Setelah pendirian, selain dari persyaratan kepatuhan, ada kebutuhan untuk mengadakan Rapat Umum Tahunan (RUPS) di Indonesia untuk perseroan terbatas. RUPS biasanya dilakukan setelah penyampaian laporan keuangan tahunan di Indonesia untuk mengkaji dan menganalisis kinerja bisnis secara internal.

Definisi RUPS

 

Rapat Umum Pemegang Saham adalah rapat wajib yang diadakan oleh pemegang saham suatu perusahaan. Dalam RUPS, direksi perusahaan bertanggung jawab untuk menyampaikan laporan tentang kinerja dan strategi perusahaan.

Selain itu, selama RUPS, semua direktur yang memiliki hak suara ditugaskan untuk memberikan suara pada masalah saat ini. Contoh masalah yang akan mereka pilih adalah

  • memilih anggota dewan direksi perusahaan lainnya,

  • membayar kompensasi eksekutif yang belum dibayar,

  • membayar semua sisa dividen,

  • pilih auditor untuk perusahaan, atau

  • menyelesaikan tugas eksekutif lainnya yang tidak lengkap

Perbedaan RUPSLB dan RUPS

Jenis rapat lain yang biasa kita dengar di dunia bisnis adalah Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Rapat ini sangat berbeda dengan RUPS karena diadakan pada saat ada kebutuhan mendesak untuk menyelesaikan suatu masalah yang harus diselesaikan sebelum tanggal jatuh tempo RUPS.

Dengan demikian, perbedaan yang paling mencolok antara RUPST dan RUPSLB adalah fakta bahwa RUPST diadakan pada waktu yang direncanakan dan dijadwalkan sedangkan RUPSLB diadakan untuk mengatasi hal-hal yang mendesak sesegera mungkin.

Tujuan RUPSLB adalah agar pemegang saham dapat menyelesaikan masalah mendesak yang muncul di dalam perusahaan. Dalam kebanyakan kasus, RUPSLB akan menangani salah satu dari hal-hal berikut:

  • Pemberhentian satu atau lebih direktur perusahaan dari jabatannya

  • Masalah hukum yang memerlukan tindakan segera dari pemegang saham, atau

  • Setiap masalah sensitif waktu yang harus diselesaikan sebelum RUPS berikutnya akan diadakan

Dua perbedaan penting lainnya antara RUPSLB dan RUPST di Indonesia adalah:

Rapat Umum Tahunan Rapat Umum Luar Biasa
Hanya diadakan pada jam kantor & hari kerja Bisa diadakan kapan saja
Dipanggil hanya oleh dewan direksi Dipanggil melalui permintaan pemegang saham atau pengadilan

Bagaimana Perusahaan Indonesia Melakukan RUPS

Di Indonesia, ketika RUPS diadakan, biasanya ada pertemuan pendahuluan untuk memungkinkan direksi perusahaan membahas arah masa depan perusahaan dan memberikan waktu yang cukup untuk menyelesaikan masalah di dalam perusahaan.

Dalam rapat-rapat itulah para direktur perusahaan memulai proses untuk memutuskan siapa yang harus dipilih sebagai anggota dewan direksi perusahaan Indonesia yang terbaru.

Sebelum RUPST di Indonesia dapat dimulai, perusahaan harus menginformasikan kepada semua pemegang saham yang akan menghadiri RUPST rincian sebagai berikut:

  • Tanggal

  • Waktu

  • Lokasi

  • Rincian direktur atau pemegang saham baru

Dalam RUPS, akan ada alokasi waktu bagi pemegang saham untuk mengajukan pertanyaan kepada direksi perseroan.

Para pemegang saham yang ingin mengangkat masalah apapun dengan direksi dan manajemen perusahaan dapat memanfaatkan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada direksi.

Topik Yang Harus Dibahas Selama RUPS Perusahaan Indonesia

Meski tak terhitung banyaknya topik yang bisa dibahas dalam RUPS, ada beberapa topik yang biasa dibahas dalam RUPS.

1. Sebelumnya

RUPST sebelumnya disajikan dan disetujui sebagaimana mestinya sebelum mata acara RUPST yang akan diadakan dapat berlaku.

2. Laporan Keuangan

Manajemen perusahaan harus menyajikan laporan keuangan tahunan yang mencatat posisi keuangan dan perkembangan perusahaan untuk persetujuan pemegang saham.

3. Perbaikan atau Persetujuan tindakan direktur

Pemegang saham bebas menyatakan kepuasannya atas tindakan spesifik direksi perusahaan selama satu tahun terakhir. Ini mungkin termasuk laporan dan kebijakan remunerasi direktur, penunjukan auditor dan analisis remunerasi direktur dan auditor perusahaan.

4. Pemungutan Suara Direksi Baru

Anggota yang relevan, termasuk pemegang saham perusahaan akan dapat memilih direktur baru jika diperlukan.

5. Pembayaran Dividen

Dividen yang terutang kepada pemegang saham dan pihak-pihak lain yang berkepentingan akan diumumkan dalam RUPS.

Corporate Secretarial checker

Pengesahan Tindakan Direksi

Dalam RUPS suatu perusahaan Indonesia, para pemegang saham perusahaan diharapkan untuk mengesahkan dan menyetujui keputusan yang dibuat oleh dewan direksi selama tahun sebelumnya. Tindakan tersebut biasanya mencakup pembayaran dividen.

RUPS berfungsi sebagai periode di mana para eksekutif dan direktur diharapkan untuk berbagi visi mereka tentang masa depan perusahaan dengan para pemegang saham perusahaan.

Jika situasi muncul, para pemegang saham diharapkan untuk memilih anggota dewan direksi terbaru untuk manajemen dan operasi perusahaan di masa depan.

Beberapa hal lain yang terkadang dibahas dalam RUPS perusahaan Indonesia antara lain:

  • persetujuan atas laporan dan kebijakan remunerasi direksi,

  • penunjukan auditor perusahaan, dan

  • analisis remunerasi direksi dan auditor perusahaan.

RUPS di Indonesia juga menyediakan platform bagi pemegang saham untuk memberikan wewenang kepada direksi untuk alokasi saham baru. Selama waktu inilah pemegang saham dapat memilih untuk mengusulkan rapat umum selain RUPS; rapat semacam itu selanjutnya akan diadakan pada waktu dan tempat yang dipilih pemegang saham.

Orang-orang di Perusahaan Indonesia Yang Diizinkan Menyelenggarakan RUPS

Anggota direksi diberikan hak untuk mengadakan RUPS di setiap perusahaan Indonesia. Namun, pemegang saham yang memiliki persentase tertentu dari hak suara dapat memilih untuk meminta diadakannya RUPS. Siapa pun yang menyerukan diadakannya RUPS, harus diebrikan pemberitahuan kepada mereka yang akan menghadiri RUPS sebelum diadakan.

Informasi yang Harus Disertakan dalam Pemberitahuan RUPS

Pemberitahuan RUPST dikeluarkan jauh sebelum RUPST berlangsung untuk menginformasikan pemegang saham dan anggota terkait yang wajib hadir dalam RUPST.

Dalam suatu pemanggilan RUPS, terdapat informasi tertentu yang harus dicantumkan untuk diketahui oleh para pemegang saham. Di antara informasi yang akan dimasukkan adalah:

  • tanggal dan waktu RUPST akan diadakan,

  • tempat pertemuan akan diadakan, dan

  • sifat umum dari pertemuan

Pemanggilan RUPST dapat dikirimkan kepada para pemegang saham baik dalam bentuk tertulis maupun elektronik melalui email atau posting website.

Berpikir untuk mendirikan perusahaan Anda di Indonesia atau mempekerjakan sekretaris perusahaan? Hubungi kami untuk konsultasi gratis tentang pendirian perusahaan, visa, dan layanan perusahaan lainnya hari ini!

FAQs

Bisakah saya mempekerjakan karyawan asing untuk perusahaan saya di Indonesia?2022-04-26T12:11:40+08:00

Tergantung pada sifat bisnis Anda, mempekerjakan karyawan asing untuk perusahaan Anda di Indonesia sebagian besar dapat diterima. Adalah bijaksana untuk membaca dan mendidik diri sendiri mengenai pedoman dan persyaratan untuk melakukannya. Jika Anda membutuhkan bantuan, Anda dapat menghubungi Paul Hype Page untuk membantu Anda mengajukan permohonan izin kerja atau visa.

Apa saja yang perlu diperhatikan dari Indonesia sebelum bepergian?2022-04-26T12:12:01+08:00

Bahasa nasional Indonesia adalah bahasa Indonesia, meskipun mirip dengan bahasa Melayu, tetapi tidak sama. Selain itu, bahasa Jawa juga merupakan salah satu bahasa utama yang paling umum digunakan. Indonesia juga bukan negara Islam meskipun memiliki penduduk Muslim terbesar di dunia.

Meskipun Indonesia bukan negara Islam resmi, prinsip-prinsip Islam memang mempengaruhi keputusan politik. Hal ini juga mempengaruhi budaya di Indonesia, misalnya kesopanan dalam berpakaian.

Kapan saya mengadakan RUPS?2022-04-26T12:12:18+08:00

RUPST diadakan kapan saja antara rilis laporan keuangan tahunan dan 6 bulan setelahnya. Adalah bijaksana untuk memberikan waktu yang cukup bagi para anggota untuk meninjau sendiri laporan keuangan tahunan sebelum mengadakan RUPS.

Jika ada hal yang mendesak yang perlu ditangani, apakah saya dapat mengadakan RUPS lebih awal dari rilis laporan keuangan tahunan?2022-04-26T12:12:41+08:00

Dalam hal rapat harus diadakan sebelum dikeluarkannya laporan keuangan tahunan, maka Rapat Umum Luar Biasa dapat diadakan setiap saat dengan tidak ada larangan seperti RUPS. RUPSLB ini dapat dipanggil oleh seorang pemegang saham, tidak hanya membatasi hak untuk memanggil rapat direksi saja.

2022-04-26T12:09:20+08:00Desember 23, 2019|

Share This Story, Choose Your Platform!

Join the discussions

Go to Top