Karena Indonesia menarik orang asing pindah ke Indonesia untuk mencari peluang kerja atau mendirikan perusahaan, ada kemungkinan besar mereka memiliki pasangan atau anak yang ingin mereka bawa. Di situlah Dependent Visa masuk.

Sebelum Anda dapat bekerja di Indonesia, Anda memerlukan visa kerja agar tidak ditolak masuk ke negara tersebut. Setelah visa kerja diamankan, Anda kemudian dapat melanjutkan untuk menggunakan visa dependen untuk membawa anggota keluarga yang memenuhi syarat ke Indonesia.

Apa itu Visa Dependen?

Visa dependen adalah visa yang memungkinkan tanggungan seseorang, terutama pasangan atau anak, untuk bepergian ke negara tersebut dalam kapasitasnya sebagai tanggungan.

Perlu dicatat bahwa di sebagian besar negara, visa dependen dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda. Beberapa mungkin memilih untuk menggunakannya untuk tujuan pekerjaan sementara yang lain mungkin lebih suka menggunakannya untuk kegiatan rekreasi seperti liburan.

Pemegang visa tanggungan dapat diizinkan masuk ke negara yang bersangkutan selama pemegang visa tanggungan mematuhi semua undang-undang visa yang ada di negara tersebut.

Artinya, seseorang perlu memastikan bahwa visa milik pemegang visa utama perlu diperbarui sesekali agar tidak kedaluwarsa. Setelah visa dependen kedaluwarsa, seseorang menjadi bertanggung jawab atas konsekuensi hukum tertentu.

Persyaratan untuk Mengajukan Visa Dependen

Untuk mendapatkan visa dependen yang sah di Indonesia, Anda harus mendapat persetujuan dari kantor imigrasi setempat, kantor imigrasi regional, dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Dengan cara ini, orang asing yang menikah dengan warga negara Indonesia dan telah memiliki izin tinggal yang sah dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan visa ketergantungan yang disponsori oleh pasangan.

Persyaratan pengajuan visa di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Paspor yang masih berlaku

  • Wawancara visa Indonesia yang sudah selesai

  • Salinan paspor pemegang visa utama

  • Foto-foto pemegang visa utama dan pemohon bersama-sama

  • Foto pemohon berukuran paspor

  • Halaman konfirmasi pada formulir DS-160 online

Namun, memperoleh visa bukan satu-satunya masalah yang penting dalam memastikan masuk ke Indonesia. Agar Anda dapat diterima di negara tersebut, pemegang visa diharapkan melengkapi kartu kedatangan penumpang sebelum melewati bea cukai dan pemeriksaan paspor.

Kartu kedatangan penumpang diberikan kepada penumpang selama penerbangan. Setelah pemeriksaan paspor selesai, salah satunya adalah mengumpulkan barang bawaan dan melanjutkan ke bea cukai untuk pemeriksaan lebih lanjut. Pajak bandara sebesar 150.000 rupiah dikenakan oleh bandara pada penumpang yang berangkat pada penerbangan internasional dan 40.000 rupiah untuk mereka yang melakukan penerbangan domestik.

EP & Visa checker

Hukum Visa di Indonesia

Indonesia memiliki sejumlah undang-undang yang mengatur bagaimana visa diberikan kepada orang-orang. Langkah-langkah ini dimaksudkan untuk melarang pergerakan ilegal ke dalam dan ke luar negeri.

Di sini kami akan membahas berbagai jenis visa untuk melihat apakah Anda memenuhi syarat dalam salah satu kategori berikut:

  • Masuk Bebas Visa untuk Negara Terpilih

  • Visa kunjungan

  • Visa Kedatangan

  • Pembebasan Visa

  • Visa turis

Pengunjung yang ingin mengunjungi negara tersebut diharapkan untuk memperoleh visa dari salah satu perwakilan diplomatik Indonesia kecuali mereka berasal dari salah satu negara bebas visa.

Persyaratan untuk pelancong dari salah satu negara bebas visa ini adalah bahwa semua pengunjung harus memiliki paspor yang berlaku selama enam bulan serta tiket pulang yang valid. Dalam beberapa kasus khusus atau perjalanan bisnis, paspor dengan masa berlaku lebih dari tiga bulan dapat diterima.

Visa Kunjungan

Atau, orang asing dapat mengajukan permohonan visa kunjungan dari kedutaan atau konsulat Indonesia. Penjamin dapat mengajukan permohonan ke Direktorat Jenderal Imigrasi di Jakarta.

Visa ini dikeluarkan dengan;

  • persyaratan wajib lamaran,

  • kartu garansi,

  • paspor dengan masa berlaku minimal enam bulan,

  • salinan rekening bank,

  • tiket pulang, dan

  • izin masuk kembali.

Pemegang visa kunjungan dapat menggunakannya hingga 60 hari dan dapat diperpanjang 30 hari oleh petugas imigrasi hingga lima kali.

Visa Kedatangan

Ada juga Visa on Arrival yang merupakan dokumentasi penting dalam setiap kunjungan ke Indonesia. Warga negara dari 68 negara dapat mengajukan permohonan visa ini untuk masa tinggal 30 hari di titik masuk yang ditentukan dengan membayar 35 dolar AS. Negara-negara tersebut antara lain Aljazair, Yunani, Hongaria, Mesir, Argentina, dan banyak lainnya.

Pembebasan Visa

Pemerintah Indonesia juga telah melembagakan Pembebasan Visa yang memungkinkan seseorang yang memegang paspor yang dikeluarkan oleh salah satu dari 170 yurisdiksi, dapat mengunjungi Indonesia tanpa visa selama 30 hari.

Kegiatan yang diperbolehkan selama pemegang paspor berada di Indonesia meliputi kegiatan pariwisata dan pekerjaan. Pemegang paspor dari semua negara bebas visa dapat masuk ke Indonesia melalui salah satu dari 124 penyeberangan perbatasan yang ditunjuk termasuk 29 bandara, 88 pelabuhan laut, dan tujuh pos pemeriksaan perbatasan darat.

Visa turis

Visa turis berlaku untuk orang yang berniat mengunjungi Indonesia selama 60 hari. Seseorang dapat memperpanjang ini dua kali selama 30 hari setiap kali dengan cara yang cukup mudah. Oleh karena itu, seseorang dapat secara efektif menggunakan visa ini untuk tinggal di Indonesia hingga empat bulan 

Memutuskan untuk bekerja atau pindah ke Indonesia? Hubungi kami untuk aplikasi visa Anda hari ini untuk proses yang lancar!

FAQs

Apakah Indonesia tempat yang baik untuk bekerja atau tinggal?2022-04-26T10:19:55+08:00

Indonesia memiliki ekonomi terbesar di Asia Tenggara, artinya ada potensi pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, Indonesia memiliki berbagai macam barang dan jasa serta standar hidup yang lebih baik. 

Di kota Jakarta dan Bali, ada komunitas ekspatriat yang besar karena populer di kalangan turis dan pelancong. 

Bisakah saya mengubah visa dependen saya menjadi visa tinggal permanen?2022-04-26T10:20:34+08:00

Ya, seseorang yang memenuhi syarat untuk visa dependen dapat mengubah visa kunjungan tunggal mereka menjadi visa dependen saat tiba dan setelah 3 tahun memegang visa dependen, individu tersebut memenuhi syarat untuk mengubah izin mereka menjadi KITAP, izin tinggal permanen . 

Apakah Pemegang visa Dependen dapat bekerja di Indonesia?2022-04-26T10:21:04+08:00

Tidak, tanggungan tidak diperbolehkan bekerja di Indonesia dengan visa tanggungan. Namun tanggungan dapat mengajukan IMTA dan KITAS yang memungkinkan mereka bekerja penuh waktu di Indonesia. 

Apa hukuman yang mungkin dihadapi seseorang jika mereka tinggal lebih lama?2022-04-26T10:21:21+08:00

Overstay selama lebih dari 60 hari dianggap sebagai kejahatan di Indonesia, individu dapat dikenakan denda Rp 1000.000 setiap hari keterlambatan, risiko dideportasi dan dimasukkan dalam daftar hitam. 

2022-04-26T10:52:10+08:00Oktober 21, 2018|

Share This Story, Choose Your Platform!

Go to Top