Indonesia, rumah bagi 17.500 pulau, adalah salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi dunia dan terkadang disebut sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Ini juga salah satu ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan dianggap sebagai negara demokrasi muda karena stabilitas politiknya, yang terus dipertahankan sejak muncul dari dekade pemerintahan otokratis.

Sistem hukum di Indonesia didasarkan pada hukum perdata, dan dalam sistem hukum perdata, kode dan undang-undang dirancang untuk mencakup semua kasus. Ada berbagai jenis badan usaha di Indonesia, dengan perseroan terbatas, yang dikenal sebagai Perseroan Terbatas (PT).

Di bawah PT, tanggung jawab pemegang saham terbatas sejauh modal yang disepakati untuk disumbangkan oleh pemegang saham. Hukum Bisnis Indonesia membagi PT menjadi 2 kelas yaitu:

  • Perusahaan Lokal dan Perusahaan PMDN

  • Perseroan Terbatas Penanaman Moda Asing (PT PMA)

Apa itu PT PMA di Indonesia?

Penanaman modal asing di Indonesia didefinisikan berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia No. 25/2007 sebagai tindakan yang dilakukan oleh penanam modal asing dengan tujuan menjalankan bisnis di dalam yurisdiksi negara tersebut.

PT PMA adalah badan hukum yang melaluinya warga negara asing, perusahaan asing, atau lembaga pemerintah asing dapat menjalankan bisnis. Pembentukan PT PMA diatur dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas No. 40/2007 tentang Perseroan Terbatas.

Jenis bisnis ini mungkin dimiliki seluruhnya atau sebagian oleh orang asing. Industri tertentu di Indonesia tertutup seluruhnya atau sebagian untuk investasi asing, pembatasan kepemilikan mungkin berlaku tergantung pada bisnisnya.

Corporate Secretarial checker

Struktur Perusahaan di Indonesia

Karena pemegang saham dianggap sebagai pemilik perusahaan, mereka memegang posisi teratas dalam hierarki pengambilan keputusan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Dewan Komisaris bertugas mengawasi kebijakan manajemen dan memberikan nasihat kepada Direksi (BOD). Menurut hukum bisnis Indonesia, Direksi bertanggung jawab atas manajemen dan operasi perusahaan.

Bahasa Bisnis

Bahasa resmi Indonesia adalah Bahasa Indonesia, yang digunakan baik dalam perdagangan maupun pendidikan. Terlepas dari kenyataan bahwa bahasa Inggris digunakan secara luas di Indonesia, bahasa ini tidak digunakan secara umum di luar kota-kota besar negara ini. Pemilik bisnis dan staf internasional, di sisi lain, mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengambil kelas Bahasa.

Penggabungan dan Pengaturan Bisnis

Orang asing yang ingin mendirikan perusahaan di Indonesia harus mengajukan izin ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Warga negara asing dapat memiliki perusahaan yang dimiliki sepenuhnya, seperti perusahaan PT PMA, yang membutuhkan setidaknya dua pemegang saham dan modal disetor Rp 10 miliar.

PT Indonesia (Perseroan Terbatas) adalah jenis badan usaha yang paling umum digunakan oleh penduduk setempat untuk melakukan bisnis di Indonesia.

Bentuk badan usaha lainnya di Indonesia adalah:

  • Kemitraan sipil (Maatschap atau Persekutuan Perdata),

  • Kemitraan Firma

  • Kantor perwakilan

  • Bentuk usaha tetap

  • Kemitraan terbatas (Comanditer Venootschap)

Persyaratan Pengajuan untuk Bisnis

Setelah setiap tahun buku berakhir, setiap perusahaan di Indonesia wajib menyampaikan laporan tahunannya kepada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Bisnis tertentu, seperti perusahaan publik dan bisnis dengan omset lebih dari Rp50 miliar, harus diaudit laporan keuangannya oleh akuntan publik.

Selain itu, perusahaan terbuka harus menyampaikan laporan keuangannya kepada otoritas jasa keuangan Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mendirikan perusahaan Indonesia bisa menjadi sulit. Hubungi kami untuk konsultasi gratis untuk pendirian Anda dan kebutuhan perusahaan lainnya mulai dari perpajakan hingga aplikasi visa!

FAQs

Berapa biaya untuk memulai bisnis di Indonesia?2022-04-27T09:16:04+08:00

Perusahaan Indonesia menetapkan biaya di Tahun 1 berjumlah US$4.250 dan biaya tahunan perusahaan di Tahun 2 dan setelahnya berjumlah US$2.300. Total biaya rata-rata per keterlibatan pembentukan perusahaan Indonesia berjumlah US$19.440 termasuk pendirian perusahaan, sekretaris perusahaan, pendaftaran Pemerintah dan rekening bank perusahaan. 

Apakah LLC benar-benar melindungi Anda?2022-04-27T09:16:29+08:00

Tanggung Jawab Pribadi untuk Tindakan oleh Pemilik dan Karyawan LLC. Di semua negara bagian, memiliki LLC akan melindungi pemilik dari tanggung jawab pribadi atas kesalahan apa pun yang dilakukan oleh pemilik bersama atau karyawan LLC selama menjalankan bisnis. 

Jenis bisnis apa yang ada di Indonesia?2022-04-27T09:16:42+08:00

Perusahaan lokal, atau PT PMDN dalam Bahasa Indonesia, adalah bentuk badan usaha yang paling umum di Indonesia. 

Apa itu hukum perusahaan Peraturan apa yang mengatur hukum perusahaan di Indonesia?2022-04-27T09:16:55+08:00

Undang-Undang Perseroan Terbatas (UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas) mengatur bagaimana perusahaan menjalankan perusahaannya di Indonesia 

2022-04-27T09:33:46+08:00Mei 27, 2019|

Share This Story, Choose Your Platform!

Join the discussions

2 Discussions

  1. Lilly Juni 4, 2020 at 4:05 pm - Reply

    What are the government regulations that businesses need to follow in Indonesia? Can you explain these regulations so they are easy for me to understand and follow.

    • Tiwi Juni 18, 2020 at 4:23 pm

      Hi Lily
      The regulations that apply to your business will depend on the nature of your business, to properly advise you on the regulations to take note of and to explain them to you easily, please get in touch with us.

      Thank you for your comment.
      Warm regards
      Paul

Go to Top