dari prosedur pendaftaran perusahaan di Indonesia.

 Incorporation checker

Tata Cara Memperoleh Nomor Pendaftaran Usaha di Indonesia

Nomor pendaftaran usaha di Indonesia merupakan surat keterangan kuasa yang digunakan oleh pengusaha untuk keperluan perizinan dalam menjalankan kegiatan usahanya masing-masing. Oleh karena itu, sebagai pengusaha yang ingin memperoleh nomor induk usaha di Indonesia, ia harus mengikuti tata cara di bawah ini:

  • Memperoleh persetujuan atas nama perusahaan Anda dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Ini akan memakan waktu 4 hari kerja untuk menerima persetujuan.

  • Memperoleh persetujuan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM), ini mungkin memakan waktu 12 hari kerja atau lebih untuk mendapatkannya.

  • Menyediakan penyusunan Anggaran Dasar (Akta) yang telah dilegalisir oleh notaris. Persiapan ini mungkin memakan waktu sekitar 4 hari kerja.

  • Anda harus memiliki surat keterangan domisili dari kantor pemerintah setempat. Sertifikat ini dapat memakan waktu setidaknya 3 hari kerja.

  • Anda juga harus memperoleh nomor pokok wajib pajak atau NPWP untuk perusahaan Anda di Indonesia. Untuk mendapatkan nomor pokok wajib pajak ini, mungkin diperlukan waktu sekitar 3 hari kerja.

  • Setelah itu, Anda perlu membuka rekening di bank atas nama perusahaan Anda. Ini biasanya akan memakan waktu satu hari untuk membuka rekening bank.

  • Anda perlu memperoleh akta pendirian perusahaan Anda dari Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia selama kurang lebih 20 hari kerja.

  • Anda harus mendapatkan sertifikat pendaftaran perusahaan dari pemerintah setempat. Untuk mendapatkan sertifikat ini, mungkin diperlukan waktu kurang lebih 20 hari kerja.

No. Deskripsi

Perkiraan durasi

(Hari kerja)

1 Persetujuan nama perusahaan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia 4
2 Persetujuan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Indonesia 12
3 Penyusunan Anggaran Dasar oleh Notaris (Akta) 4
4 Mendapatkan Surat Domisili di kantor pemerintah setempat 3
5 Mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) 3
6 Buka rekening di bank atas nama perusahaan Anda 1
7 Dapatkan akta pendirian untuk perusahaan Anda 20
8 Memperoleh tanda daftar perusahaan dari pemerintah daerah 20

Apa Selanjutnya Setelah Mendapatkan Nomor Registrasi Usaha?

Setelah perusahaan Anda berdiri, Anda dapat mulai menjalankan bisnis Anda di Indonesia dan melakukan kegiatan seperti:

  • Buka rekening bank perusahaan Indonesia

    Dimungkinkan untuk membuka rekening bank perusahaan Indonesia tanpa harus hadir secara fisik di Indonesia.

  • Menyewa atau membeli properti dan aset lainnya atas nama perusahaan Anda

    Setelah mendapatkan nomor registrasi bisnis untuk perusahaan Anda di Indonesia, Anda akan diminta untuk memilih lokasi untuk mendirikan kantor fisik Anda di Indonesia. Namun perhatikan bahwa Anda akan diminta untuk merujuk ke Daftar Negatif Investasi untuk lokasi bisnis Anda karena beberapa kegiatan bisnis dilarang di area tertentu.

  • Mulai persiapan lain untuk operasi Anda, seperti tetapi tidak terbatas pada perekrutan staf, persiapan renovasi kantor, dll.

    Anda seharusnya sudah merencanakan bagaimana operasi Anda akan dilakukan di perusahaan Anda. Dengan merencanakan dan memulai operasi Anda setelah perusahaan Anda didirikan, Anda akan menghemat banyak uang dan waktu.

  • Lanjutkan untuk mendapatkan izin kerja dan tinggal untuk karyawan asing di perusahaan Anda

    Anda akan diminta untuk mencari tahu berapa banyak karyawan asing yang akan Anda pekerjakan di perusahaan Anda. Hal ini penting karena Anda akan diminta untuk mematuhi peraturan yang berkaitan dengan mendapatkan izin kerja untuk pekerja asing Anda.

Jika Anda seorang pengusaha asing yang serius untuk memulai bisnis Anda di Indonesia, memiliki penyedia layanan lokal yang banyak terlibat dan mendukung operasi Anda akan menjadi keuntungan yang pasti. Hubungi kami untuk konsultasi gratis hari ini.

FAQs

Apa itu visa bisnis untuk Indonesia?2022-04-25T11:02:59+08:00

Visa Bisnis 60-Hari Single Entry diberikan kepada warga negara asing yang ingin mengunjungi Indonesia untuk tujuan bisnis. Visa ini berlaku (harus digunakan) dalam waktu 90 (sembilan puluh) hari sejak tanggal diterbitkan, izin tinggal 60 hari dimulai dari tanggal pelancong masuk ke Indonesia.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendaftarkan perusahaan di Indonesia?2022-04-25T11:03:52+08:00

Proses penggabungan biasanya memakan waktu 1-2 bulan, tetapi ini adalah perkiraan dan waktu yang dibutuhkan berdasarkan kasus per kasus.

Apa Keuntungan Mendirikan Perusahaan Anda di Indonesia?2022-04-25T11:03:20+08:00

Memasukkan perusahaan Anda memberi Anda wewenang untuk mengelola perusahaan Anda dan yurisdiksi lain yang didukung oleh Indonesia.

Berapa nomor registrasi perusahaan di Indonesia?2022-04-25T11:03:33+08:00

Nomor pendaftaran perusahaan Indonesia adalah nomor unik yang ditetapkan untuk setiap bisnis yang berbadan hukum di negara ini. Selain itu, memiliki nomor pendaftaran perusahaan berarti bisnis Anda diakui dan dilindungi oleh hukum Indonesia.

2022-04-25T11:25:08+08:00Februari 27, 2019|

Share This Story, Choose Your Platform!

Join the discussions

Go to Top