Dengan populasi besar lebih dari 265 juta penduduk setempat disertai dengan lokasinya yang strategis di peta dunia, Indonesia jelas merupakan salah satu tujuan paling populer untuk mendirikan bisnis.

Ada berbagai jenis bisnis yang bisa Anda bangun tergantung kebutuhan dan pertimbangan Anda. Kami telah mencantumkan berbagai jenis badan di bawah ini untuk Anda pertimbangkan sebelum mendirikan perusahaan di Indonesia.

Apa Jenis Badan yang Dapat Anda Dirikan di Indonesia?

Ada 3 jenis badan usaha yang dapat didirikan investor di Indonesia. Ini termasuk:

  • Perusahaan Daerah/ Perseroan Terbatas (PT)

  • Perusahaan Asing/ Penanaman Modal Asing (PT PMA)

  • Kantor Perwakilan Perusahaan Asing (KPPA)

1. Perusahaan Daerah / Perseroan Terbatas (PT)

PT juga dikenal sebagai perseroan terbatas yang merupakan badan hukum untuk menjalankan bisnis yang terdiri dari modal saham. Ini adalah badan usaha bisnis yang paling umum di pasar Indonesia karena memiliki persyaratan modal yang kecil untuk memulai, dan memiliki waktu set-up yang lebih cepat dibandingkan dengan perusahaan asing.

Sebuah perusahaan PT biasanya terdiri dari 2 pemegang saham lokal, 1 direktur, dan 1 komisaris. Namun, kelemahan PT adalah tidak ada persentase kepemilikan asing yang diperbolehkan. Artinya, hanya pengusaha lokal yang dapat menggabungkan badan usaha ini.

Perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk mendirikan PT adalah sekitar 3-4 minggu, dan ini sangat disarankan bagi individu yang ingin memasuki bisnis lokal tanpa bermaksud melibatkan investor asing.

Nilai investasi minimum adalah 3.500 USD – 35.000 USD, 35.000 USD-700.000 USD, dan >700000 USD untuk perusahaan kecil, menengah, dan besar.

2. Perusahaan Asing/Penanaman Modal Asing (PMA)

Perusahaan PT PMA   dianggap sebagai perseroan terbatas yang dimiliki asing seluruhnya atau sebagian yang diatur oleh Undang-Undang Penanaman Modal Asing dan persetujuan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal diperlukan sebelum pendirian.

Manfaat mendirikan perusahaan PT PMA adalah metode hukum yang ideal bagi bisnis milik asing untuk beroperasi dan menghasilkan pendapatan di Indonesia. Namun, karena posisinya yang internasional di pasar, nilai modal awal akan tinggi, dan tidak tersedia untuk semua bidang usaha.

Nilai investasi minimum untuk perusahaan PT PMA diperkirakan 700.000 USD ditambah waktu tunggu yang lama 10 minggu untuk pendirian. Oleh karena itu, bentuk badan usaha ini tidak umum dipilih kecuali Anda adalah investor atau perusahaan asing yang berencana menjalankan bisnis di Indonesia.

3. Kantor Perwakilan Perusahaan Asing (KPPA)

Kantor perwakilan juga dikenal sebagai cabang dari perusahaan induk di luar negeri, dan itu tidak membantu perusahaan Anda menghasilkan pendapatan. Tujuan mendirikan kantor perwakilan di Indonesia adalah untuk melakukan riset pasar, untuk menganalisis kesesuaian negara, untuk perusahaan Anda dan untuk komunikasi korporat dengan total umur hingga 5 tahun.

Namun, Anda hanya diperbolehkan mengajukan KITAS di bawah KPPA untuk Chief Representative Officer jika dia adalah orang asing. Keuntungan mendirikan KPPA adalah tidak memerlukan modal minimum dan memiliki waktu pemasangan yang cepat yaitu 7 minggu.

Namun, kelemahan KPPA adalah tidak ada pendapatan yang dihasilkan, dan hanya berlaku maksimal 5 tahun. KPPA bekerja paling baik untuk investor atau perusahaan asing yang tidak ingin terjun langsung ke pasar Indonesia sebelum melakukan penelitian dan evaluasi.

Apa saja Dokumen yang Diperlukan untuk Mendirikan PT/ Entitas PT PMA lokal?

Dokumen yang diperlukan untuk mendirikan PT lokal atau perusahaan PT PMA adalah:

1.  Dokumen Perusahaan

  • Surat Kuasa untuk penyerahan dokumen yang ditandatangani oleh masing-masing pemegang saham

  • Dokumen pemegang saham

  • Perjanjian sewa antara perusahaan & manajemen gedung

  • Asli domisili/surat keterangan dari pengelola gedung

  • Penerimaan Pajak Bumi & Bangunan (PBB) termasuk persetujuan pembayaran tahun berjalan

  • IMB atau sertifikat kepemilikan jika bangunan tersebut dimiliki

  • Surat Pernyataan Sewa (jika ada)

  • min. 3 foto kantor – resepsi, papan nama perusahaan & ruang kantor dengan aktivitas bisnis

  • Surat keterangan domisili yang dikeluarkan oleh perusahaan & diakui oleh pengelola gedung

  • Kop surat perusahaan & salinan atau contoh desain stempel perusahaan

2. Dokumen Pemegang Saham

  • Fotokopi Anggaran Dasar dan perubahannya – dalam Bahasa Inggris r Bahasa Indonesia

  • Sertifikat pendaftaran bisnis

  • Struktur Dewan Direksi

3. Dokumen Pribadi – Direksi & Komisaris

  • Orang Asing: Fotokopi paspor berwarna dengan min. Masa berlaku 18 bulan dan 4 halaman kosong

  • Lokal: KTP (KTP & NPWP)

  • Kartu Keluarga (KK)

  • Cap visa indonesia

  • Surat domisili tempat tinggal hotel atau apartemen untuk direktur

  • Pas foto terbaru ukuran paspor dengan latar belakang merah untuk masing-masing Direksi

CATATAN: Foto yang diedit tidak diterima.

CATATAN: Jika Anda berencana untuk menghasilkan pendapatan dan keuntungan di Indonesia, sangat disarankan untuk mendirikan PT PMA. Namun, jika Anda ingin meluangkan waktu untuk menjelajahi pasar Indonesia untuk perusahaan Anda, lebih mudah dan efisien untuk mendirikan kantor perwakilan yang dibahas di bawah ini!

Apa saja Dokumen yang Diperlukan untuk Mendirikan KPPA?

Untuk KPPA, dokumen yang dipersyaratkan sedikit berbeda dengan PT Lokal/ PT PMA perusahaan. Dokumen-dokumen ini tercantum di bawah ini:

1. Dokumen Perusahaan

  • Anggaran Dasar dari induk perusahaan/induk dengan susunan Direksi, pemegang saham, alamat terdaftar, dan bidang usaha

  • Letter of Appointment (LoA) yang ditandatangani & disegel oleh direktur induk perusahaan/ induk perusahaan

  • Surat Pernyataan (LoS) dari yang diusulkan Chief Representative Officer (CRO) bahwa ia menerima posisi sebagai CRO, ditandatangani & dimateraikan (Bahan 6000) jika surat ditandatangani di Indonesia

  • Letter of Intent (LoI) signed & sealed by the holding/ parent company

  • Letter of Intent (LoI) ditandatangani & disegel oleh induk perusahaan/ induk perusahaan

  • Domisili asli/surat keterangan dari pengelola gedung

  • Penerimaan Pajak Bumi & Bangunan (PBB) termasuk persetujuan pembayaran tahun berjalan

  • IMB atau sertifikat kepemilikan jika bangunan tersebut dimiliki

  • Surat Pernyataan Sewa (jika ada)

  • min. 3 foto kantor – resepsi, papan nama perusahaan & ruang kantor dengan aktivitas bisnis

  • Surat keterangan domisili yang dikeluarkan oleh perusahaan & diakui oleh pengelola gedung

  • Kop surat perusahaan & salinan atau contoh desain stempel perusahaan

2. Dokumen Chief Representative Officer

  • Orang Asing: Fotokopi paspor berwarna dengan min. Masa berlaku 18 bulan dan 4 halaman kosong

  • Lokal: KTP (KTP & NPWP)

  • Kartu Keluarga (KK)

  • cap visa indonesia

  • Surat domisili tempat tinggal hotel atau apartemen untuk CRO

  • Foto ukuran paspor terbaru dengan latar belakang merah

CATATAN: Foto yang diedit tidak diterima.

 Incorporation checker

Prosedur Pendirian Perusahaan Indonesia

Ada 6 langkah untuk pendirian perusahaan di Indonesia, yang akan memakan waktu sekitar 1-2 bulan untuk menyelesaikan pendaftaran.

Langkah 1: Terapkan untuk nama perusahaan

Periksa apakah nama perusahaan yang Anda inginkan tersedia – Anda dapat menggunakan pemeriksa nama perusahaan gratis kami untuk melakukannya! Jika nama tersebut tersedia, Anda dapat melanjutkan untuk mengajukan dan mendaftarkan nama perusahaan yang Anda inginkan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Berikut adalah beberapa tips ketika memilih nama perusahaan. Jangan pilih nama yang:

  • Mirip dengan perusahaan yang ada

  • Identik atau mirip dengan nama negara, pemerintah, atau badan internasional apa pun tanpa persetujuan resmi

  • Tidak sesuai dengan maksud/tujuan/kegiatan perusahaan

  • Terdiri dari sekumpulan angka, huruf, atau angka yang tidak membentuk kata apapun

Langkah 2: Mengajukan Akta Pendirian

Akta Pendirian harus diterapkan secara online, bersama dengan penyerahan sertifikat rekening bank dan salinan resmi saran transfer bank. Jika aplikasi berhasil, Anda akan menerima pengesahan pendirian perusahaan dan dapat mengumumkan pendirian dalam 14 hari berikutnya.

Langkah 3: Terapkan untuk Surat Keterangan Domisili Perusahaan

Langkah selanjutnya adalah mengajukan Surat Keterangan Domisili Perusahaan di mana semua perseroan terbatas Indonesia wajib memilikinya.

Langkah 4: Mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Setelah mendapatkan Sertifikat Domisili Perusahaan, Anda harus mendapatkan ID pajak yang valid untuk tujuan keuangan dengan otoritas pajak setempat. Dokumen yang diperlukan untuk aplikasi ini meliputi:

  • Akte Pendirian

  • Kartu identitas direktur

  • Surat pernyataan untuk mengkonfirmasi tempat usaha

Langkah 5: Dapatkan nomor identifikasi bisnis (NIB) Anda

NIB diperoleh dari Online Single Submission. Ini adalah nomor unik yang diberikan kepada perusahaan Anda sebagai bentuk identifikasi (seperti kartu identitas!)

Langkah 6: Terapkan untuk dokumen dan lisensi lain yang relevan

Berbagai jenis usaha memerlukan berbagai izin usaha. Tergantung pada sifat bisnis Anda, Anda perlu mengajukan permohonan lisensi sebelum Anda diizinkan untuk memulai operasi Anda.

Mendirikan perusahaan Indonesia bisa menjadi sulit. Hubungi kami untuk konsultasi gratis untuk pendirian Anda dan kebutuhan perusahaan lainnya mulai dari perpajakan hingga aplikasi visa!

FAQs

Mengapa perusahaan Indonesia dimulai dengan PT?2022-04-22T18:33:40+08:00

PT adalah singkatan dari Perseroan Terbatas yang artinya Perseroan Terbatas. Oleh karena itu, semua nama perusahaan di Indonesia harus diawali dengan “PT” setelah disetujui. Nama resmi yang diawali dengan PT ini akan digunakan dalam semua izin, lisensi dan transaksi yang dimiliki perusahaan.

 

Apakah LLC saya adalah S atau C Corp?2022-04-22T18:35:08+08:00

LLC adalah badan hukum saja dan harus memilih untuk membayar pajak baik sebagai S Corp, C Corp, Kemitraan, atau perusahaan perseorangan. Oleh karena itu, untuk keperluan pajak, LLC dapat menjadi S Corp, jadi sebenarnya tidak ada perbedaan.

Bisakah saya mendirikan perusahaan lokal asing?2022-04-22T18:35:19+08:00

Ya kamu bisa. Anda akan membutuhkan calon direksi lokal untuk pendirian perusahaan lokal asing Anda.

Apa itu Daftar Positif dan Negatif Investasi?2022-04-22T18:35:27+08:00

Daftar Negatif Investasi digantikan oleh Daftar Investasi Positif pada tahun 2021. Daftar tersebut merinci sektor-sektor terbatas yang dilarang pemerintah untuk diinvestasikan oleh investor dan pengusaha.

Apa update terbaru dari Daftar Positif dan Negatif Investasi?2022-04-22T18:35:39+08:00

Pada 4 Maret 2021, Daftar Positif  Investasi diperkenalkan untuk secara signifikan mengurangi jumlah sektor terbatas yang mencegah orang asing masuk dari 350 menjadi 46.

Apa itu Anggaran Dasar?2022-04-22T18:35:46+08:00

Anggaran dasar merupakan dokumen yang menetapkan peraturan untuk operasi perusahaan dan mendefinisikan tujuan perusahaan. Dokumen tersebut menjabarkan bagaimana tugas harus diselesaikan dalam organisasi, termasuk proses penunjukan direktur dan penanganan catatan keuangan.

2022-04-25T16:13:11+08:00Oktober 28, 2021|

Share This Story, Choose Your Platform!

Join the discussions

Go to Top