Tahukah Anda bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang membolehkan kepemilikan asing hingga 100% untuk 35 bidang usaha? Mengikuti pengumuman ini, banyak perusahaan asing telah mengambil kesempatan untuk pindah ke Indonesia untuk memanfaatkan pertumbuhan ekonominya.

Mendirikan perusahaan di Indonesia telah menjadi fenomena yang semakin umum karena pemerintah bertujuan untuk menarik investor dan wirausaha asing dengan tarif pajak perusahaan yang rendah.

Mengapa Perusahaan Asing Pindah ke Indonesia?

Ada banyak alasan mengapa perusahaan asing pindah ke negara lain, termasuk Indonesia. Alasan-alasan tersebut antara lain sebagai berikut: 

Kondisi perekonomian

Indonesia dianggap sebagai ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Hal ini memungkinkan pertumbuhan yang lebih cepat dalam produk domestik bruto (PDB) serta memperkuat kondisi fiskal. Dengan ekonomi yang berkembang pesat, mendaftar dan menjalankan bisnis di Indonesia akan menguntungkan untuk memperluas bisnis.

Biaya Operasional 

Tujuan utama dalam bisnis adalah untuk memaksimalkan keuntungan dan salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan meminimalkan biaya. Meskipun relokasi bisnis mungkin merupakan pengeluaran yang signifikan, biaya operasional di Indonesia relatif rendah.

Dibandingkan dengan negara lain, tenaga kerja relatif murah; hal ini juga mendorong banyak orang untuk merelokasi perusahaan mereka ke Indonesia, terutama penyedia layanan karena mereka membutuhkan karyawan.

Alasan lain mengapa banyak yang merelokasi perusahaannya ke Indonesia adalah karena relatif rendahnya biaya infrastruktur di Indonesia yang pada akhirnya juga mengurangi biaya operasional dan membuat operasional menjadi lebih efisien.

Populasi Konsumen Besar dan Tenaga Kerja

Faktor lain yang membuat Indonesia menarik adalah jumlah penduduk yang besar. Bisnis di negara-negara dengan populasi rendah dipaksa untuk menghadapi tantangan pasar kecil. Selain itu, jika sebagian besar penduduk bukan usia kerja, perusahaan juga akan menderita karena mempekerjakan karyawan menjadi lebih sulit karena kurangnya tenaga kerja siap pakai.

Tak satu pun faktor di atas menjadi masalah di Indonesia, karena memiliki populasi dan tenaga kerja yang besar.

Peluang bisnis

Keuntungan hanya mungkin dicapai jika negara tersebut memiliki peluang bisnis untuk ditawarkan. Di Indonesia, ada banyak variasi peluang bisnis di setiap industri. Ini menjadi pertanda baik bagi pengusaha yang mencari lingkungan di mana terdapat banyak peluang bisnis yang akan menguntungkan usaha mereka.

 Incorporation checker

Bagaimana Merelokasi Perusahaan Asing Anda ke Indonesia?

Untuk merelokasi perusahaan asing, prosesnya akan sulit asalkan pemilik perusahaan mengikuti semua persyaratan hukum. Namun, meskipun tidak sulit, melakukannya sering kali memakan waktu dimana waktu tersebut dapat didedikasikan untuk area lain dalam bisnis.

Misalnya, beberapa dokumentasi di Indonesia mungkin memerlukan waktu hingga enam bulan untuk diproses sepenuhnya. Selanjutnya, persyaratan relokasi perusahaan asing ke Indonesia menyatakan bahwa hal itu hanya dapat dilakukan oleh orang yang memiliki izin kerja dan visa serta dokumen dan izin pendaftaran bisnis yang diperlukan.

Meskipun kepemilikan izin kerja dan visa merupakan persyaratan untuk relokasi, pemilik perusahaan tidak perlu tinggal di Indonesia hanya karena pemilik telah memilih untuk merelokasi perusahaan ke Indonesia.

Ini karena pemilik perusahaan diizinkan untuk mempekerjakan seseorang yang akan ditugaskan untuk mengelola perusahaan serta mengunjungi negara dan organisasi kapan pun dianggap perlu.

Keseluruhan proses ini dapat membingungkan bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang baru mengenal Indonesia dan tidak terlalu mengenal bahasa atau lingkungan tersebut.

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Relokasi Perusahaan Asing ke Indonesia

Pendaftaran dan Perizinan

Setelah sebuah perusahaan direlokasi ke Indonesia, maka harus berfungsi. Ini dapat dilakukan dengan mendaftarkan perusahaan. Tidak ada perusahaan, baik asing maupun lokal, yang diizinkan beroperasi di Indonesia tanpa terdaftar.

Pengertian Hukum

Berbagai peraturan hukum mengatur berjalannya perusahaan asing yang direlokasi. Bagi pemilik perusahaan untuk memastikan bahwa perusahaan tidak melanggar hukum dan tidak melakukan tindakan melawan hukum, pemahaman tentang hukum Indonesia diperlukan. Hukum utama yang harus dipahami oleh pemilik bisnis asing meliputi hukum perusahaan, hukum investasi, dan hukum pasar modal Indonesia.

Tempat Tinggal

Mereka yang berencana pindah ke Indonesia untuk menjalankan perusahaan asing yang direlokasi akan membutuhkan tempat tinggal. Namun, proses menetap di Indonesia menjadi jauh lebih sederhana jika seseorang memanfaatkan bantuan dari banyak agen real estate di Indonesia.

Undang-Undang yang Mengatur Perusahaan Asing Yang Telah Direlokasi ke Indonesia

Pemilik perusahaan asing yang direlokasi di Indonesia harus mengetahui undang-undang yang mengatur perusahaan tersebut. Beberapa undang-undang terpenting yang mengatur perusahaan yang direlokasi di Indonesia adalah sebagai berikut:

Hukum Perusahaan Indonesia

Ini adalah undang-undang yang melindungi perseroan terbatas asing yang telah pindah ke Indonesia. Perseroan terbatas asing memiliki serangkaian peran, tugas, hak, dan kewajiban yang harus diikuti ketika melakukan operasi bisnis di Indonesia. Undang-undang ini juga melindungi perusahaan asing dari kewajiban yang tidak adil yang mungkin coba diterapkan oleh orang-orang yang tidak bermoral dan tidak jujur.

Hukum Investasi

Jika perusahaan asing tidak hati-hati, mereka mungkin akan dibebani pajak yang berlebihan. Untuk perusahaan asing yang direlokasi untuk memastikan bahwa mereka tidak dikenakan pajak berlebih saat membayar pajak penghasilan dan pajak perusahaan, undang-undang investasi diterapkan Namun demikian, pemilik bisnis harus memahami tarif dan sistem perpajakan untuk memahami kapan dan bagaimana menggunakan undang-undang investasi untuk keuntungan dari bisnis mereka.

Hukum Pasar Modal

Kegiatan ilegal dalam bisnis umum terjadi di seluruh dunia; demikian juga yang terjadi di Indonesia. Oleh karena itu, undang-undang pasar modal ditegakkan untuk melindungi orang asing dari kegiatan semacam itu di Indonesia.

Pemerintah Indonesia telah berusaha untuk memastikan bahwa pasar negara tidak hanya gratis untuk penduduk lokal tetapi juga untuk orang asing karena mereka juga berkontribusi pada perekonomian negara. Undang-undang pasar modal Indonesia juga mencakup unsur-unsur tertentu baik dari undang-undang penanaman modal maupun undang-undang perusahaan.

Memulai Bisnis Di Indonesia

Memindahkan perusahaan asing mungkin menghabiskan banyak modal dan waktu bagi pemilik bisnis. Namun, setelah proses diselesaikan dengan cara yang benar, semuanya akan berjalan dengan tertib – mulai dari pendirian perusahaan hingga mendapatkan jenis visa (KITAS) yang tepat untuk bekerja dan tinggal di Indonesia.

Untuk alasan ini, pemilik bisnis asing yang direlokasi di Indonesia harus berhati-hati dan memastikan bahwa bisnis mereka bekerja dalam kerangka hukum bisnis Indonesia.

Berpikir untuk mendirikan perusahaan Anda di Indonesia? Hubungi kami untuk konsultasi gratis tentang pendirian perusahaan dan layanan perusahaan lainnya hari ini!

FAQs

Apa saja yang perlu diperhatikan dari Indonesia sebelum bepergian?2022-04-25T12:50:14+08:00

Bahasa nasional Indonesia adalah bahasa Indonesia, meskipun mirip dengan bahasa Melayu, tetapi tidak sama. Selain itu, bahasa Jawa juga merupakan salah satu bahasa utama yang paling umum digunakan. Indonesia juga bukan negara Islam meskipun memiliki penduduk Muslim terbesar di dunia.

Meskipun Indonesia bukan negara Islam resmi, prinsip-prinsip Islam memang mempengaruhi keputusan politik. Hal ini juga mempengaruhi budaya di Indonesia, misalnya kesopanan dalam berpakaian.

Apakah sulit mendirikan perusahaan di Indonesia?2022-04-25T12:50:27+08:00

Indonesia mengizinkan orang asing untuk mendirikan perseroan terbatas asing dengan kepemilikan hingga 100%, meskipun ada beberapa persyaratan dan kepatuhan yang harus diikuti, itu menjadi mudah karena ada banyak penyedia layanan yang dapat membantu dalam hal ini, seperti perusahaan kami Paul Hype Page.

Apakah ada komunitas ekspatriat yang besar di Indonesia?2022-04-25T12:50:46+08:00

Ada sejumlah besar ekspatriat di Indonesia, untuk pendidikan serta peluang bisnis. Paling signifikan di Bali dan Jakarta, ada komunitas besar ekspatriat yang tinggal di sana.

Bali adalah pusat wisata yang menarik banyak sekali turis dan pelancong ke pantainya untuk berjemur di pantai yang cerah. Jakarta adalah ibu kota dan pusat ekonomi, budaya dan keuangan Indonesia.

Wilayah Indonesia mana yang populer di kalangan bisnis?2022-04-25T12:52:27+08:00

Dua negara bagian utama yang meraup pendapatan terbesar adalah Bali dan Jakarta. Bali adalah pulau yang populer di kalangan wisatawan karena pemandangan dan pantainya, bersama dengan variasi bisnis asing yang didirikan di sana untuk menarik para pelancong ini.

Jakarta di sisi lain adalah ibu kota Indonesia. Kedua negara bagian ini juga populer karena kedekatannya dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Orang-orang dari kedua negara ini biasanya sering ke Indonesia saat liburan untuk berlibur.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendirikan perusahaan Indonesia?2022-04-25T12:52:43+08:00

Prosesnya tergantung pada kasus per kasus, tetapi biasanya diperlukan waktu sekitar 1-2 bulan untuk pendaftaran lengkap.

2022-04-25T13:37:06+08:00Oktober 18, 2019|

Share This Story, Choose Your Platform!

Join the discussions

Go to Top