5 mins | April 25th, 2022 | 20+ Discussions

Memulai perusahaan Indonesia sebagai waralaba adalah model bisnis yang relatif lebih aman dibandingkan dengan jenis badan usaha lainnya. Alasannya sederhana – Anda memulai dengan nama merek yang bereputasi dan terkenal yang diketahui jutaan orang sambil menikmati manfaat berinvestasi di negara Indonesia yang berpenduduk padat dan dinamis.

Indonesia memang negara yang ideal untuk model bisnis waralaba karena terdapat populasi besar, muda, dan cerdas secara digital dengan kelas menengah yang berkembang.

Waralaba di Indonesia

Seperti semua jenis bisnis lainnya, bisnis waralaba di Indonesia masih harus melalui prosedur birokrasi yang signifikan dan undang-undang yang rumit yang mengatur jenis investasi ini. Menginvestasikan waktu dan keuangan untuk menjalankan bisnis waralaba di Indonesia sebagai orang asing bukanlah hal yang mustahil. Mereka yang memilih untuk melakukannya memerlukan persiapan dan pengetahuan yang tepat tentang berbagai langkah yang akan diambil.

Di Indonesia, pemberi waralaba dan penerima waralaba dapat berupa perorangan atau badan hukum dan penduduk atau bukan penduduk (ini bervariasi tergantung pada pendaftaran entitas dan lokasi). Pemberi waralaba dapat mengandalkan sub-pewaralaba (penduduk atau bukan penduduk) untuk menjalankan bisnis mereka di lokasi yang telah ditentukan.

Apa Persyaratan Mendirikan Bisnis Waralaba di Indonesia?

Persyaratan untuk mendirikan waralaba di Indonesia tercantum di bawah ini:

  • Baik pemberi dan penerima warabala harus mendapatkan sertifikat pendaftaran waralaba atau Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW). Perusahaan waralaba harus memperbarui otoritas Indonesia yang menerbitkan STPW tentang kemajuan waralaba mereka melalui penyampaian laporan terperinci paling lambat tanggal 31 Maret setiap tahun.

  • Pemberi waralaba dan penerima waralaba yang akan menjalankan usahanya di Indonesia harus memastikan bahwa paling sedikit 80% bahan baku, jasa, dan peralatan usaha bersumber dari dalam negeri, yaitu dari Indonesia; tim penilai yang ditunjuk oleh otoritas pemerintah membuat rekomendasi bahwa memang harus demikian.

  • Pemberi waralaba harus memberikan proposisi bisnis yang jelas setelah mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual dan harus mematuhi aturan lisensi waralaba.

  • Pemberi waralaba harus memiliki setidaknya lima tahun pengalaman bisnis dan dapat melaporkan barang dan jasa yang digunakan untuk kegiatan bisnis mereka.

  • Pemberi waralaba harus mampu menunjukkan profitabilitas bisnis dan memberikan dukungan berkelanjutan kepada pewaralaba mereka.

Pemberi waralaba harus menyelesaikan tugas-tugas berikut:

  • Memperoleh sertifikat pendaftaran waralaba STPW, yang membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk diterbitkan dan berlaku selama lima tahun dengan kemungkinan perpanjangan

  • Mendekati Kementerian Perdagangan dan mendaftarkan Prospek Penawaran, yang harus dalam bahasa Indonesia dan dilegalisir oleh notaris publik dan KBRI tempat franchisor berada

  • Memberikan perjanjian waralaba

Franchisee harus menyelesaikan tugas berikut:

  • Mendaftarkan perjanjian waralaba ke Kementerian Perdagangan; perjanjian waralaba harus dalam bahasa Indonesia dan sesuai dengan hukum Indonesia.

Sebuah dokumen disclosure, ID franchisor dan sejarah perusahaan, perusahaan franchisor dan struktur organisasi, daftar semua franchisee, rincian hak dan kewajiban franchisor dan franchisee, juga diperlukan untuk mendaftarkan franchise di Indonesia.

Pemberi waralaba harus menyajikan laporan saldo yang telah diaudit untuk dua tahun sebelumnya, dengan pengecualian organisasi kecil. Badan yang diakui harus melegitimasi setiap dokumen pengungkapan yang diterima dari pemilik waralaba asing.

 Incorporation checker

Apa itu Perjanjian Waralaba?

Setiap waralaba di Indonesia terikat oleh ketentuan-ketentuan yang ditentukan dalam perjanjian-perjanjian tersebut. Penerima waralaba kemudian harus menjamin bahwa mereka akan mengikuti semua arahan operasional yang ditentukan dalam perjanjian waralaba. Pemberi waralaba biasanya memberikan pelatihan, bimbingan, dan bantuan kepada pewaralaba.

  • Semua perjanjian waralaba di Indonesia menyebutkan biaya dan royalti yang akan diterima oleh pemberi waralaba.

  • Mereka juga akan mengatur hak-hak penerima waralaba mengenai penggunaan dan pembuatan benda-benda tertentu yang mungkin telah dipatenkan, dilindungi hak cipta, atau diberi tanda jasa. Objek-objek ini akan digunakan untuk mengidentifikasi perusahaan yang bersangkutan.

  • Mereka biasanya menentukan arah operasional yang harus diikuti oleh franchisee.

Alternatif Waralaba di Indonesia

Walau waralaba dapat menjadi model bisnis yang menguntungkan, beberapa mungkin lebih memilih untuk mendirikan perusahaan mereka sendiri sebagai bentuk kepemilikan penuh yang terkait dengan merek tertentu. Bagi mereka yang tertarik untuk membuat merek baru dari awal, Anda dapat memilih PT lokal atau perusahaan PT PMA.

Ini adalah dua jenis badan usaha yang paling umum di Indonesia. Memasukkan perusahaan di Indonesia, baik itu PT lokal atau perusahaan PT PMA, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Disarankan agar Anda memahami lebih banyak tentang setiap jenis bisnis sebelum pendirian.

Jika Anda seorang pengusaha asing yang serius untuk memulai bisnis Anda di Indonesia, memiliki penyedia layanan lokal yang banyak terlibat dan mendukung operasi Anda akan menjadi keuntungan yang pasti. Selama 13 tahun, Paul Hype Page telah menghadirkan solusi kreatif untuk aplikasi EP klien kami, pembukaan rekening bank, dan pembiayaan. Bergabunglah dengan keluarga kami, hubungi kami untuk berbicara tentang bagaimana kami dapat membantu.

whatsapp us
contact us

FAQs

Bagaimana Anda menjadi pemilik waralaba tanpa uang?2022-04-25T11:56:05+08:00

Tidak mungkin memulai waralaba tanpa uang. Anda harus membayar biaya waralaba awal, dan Anda akan memiliki biaya awal lainnya. Selanjutnya, pemilik waralaba ingin melihat bahwa Anda memiliki kemampuan dalam permainan dalam bentuk uang muka.

Apakah pemilik waralaba harus bekerja?2022-04-25T11:56:20+08:00

Ada berbagai tempat pemilik waralaba dapat bekerja, tergantung pada jenis waralaba yang mereka miliki. Beberapa pemilik waralaba memilih untuk mengambil peran aktif, dan akan bekerja bersama karyawan mereka, sekaligus mengelola bisnis.

Apakah membuka waralaba merupakan investasi yang baik?2022-04-25T11:56:38+08:00

Jika Anda ingin memiliki bisnis, tetapi tidak memiliki ide untuk membangun dari awal dan Anda memiliki sumber daya untuk menjalankannya, waralaba bisa menjadi pilihan yang baik. Pastikan Anda siap membayar biaya yang terkait dengan waralaba dan bahwa kantor pusat perusahaan kemungkinan besar akan memberikan dukungan yang Anda butuhkan.

Berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk memulai toko waralaba?2022-04-25T11:56:56+08:00

Biaya waralaba umumnya berkisar antara $ 20.000 hingga $ 30.000, meskipun mereka dapat mencapai $ 100.000 untuk merek kelas atas dan lebih mapan.

2022-04-25T11:53:24+08:00Januari 28, 2019|

Share This Story, Choose Your Platform!

Just keep reading…

Join our PHP Community ID Forum - Expert Tips & Resources

Join the discussions

4 Discussions

  1. Shashank Oktober 21, 2020 at 12:25 pm - Reply

    I am interested to start small business in Indonesia bali

    • Tiwi November 2, 2020 at 9:34 am

      Hi Shashank,
      We are sorry we cannot assist you to set up your business in Bali. We are happy to assist you to set up your business only in Jakarta area as our registered office address is located in Jakarta.
      Please contact us via Paul Hype Page to discuss further.
      Thank you.

  2. Perry Dominguez November 2, 2019 at 8:10 am - Reply

    I’m planning company in the Philippines wanting to partner via a master franchise, joint venture or licensing agreement in Surabaya in Indonesia. I plan to distribute soft ice cream in Lawson, Alfamart and 7-11 stores in Surabaya.

    • tiwiyah tiwiyah November 7, 2019 at 9:49 am

      Hello Perry,

      It is possible to established a foreign-owned company, also known as a PMA, in Indonesia through a joint venture with an Indonesian partner. If you would like to do so, we provide services which will enable you to establish a PMA in Indonesia.

      You may contact us to receive further information on our services related to this matter.

      Thank you.
      Paul

Go to Top