Orang asing yang datang ke Indonesia untuk bekerja wajib memperoleh izin kerja agar dapat bekerja secara legal. Orang-orang ini juga wajib mengajukan ​​Visa tinggal terbatas (VITAS) serta izin tinggal terbatas Elektronik (ITAS) dari Imigrasi Indonesia sebelum mulai bekerja.

Selain itu, ada juga pelancong yang datang ke Indonesia untuk kegiatan bisnis dan tidak bermaksud mencari penghasilan, kelompok ini kemudian akan mengajukan Visa Bisnis alih-alih Izin Kerja.

Bagi mereka yang memiliki alasan lain, disarankan untuk memahami berbagai jenis visa di Indonesia untuk menemukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Di sini kita akan menyelami lebih dalam tentang persyaratan yang harus dipatuhi oleh pekerja asing di Indonesia dan peraturan terkini di Indonesia.

Persyaratan untuk Mendapatkan Izin Kerja

Jika Anda seorang majikan yang ingin mempekerjakan orang asing di Indonesia, Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) adalah izin kerja yang akan Anda perlukan untuk mempekerjakan orang asing.

Untuk mendapatkan izin kerja, ada persyaratan untuk majikan serta untuk pekerja asing.

Untuk Pemberi Kerja:

Menurut Pasal 3 Permendag No. 8/2021, terdapat daftar badan usaha yang memenuhi syarat yang diizinkan oleh undang-undang untuk mempekerjakan tenaga kerja asing. Ini termasuk dan tidak terbatas pada:

  • Instansi pemerintah, badan internasional

  • Lembaga Sosial, Keagamaan, Pendidikan dan Kebudayaan

  • Perusahaan manajemen hiburan
  • Perusahaan Swasta Asing

Pemberi kerja yang memenuhi syarat wajib menyerahkan meliputi:

  • Informasi rinci tentang identitas pemberi kerja
  • Alasan mempekerjakan tenaga kerja asing
  • Rincian posisi yang akan diambil oleh pekerja asing dalam struktur organisasi
  • Rincian kontak pekerja asing yang dipekerjakan

Untuk Perekrut Asing:

  • Latar Belakang Pendidikan dan Kualifikasi terpenuhi untuk posisi tersebut
  • Sertifikat kompetensi atau pengalaman kerja minimal 5 tahun terkait dengan posisi yang dilamar
  • Bersedia untuk mentransfer pengetahuan dan keterampilan keahlian kepada mitra lokal

Pengajuan izin kerja tidak memiliki persyaratan usia di sebagian besar industri dan posisi. Namun, seperti yang dinyatakan oleh Kementerian Energi Indonesia, pekerja di industri gas dan minyak diharuskan berusia antara 30 hingga 55 tahun untuk bekerja di Indonesia.

Persyaratan ini tidak berlaku untuk posisi yang lebih tinggi seperti Direktur Utama, Manajer Umum atau Komisaris.

Prosedur dan Dokumen yang Diperlukan untuk Memperoleh Izin Kerja

Sebelum Anda dapat mengajukan Izin Kerja Indonesia, ada beberapa jenis visa dan izin lain yang harus diperoleh oleh pekerja asing dan pemberi kerja. Hal ini termasuk:

  • Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA)

    Dokumen pertama yang diserahkan adalah RPTKA. Perusahaan yang akan mempekerjakan tenaga kerja asing harus memperoleh persetujuan resmi dari pemerintah dengan menyampaikan RPTKA kepada Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia.

  • Izin Kerja (Izin Mempekerjakan Tenaga Asing – IMTA)

    Setelah RPTKA disetujui, perusahaan dapat mengajukan IMTA termasuk informasi data pribadi dan dokumen kandidat termasuk jenis kelamin, nama, nomor paspor dan masa berlaku, pendidikan dan pengalaman kerja ke Kementerian Tenaga Kerja.

  • Visa Tinggal Terbatas (Visa Izin Tertinggi Terbatas – VITAS)

    Dengan persetujuan RPTKA dan IMTA, pengusaha harus mengajukan permohonan VITAS ke BKPM. Setelah itu, BKPM akan menerbitkan surat rekomendasi ke departemen imigrasi yang memberitahukan penerbitan VITAS kepada TKA tersebut.

  • Izin Tinggal Sementara/Terbatas (Izin Tinggal Terbatas – ITAS)

    Setibanya di Indonesia, VITAS akan diubah menjadi ITAS. ITAS adalah status keimigrasian itu sendiri. Kantor Imigrasi Indonesia setiap tahun akan mencap paspor pekerja asing untuk menunjukkan bahwa mereka memiliki status tinggal sementara.

  • Kartu Izin Tinggal Sementara (Kartu Izin Tinggal Terbatas – KITAS)

    Setelah ITAS disetujui, KITAS secara otomatis akan diberikan kepada pekerja asing oleh Imigrasi Indonesia. KITAS hanyalah kartu identitas yang menunjukkan bahwa pekerja asing tersebut memiliki status keimigrasian ITAS.

 Incorporation checker

Berapa Lama Masa Berlaku Izin Kerja?

Izin kerja berlaku untuk jangka waktu antara 1 hingga 12 bulan. Durasi tergantung pada jenis industri tempat kandidat bekerja serta jenis RPTKA perusahaan sponsor.

Berikut beberapa jenis izin kerja dan masa berlakunya masing-masing:

  • Izin Kerja Mendesak atau Darurat

    Dengan masa berlaku 1 bulan, izin kerja ini untuk pekerjaan yang mendesak dan pekerjaan yang membutuhkan tindakan segera. Izin ini diperbolehkan untuk mencegah segala jenis konsekuensi merugikan yang mungkin dihadapi perusahaan sponsor atau masyarakat secara keseluruhan.

  • Izin Kerja Sementara

    Masa berlaku izin ini bervariasi dari 2 hingga 6 bulan, berlaku untuk orang asing di industri seperti perdagangan, jasa, dan konsultasi. Ini juga berlaku untuk pekerja di sektor-sektor seperti pemeliharaan dan pemasangan mesin.

  • Izin Kerja Jangka Panjang

    Validitas bervariasi dari 7 hingga 12 bulan. Izin ini juga dikenal sebagai izin kerja normal dan biasanya berlaku untuk ekspatriat di tingkat manajemen yang lebih tinggi seperti manajer, direktur, dan komisaris.

Memutuskan untuk bekerja atau pindah ke Indonesia? Hubungi kami untuk pendaftaran Anda hari ini untuk transisi yang mulus!

FAQs

Apa yang terjadi jika saya melanggar hukum di Indonesia sebagai Pemegang Izin Kerja?2022-04-27T10:36:15+08:00

Jika aturan dan peraturan Kementerian Tenaga Kerja dan otoritas terkait lainnya dilanggar, izin kerja setiap orang dapat dicabut. Karena izin kerja memungkinkan orang asing untuk tinggal dan bekerja di Indonesia, penting bagi orang asing untuk menghindari keadaan negatif ini.

Apakah izin kerja bisa diperpanjang?2022-04-27T10:37:47+08:00

Ya, perusahaan sponsor dapat memperpanjang izin paling lambat 2 bulan sebelum masa berlaku izin kerja berakhir.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan izin kerja?2022-04-27T10:46:41+08:00

Seluruh proses diperkirakan memakan waktu 6-10 hari kerja jika semua dokumen yang diperlukan sudah beres dan diserahkan segera. 

Bisakah saya membawa keluarga saya ke Indonesia ketika saya bekerja di sana dengan izin kerja?2022-04-27T10:48:14+08:00

Ya. Pemegang Izin Kerja memenuhi syarat untuk mengajukan Tanggungan Visa untuk membawa pasangan atau anak-anak mereka ke Indonesia.

2022-04-27T10:26:13+08:00April 3, 2019|

Share This Story, Choose Your Platform!

Just keep reading…

Join our PHP Community ID Forum - Expert Tips & Resources

Join the discussions

Go to Top