Untuk mendorong pertumbuhan bisnis di Indonesia, pemerintah secara aktif menciptakan lingkungan yang kondusif bagi investor asing melalui inisiatif yang mengurangi hambatan. Saat ini, proses pendaftaran perusahaan sederhana dan sebagian didigitalkan untuk kemudahan pendirian perusahaan Indonesia

Selain dua langkah pertama yang tidak dapat diproses secara online, proses selanjutnya dapat dilakukan secara online melalui sistem online yang dikenal dengan Online Single Submission (OSS).

Persetujuan dokumen pendirian memakan waktu sekitar 10 hari kerja, setelah itu Anda dapat menyusun anggaran dasar Anda dan mengajukan permohonan izin usaha. Keseluruhan periode pendirian/pendaftaran adalah antara dua dan tiga bulan.

Pilihan untuk Perusahaan Indonesia yang Dimiliki Sepenuhnya Oleh Badan Asing

Suatu perusahaan dianggap sebagai perusahaan asing jika ada investor atau pemegang saham asing di perusahaan tersebut. Perusahaan-perusahaan tersebut harus mendapat persetujuan dari dewan yang mengoordinasikan penanaman modal sebelum melakukan kegiatan usaha di Indonesia.

Jumlah modal yang diinvestasikan dalam bisnis tertentu akan menentukan ukuran perusahaan bisnis dan kelayakan untuk mensponsori izin kerja karyawan asing. Indonesia mengizinkan total kepemilikan asing di industri yang tidak termasuk dalam Daftar Positif Investasi.

Jika Anda adalah pemilik bisnis asing yang ingin mendaftarkan perusahaan Anda untuk kepemilikan penuh, Anda memiliki opsi berikut:

Anda dapat mendaftarkan perusahaan bisnis Anda sebagai PT (Perseroan Terbatas)

PT adalah istilah lokal yang mengacu pada perseroan terbatas, dan itu adalah opsi perusahaan asing yang paling umum yang didirikan di Indonesia.
Itu ada dalam tiga kategori:

  • Berukuran kecil
  • Ukuran sedang
  • Perusahaan PT berukuran besar

Modal disetor bervariasi tergantung kategorinya, dan ditetapkan atas persetujuan Badan Koordinasi Penanaman Modal. Sebagian besar investor lokal dan asing dengan tempat tinggal permanen menggunakan opsi ini.

Jenis Perusahaan Bisnis ini mudah didirikan, dan menawarkan tanggung jawab terbatas untuk sebagian besar entitas asing dan entitas lokal karena mendukung visa kerja. Perusahaan PT membutuhkan:

  • Satu direktur lokal
  • Dua pemegang saham lokal
  • Seorang komisaris asing atau lokal

Anda dapat mendaftarkan perusahaan Anda sebagai PMA (Penanaman Modal Asing)

Perusahaan PMA dapat dimiliki sepenuhnya atau sebagian oleh asing. Perusahaan tersebut didirikan berdasarkan peraturan yang ditetapkan dalam Undang-Undang Penanaman Modal Asing dan disetujui oleh Badan Koordinasi Permodalan Indonesia. Perusahaan PMA dapat diubah menjadi perusahaan publik nantinya.

Anda dapat mendaftarkan perusahaan Anda sebagai KPPA

Ini adalah kantor perwakilan asing, dan proses pendaftaran membutuhkan waktu 3-4 minggu kerja. Jenis pendaftaran perusahaan ini cocok untuk investor yang ingin mempelajari pasar Indonesia untuk tujuan penelitian dan pengembangan terkait bisnis. Mereka bertindak sebagai agen pembelian dan penjualan perusahaan induk. Namun, terbatas pada wilayah usaha tertentu seperti jasa, perbankan, perdagangan, pertambangan, gas, dan minyak.

Anda dapat mendaftarkan perusahaan Anda sebagai KP3A

Ini adalah kantor perwakilan perdagangan luar negeri.

Jenis Perusahaan Alternatif untuk Dipertimbangkan

Ada 2 jenis perusahaan lain yang bisa Anda daftarkan di Indonesia, selain yang disebutkan di atas.

1. Perseroan Terbatas Calon

Bila Anda ingin segera mulai beroperasi, Anda dapat mendaftarkan perusahaan di Indonesia menggunakan nominee Indonesia. Mendaftarkan perusahaan jenis ini memungkinkan Anda untuk melewati beberapa batasan investasi asing, menutup transaksi dengan cepat, dan mendapatkan kontrak.

2. Perusahaan publik

Perusahaan jenis ini wajib mematuhi peraturan pendaftaran perusahaan yang ketat. Setidaknya memiliki 300 pemegang saham dan modal disetor Rp miliar. Ini adalah persyaratan untuk terdaftar di bursa efek.

Bagaimana Proses Mendaftarkan Perusahaan di Indonesia

Pendaftaran dan pendirian bisnis bergantung pada jenis perusahaan Anda, dan ini juga menentukan durasi pendaftaran. Berikut adalah tata cara pendaftaran perusahaan di Indonesia:

Pilih Struktur Bisnis Anda

Putuskan struktur bisnis mana yang cocok untuk Anda. Setelah itu, Anda harus menetapkan atau menggunakan layanan profesional seperti sekretaris perusahaan, sumber daya manusia, akuntansi, dll. Untuk mengurus kebutuhan karyawan Anda, pengarsipan berkelanjutan, dan pembukuan.

Pilih nama perusahaan yang unik

Nama perusahaan mengandung setidaknya tiga kata yang berbeda. Anda diminta untuk memberikan tiga opsi untuk nama perusahaan Anda dalam bahasa Inggris, Indonesia atau keduanya. Tiga opsi nama ini menyelamatkan Anda dari kesulitan karena harus kembali dan memikirkan nama jika opsi pertama telah digunakan.

Setelah memutuskan, Anda perlu mendaftarkan nama perusahaan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Pastikan nama perusahaan Anda disetujui oleh Notaris sebagai tanda bahwa bisnis Anda berbadan hukum.

Memiliki kantor terdaftar

Setelah Anda dikonfirmasi dengan formasi bisnis Anda, segera pastikan Anda memiliki kantor terdaftar dan alamat surat.

Daftarkan perusahaan Anda untuk mendapatkan izin usaha

Proses mendapatkan izin usaha berbeda-beda untuk setiap jenis usaha. Anda harus mengajukan permohonan sertifikat pendaftaran usaha dan dokumen pendaftaran perusahaan dari kantor Kementerian Perdagangan.

 Incorporation checker

Cara Mendaftar untuk Izin Usaha

Untuk mendaftarkan perusahaan Anda, kirimkan aplikasi Anda yang telah diisi dengan benar di kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia.

1. Dapatkan Akta Pendirian (DOE) perusahaan Anda

Proses lain dalam menggabungkan perusahaan Anda adalah mendapatkan DOE dari kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menggunakan formulir aplikasi yang diisi dengan benar. Semua dokumen perusahaan Anda harus diaktakan. Surat-surat yang telah dilegalisir diumumkan dalam waktu 14 hari dalam Lembaran Negara.

2. Mengajukan SIUP (Surat Izin Usaha Perniagaan)

SIUP merupakan izin tetap untuk berdagang. Anda akan menggunakan tanda terima yang Anda peroleh saat mendaftarkan nama perusahaan.

3. Ajukan Nomor Registrasi Bisnis

Anda akan diberikan Nomor Pokok Usaha, izin impor, tanda pengenal kepabeanan, dan Anda juga akan didaftarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehantan sebagai bagian dari paket.

4. Apakah perusahaan Anda terdaftar di kantor perpajakan untuk tujuan kepatuhan pajak?

Anda kemudian akan diberikan Nomor Pokok Wajib Pajak perusahaan, yang akan dikirimkan ke alamat perusahaan Anda. Anda juga dapat diberikan sertifikat domisili untuk tujuan perpajakan, tetapi domisili tidak wajib. Surat keterangan domisili diterbitkan oleh pemerintah kota atau pengelola gedung di wilayah kantor. Nomor registrasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) nomor pemungut juga akan diberikan.

5. Dapatkan visa kerja

Baik karyawan lokal maupun asing di perusahaan Anda akan memerlukan visa kerja (KITAS) sebelum bekerja di perusahaan Anda. Visa ini datang dalam bentuk visa bisnis single-entry dan multiple-entry.

6. Siapkan rekening bank perusahaan

Kegiatan lain yang harus Anda pertimbangkan ketika mendirikan perusahaan Indonesia adalah membuka rekening bank perusahaan. Di sinilah Anda menyetor modal disetor Anda setelah memasukkan perusahaan Anda.

Pada titik ini, perusahaan Anda dianggap terdaftar, dan Anda dapat beroperasi sebagai bisnis terdaftar. Namun, Anda tetap harus melakukan hal berikut sebagai bagian dari proses:

  • Anda diminta untuk menyerahkan laporan tenaga kerja dan dokumen lain yang diperlukan di Kementerian Tenaga Kerja dalam waktu 30 hari.
  • Menerapkan program jaminan sosial bagi pekerja. Program ini menyadarkan karyawan tentang kecelakaan kerja, keamanan setelah pensiun, keamanan pensiun, dan kematian.
  • Selanjutnya, diasuransikan kesehatan dan kesejahteraan pegawai dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)

Siap untuk mendirikan perusahaan di Indonesia atau memerlukan visa kerja? Hubungi kami untuk konsultasi gratis dan lihat bagaimana kami dapat menjadi bagian dari perjalanan bisnis Anda.

FAQs

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendaftarkan perusahaan?2022-04-22T16:57:15+08:00

Aplikasi dan persetujuan untuk berbagai dokumen memakan waktu sekitar 1-2 bulan, terkadang hingga 3 bulan. Namun, ini adalah perkiraan kasar karena setiap penggabungan memiliki kerangka waktu yang berbeda tergantung pada bisnisnya.

Apa update terbaru dari Daftar Positif dan Negatif Investasi?2022-04-22T21:15:49+08:00

Pada 4 Maret 2021, Daftar Positif  Investasi diperkenalkan untuk secara signifikan mengurangi jumlah sektor terbatas yang mencegah orang asing masuk dari 350 menjadi 46.

Apa itu Daftar Positif dan Negatif Investasi?2022-04-25T10:48:55+08:00

Daftar Negatif Investasi digantikan oleh Daftar Positif Investasi pada tahun 2021. Daftar tersebut merinci sektor-sektor terbatas yang dilarang pemerintah untuk diinvestasikan oleh investor dan pengusaha.

Apakah orang asing diperbolehkan mendirikan perusahaan PT lokal di Indonesia?2022-04-25T10:50:29+08:00

Ya, orang asing dapat memasukkan perusahaan PT lokal melalui pengaturan perwakilan lokal. Untuk mengontrol perusahaan sebagai orang asing, Anda dapat mengelola semua keuangan perusahaan dengan memegang rekening bank perusahaan.

2022-04-25T10:51:04+08:00Desember 29, 2017|

Share This Story, Choose Your Platform!

Join the discussions

Go to Top