Indonesia dianggap sebagai salah satu negara terbesar untuk berinvestasi sebagai pengusaha asing karena merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dan ekonominya terus meningkat.

Namun, tidak disarankan untuk menyuntikkan sejumlah besar uang dan melompat ke tempat yang tidak Anda kenal, terutama saat Anda memulai usaha komersial di pasar baru. Penting untuk memahami proses pendirian perusahaan dan struktur bisnis di Indonesia sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat.

Salah satu jenis struktur bisnis adalah perusahaan lepas pantai. Perusahaan lepas pantai menawarkan berbagai jenis manfaat, termasuk kewajiban pajak yang rendah, biaya penyiapan dan pemeliharaan yang rendah, dan pengurangan administrasi.

Apa itu Perusahaan Lepas Pantai di Indonesia?

Perusahaan lepas pantai menjalankan jenis bisnis yang sama sebagai perusahaan berbadan hukum lokal dan tanggung jawab pemegang sahamnya umumnya terbatas pada jumlah modal yang telah mereka investasikan ke dalam perusahaan, dan keduanya pada dasarnya akan menjadi perusahaan terbatas swasta. Namun, ini akan dikenal sebagai bisnis internasional

Perbedaannya adalah bahwa perusahaan lepas pantai Indonesia mengidentifikasi diri mereka dengan pendirian perusahaan berdasarkan yurisdiksi dan bahwa perusahaan yang didirikan secara lokal akan melalui proses yang biasa dari penggabungan perusahaan Indonesia sementara perusahaan lepas pantai akan didirikan oleh direktur perwakilan  lokal.

Untuk perusahaan asing yang mendirikan perusahaan lepas pantai di Indonesia, dan tidak ingin pindah, juga dapat memilih opsi pendirian perusahaan lepas pantai.

Anda dapat mendirikan perusahaan lepas pantai di Indonesia tanpa izin kerja atau visa kerja (KITAS). Namun, Anda tidak akan dapat tinggal di Indonesia untuk waktu yang lama.

 Keuntungan mendirikan perusahaan lepas pantai di Indonesia.

Ada banyak keuntungan dari mendirikan perusahaan lepas pantai di Indonesia. Ini termasuk:

  • Privasi

  • Perlindungan aset

  • Pengurangan kewajiban pajak

  • Perlindungan dari tuntutan hukum

  • Hukum bisnis yang fleksibel

  • Kemudahan pengoperasian

  • Kerahasiaan

Selain di atas, efisiensi biaya pendirian di Indonesia merupakan faktor lain yang menarik bagi investor dan pengusaha mengingat rendahnya biaya tenaga kerja di negara ini. Sebagian besar investor juga sering mengaitkan perusahaan luar negeri dengan efisiensi pajak.

Penggabungan dengan Direktur Perwakilan

Cara pertama untuk memasukkan perusahaan lepas pantai adalah melalui direktur perwakilan.

Jika Anda baru mengenal dunia bisnis, nominee director adalah seseorang yang ditunjuk untuk mewakili kepentingan kelompok atau orang atau perusahaan lain.

Seperti namanya, direktur perwakilan membantu individu atau investor asing untuk Perusahaan Indonesia Incorporation, dan mereka berfungsi sebagai direktur perusahaan untuk memenuhi persyaratan hukum untuk memiliki direktur lokal. Karena fungsinya, seorang direktur nominee bertindak pasif dan tidak memiliki kekuatan tertentu di perusahaan.

 Incorporation checker

Persyaratan Pendaftaran Perusahaan Lepas Pantai Indonesia

Jika Anda memutuskan untuk memasukkan perusahaan lepas pantai di Indonesia, Anda harus mengetahui hal-hal tertentu sebelum pendirian.

Indonesia memiliki dua badan usaha yang terbuka untuk asing

  • Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing (PT PMA)

  • Kantor Perwakilan Perusahaan Asing (KPPA)

PT PMA

Perusahaan PT PMA atau disebut juga dengan Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing dalam bahasa Indonesia adalah suatu perjanjian bagi perusahaan-perusahaan yang ingin melakukan kegiatan komersial di Indonesia. Sementara investor asing yang ingin terlibat dalam riset pasar, jaringan, atau studi kelayakan, memilih kantor perwakilan (KPPA) adalah rute bisnis yang ideal.

Namun, perlu diketahui bahwa investor asing juga akan diminta untuk mematuhi Daftar Investasi Positif yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

KPPA

Sebuah perusahaan KPPA atau juga biasa dikenal sebagai Kantor Perwakilan Perusahaan Asing (KPPA) dalam Bahasa Indonesia memungkinkan investor asing untuk menciptakan kehadiran pasar di Indonesia dan mirip dengan PT PMA, KPPA biasanya didirikan untuk alasan manajemen. Namun, perannya terbatas pada mengelola, mengkoordinasikan, mengawasi, menghubungkan, dan mewakili perusahaan utama.

Sebagai Perusahaan KPPA, penting untuk dicatat bahwa Anda tidak diperbolehkan menerima pendapatan apa pun

Pembukaan Rekening Bank Perusahaan di Indonesia

Setelah menentukan jenis badan usaha Anda dan menyelesaikan proses pendaftaran perusahaan, langkah selanjutnya adalah membuka rekening bank perusahaan Anda di Indonesia.

Persyaratan untuk membuka rekening bank perusahaan adalah:

  • Dokumen asli atau salinan paspor dan KITAS Anda akan diperlukan

  • Dokumen asli atau fotokopi izin usaha dan bukti identitas diri

  • Dokumen asli fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan Anda

  • Dokumen asli atau salinan Akta Pendirian Anda

  • Dokumen asli atau salinan Anggaran Dasar Anda (jika ada)

  • Lisensi bisnis

  • Surat domisili

  • Biaya administrasi rekening bulanan

Sebuah perusahaan KPPA atau juga biasa dikenal sebagai Kantor Perwakilan Perusahaan Asing (KPPA) dalam Bahasa Indonesia memungkinkan investor asing untuk menciptakan kehadiran pasar di Indonesia dan mirip dengan PT PMA, KPPA biasanya didirikan untuk alasan manajemen. Namun, perannya terbatas pada mengelola, mengkoordinasikan, mengawasi, menghubungkan, dan mewakili perusahaan utama.

Sebagai Perusahaan KPPA, penting untuk dicatat bahwa Anda tidak diperbolehkan menerima pendapatan apa pun.

Siap untuk menggabungkan perusahaan Anda di Indonesia? Hubungi kami untuk konsultasi gratis untuk pendirian perusahaan, visa, sekretaris perusahaan, dan banyak lagi.

FAQs

Mengapa saya harus mendirikan perusahaan lepas pantai?2022-04-25T10:29:16+08:00

Alasan umum untuk mendirikan perusahaan lepas pantai adalah untuk memenuhi persyaratan hukum negara tempat Anda ingin membeli properti.

Apa keuntungan dari perusahaan lepas pantai?2022-04-25T10:30:34+08:00

Beberapa keuntungan memiliki perusahaan lepas pantai meliputi:

  • Privasi
  • Perlindungan aset
  • Pengurangan kewajiban pajak
  • Perlindungan dari tuntutan hukum
  • Hukum bisnis yang fleksibel
  • Kemudahan pengoperasian
  • Kerahasiaan
Keistimewaan apa yang diperoleh perusahaan PT PMA?2022-04-25T10:30:56+08:00

Di Indonesia, perusahaan milik asing mendapatkan banyak keistimewaan dan keuntungan, hal-hal tersebut akan disebutkan sebagai berikut;

  • Kemudahan mendapatkan lisensi dan izin – Sebagian besar pemeriksaan dilakukan dalam waktu singkat dengan referensi jenis badan usaha lain.
  • Sponsorship Tenaga Kerja Asing – Tenaga kerja asing dapat menerima sponsorship dari perusahaan jika memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah.
  • Bea Masuk yang Lebih Rendah – Jumlah bea masuk lebih sedikit dibandingkan dengan badan usaha lain, memungkinkan pemilik bisnis untuk mendapatkan keuntungan dari pajak dan keuntungan finansial lainnya jika mereka memenuhi syarat.
Apa itu Daftar Positif Investasi Indonesia?2022-04-25T10:31:12+08:00

Daftar Negatif Investasi digantikan oleh Daftar Positif Investasi pada tahun 2021. Daftar tersebut merinci sektor-sektor terbatas yang dilarang pemerintah untuk diinvestasikan oleh investor dan pengusaha.

2022-04-25T15:42:56+08:00Mei 6, 2019|

Share This Story, Choose Your Platform!

Join the discussions

Go to Top